• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Resep Menu Makan Anak 2 Tahun dengan Bahan Sederhana
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Resep Menu Makan Anak 2 Tahun dengan Bahan Sederhana

Ini Resep Menu Makan Anak 2 Tahun dengan Bahan Sederhana

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 20 September 2022

“Ada beberapa rekomendasi resep menu makan anak dua tahun dengan bahan sederhana yang patut dicoba. Salah satunya adalah nugget bayam, yang dapat diberikan pada anak yang tidak menyukai sayuran.”

Ini Resep Menu Makan Anak 2 Tahun dengan Bahan SederhanaIni Resep Menu Makan Anak 2 Tahun dengan Bahan Sederhana

Halodoc, Jakarta – Memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh selama masa pertumbuhan balita merupakan hal penting untuk dilakukan. Khususnya bagi anak berusia dua tahun yang mulai aktif bergerak, dan mulai memiliki banyak perkembangan kognitif yang signifikan. Sayangnya, terkadang orang tua merasa bingung atau kehabisan ide terkait menu makanan harian anak. 

Namun, jangan khawatir, karena ada beberapa resep menu makan anak dua tahun, yang bisa ibu olah dengan bahan sederhana. Penasaran apa saja resep menunya? Yuk, ketahui informasinya di sini! 

Rekomendasi Resep Menu Makan Anak 2 Tahun

Menurut UNICEF, cara memenuhi kebutuhan nutrisi balita berusia 1-2 tahun perlu secara spesifik diperhatikan. Sebab, penting bagi anak untuk mengonsumsi makanan hewani, seperti susu, telur, ikan, dan daging setiap harinya. Bahan tersebut juga perlu ditambah dengan berbagai jenis kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran. Selain itu, makanan anak juga perlu ditambahkan sedikit lemak atau minyak (dapat berasal dari mentega). 

Nah, berdasarkan pedoman tersebut, berikut adalah rekomendasi resep menu makan anak dua tahun: 

1. Nugget Bayam

Selain tinggi serat, bayam juga diketahui memiliki kandungan vitamin A, K, dan C yang penting bagi kesehatan tubuh. Sayangnya, tidak semua anak balita menyukai sayuran, sehingga ibu perlu mengakali makanan agar anak mau makan sayur. Nah, salah satu resep yang dapat ibu coba adalah nugget bayam yang menyehatkan. 

Untuk membuatnya, ibu hanya perlu mencacah bayam yang sudah dibersihkan. Kemudian, tambahkan kacang almond, oregano, keju parut, garam, lalu, cacah kembali hingga adonan bayamnya halus. 

Ketika sudah tercampur merata, pindahkan adonan pada wadah, lalu tambahkan telur. Pada tahap ini, ibu dapat membentuk adonan berbentuk bola, lalu bubuhkan dengan tepung roti, hingga merata. Selanjutnya, panaskan minyak, dan goreng nugget hingga matang (kuning kecokelatan). 

2. Omelet 

Telur merupakan salah satu sumber protein yang baik dan dapat diolah menjadi beberapa makanan, seperti omelet. Untuk membuatnya,  ibu bisa melelehkan setengah mentega dalam wajan, lalu tambahkan tomat dan oregano. Kemudian, masak bahan tersebut selama dua hingga tiga menit, lalu angkat dari penggorengan. Selanjutnya, kocok telur jadi satu, lelehkan sisa mentega di penggorengan, lalu masukan telur. Ibu perlu memasak telur tersebut dengan api kecil. 

Gunakanlah spatula untuk mengangkat sisi telur dan biarkan telur mentah keluar dari sisi yang terangkat. Setelah dua menit, letakan tomat dan keju pada bagian telur yang terangkat. Kemudian, balikan separuh omelet yang tidak ditaburi tomat dan keju, untuk menggulung omelet tersebut. 

3. Sup Krim Brokoli 

Brokoli merupakan sayuran yang tinggi akan nutrisi sekaligus mengandung antioksidan yang penting bagi tubuh. Nah, salah satu olahan resep yang dapat ibu coba dari sayuran ini adalah sup krim brokoli. Untuk membuatnya, ibu hanya perlu mendidihkan air secukupnya, lalu rebus brokoli hingga layu, kemudian angkat. 

Setelah diangkat, pindahkan brokoli ke dalam air es hingga dingin untuk menghentikan proses memasaknya. Kemudian, ibu perlu menumis bawang bombay, hingga matang, yang dilanjutkan dengan menumis bawang putih. Saat kedua bawang sudah matang, masukan kembali brokoli, lalu tumis sebentar. 

Setelahnya, ibu perlu cacah tumisan tersebut pada blender, lalu masukan susu, dan tumis lagi hingga lembut. Ketika sudah lembut, pastikan untuk menuangkannya ke dalam panci, tambahkan krim segar, merica, garam, kaldu, dan daun salam. Kemudian didihkan, dan sajikan ketika sudah hangat. 

Itulah beberapa resep menu makan anak dua tahun dengan bahan sederhana. Jika ibu masih memiliki pertanyaan seputar makanan untuk balita, segeralah hubungi dokter. 

Nah, melalui aplikasi Halodoc, ibu bisa tanya dokter spesialis anak tepercaya untuk mendapatkan informasi atau saran medis yang dibutuhkan. Tentunya melalui fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
UNICEF. Diakses pada 2022. Feeding your baby: 1–2 years. 
Orami. Diakses pada 2022. Yuk, Coba Buat 6 Resep Makanan Balita 1-2 Tahun yang Penuh Gizi. 
BBC Good Food. Diakses pada 2022. Easy kids’ omelette.