Pertumbuhan Balita

Balita adalah singkatan untuk bayi di bawah lima tahun, merupakan masa saat otak anak mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Periode ini juga umumnya dikenal dengan istilah masa keemasan (the golden age). Agar di masa yang akan datang bayi dapat tumbuh menjadi anak yang cerdas, maka orangtua wajib memberikan stimulasi secara menyeluruh baik dari segi kesehatan, kecukupan gizi, pola asuh dan pendidikan.

Tahap Tumbuh Kembang Anak yang Ideal

Seiring bertambahnya usia seorang anak, tentu perkembangan dan pertumbuhan seorang anak juga akan bertambah dari segala aspek. Tumbuh kembang Si Kecil nyatanya dapat diperhatikan dari dua aspek, tumbuh yang menggambarkan perubahan fisik pada Si Kecil dan perkembangan yang menggambarkan kemampuan struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks.

Menurut Piaget, bayi lahir dengan sejumlah refleks bawaan selain juga dorongan untuk mengeksplorasi dunianya. Pada tahap ini anak mampu mengasimilasi dan mengakomodasi informasi dengan cara melihat, mendengar, menyentuh dan aktivitas motorik. Semua kegiatan yang dilakukan berfokus pada mulut (oral).

Sejak di dalam kandungan hingga anak kita lahir dan tumbuh menjadi dewasa, rasanya sepasang mata kita tidak pernah ingin lepas dari si buah hati. Ibaratnya, seorang ibu bisa tahu bila ada setitik saja noda tambahan pada tubuh anaknya. Naluri orangtua selalu memantau perkembangan dan pertumbuhan anak hingga kapanpun juga.

Biasanya, tumbuh kembang seorang anak terjadi paling pesat pada usia 0-3 tahun. Pada masa-masa ini, seorang anak juga membutuhkan asupan nutrisi dan gizi yang mencukupi untuk membantu tumbuh kembangnya menjadi lebih baik. Perhatikan kehidupan anak saat dalam proses tumbuh kembang, tumbuh kembang yang baik tentu akan memengaruhi kehidupan anak ke depannya.

Perhatikan Tinggi Badan dan Berat Badan Si Kecil

Sebagai orangtua, tentu ibu perlu memperhatikan tumbuh kembang anak dari hal-hal yang paling mudah dilihat, yaitu perhatikan pertumbuhan fisik anak. Ibu bisa memulainya dengan mengukur tinggi anak. Bagi anak berusia 1 tahun, pertumbuhan tinggi fisik yang paling ideal adalah 60 sampai 70 cm dengan berat badan sekitar 10 hingga 11 kilogram. Sementara, jika ibu memiliki anak berusia 2 tahun, biasanya Si Kecil akan memiliki tinggi antara 87 sampai 94 cm dengan berat badan sekitar 12 hingga 14 kilogram.

Hitunglah Lingkar Kepala Si Kecil

Selain tinggi dan berat badan, ibu juga perlu untuk mengukur lingkar kepala Si Kecil. Ibu bisa menggunakan pita ukuran atau meteran. Biasanya, mengukur lingkar kepala adalah salah satu pengecekan yang paling jarang dilakukan ibu dirumah. Namun sebaiknya, untuk memastikan tumbuh kembang anak agar semakin optimal, ibu sesekali perlu mengetahui ukuran lingkar kepala Si Kecil.

Biasanya pada usia 1 tahun, Si Kecil akan memiliki ukuran lingkar kepala 43 sampai 46 cm. Sedangkan untuk anak usia 2 tahun, sekitar 44 hingga 47 cm. Idealnya, setiap tahunnya lingkar kepala Si Kecil akan bertambah 2 cm. Namun, jika Si Kecil memiliki kelebihan atau kekurangan lingkar kepala dari besar yang diperkirakan saat usianya, sebaiknya ibu jangan khawatir. Namun jika selisih angkanya terlalu jauh, sebaiknya ibu tanyakan segera kondisinya pada dokter.

Perhatikan Perkembangan Anak

Selain fisik anak, ibu juga perlu memperhatikan perkembangan tumbuh anak. Jika anak mengalami hambatan dalam tumbuh kembangnya, keadaan tersebut dapat lebih cepat terdeteksi.

Biasanya, pada usia 1 hingga 1,5 tahun, Si Kecil sudah mulai belajar berdiri dan berjalan sendiri. Kemampuan berbahasa juga harus diperhatikan, biasanya pada usia ini Si Kecil sudah bisa menyebutkan beberapa kata dalam percakapan sehari-hari.

Pada usia 2 tahun, biasanya Si Kecil sudah mengerti petunjuk sederhana yang diberikan oleh orangtuanya atau orang di sekelillingnya. Biasanya, Si Kecil juga sudah bisa mengendalikan mainannya sendiri dan sudah bisa merangkai beberapa kata menjadi kalimat yang sederhana.