• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Tips Mendidik Anak Agar Sehat Secara Mental

Ini Tips Mendidik Anak Agar Sehat Secara Mental

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Seperti kebanyakan orangtua, kamu sangat memastikan betul bahwa anak mendapatkan imunisasi yang tepat, diberikan makanan bergizi, dan membantu mereka dalam mengerjakan tugas sekolah. Namun, seberapa sering kamu berpikir tentang cara menjaga kesehatan mental anak?

Kesehatan mental seorang anak sama pentingnya dengan kesehatan fisik mereka, terutama ketika berhubungan dengan stres, perilaku, dan akademis. Centers for Disease Control (CDC) memperkirakan, 1 dari 5 anak-anak mengalami gangguan mental pada tahun tertentu. Beberapa masalah kesehatan mental memang tidak dapat dicegah, namun kamu sebagai orangtua juga bisa menerapkan langkah untuk membantu menjaga anak tetap sehat secara mental. 

Baca juga: Deteksi Dini Gangguan Mental pada Anak

Berikut ini tips dalam mendidik anak agar kesehatan mental mereka tetap terjaga, yaitu:

  • Penuhi Kebutuhan Dasar

Ada beberapa dasar-dasar yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mental anak tetap terjaga. Beberapa hal tersebut antara lain cinta tanpa syarat dari keluarganya, rasa percaya diri dan harga diri yang tinggi, dan kesempatan untuk bermain dengan anak-anak lain. Dukungan dari para guru dan pengasuh, lingkungan yang aman dan terjamin, serta bimbingan dan disiplin yang tepat juga menjadi kebutuhannya. Pastikan orangtua memenuhi kebutuhan tersebut, sehingga anak bisa berkembang dengan optimal. 

  • Pelihara Rasa Percaya Diri dan Harga Diri Anak

Ada beberapa cara yang bisa orangtua lakukan untuk memenuhi hal ini, antara lain: 

  • Puji Anak. Mendorong langkah pertama anak-anak atau kemampuan mereka untuk belajar permainan baru membantu mereka mengembangkan keinginan untuk mengeksplorasi dan belajar tentang lingkungan mereka. Orangtua juga perlu memuji mereka jika mereka berani menjelajah hal baru. Perhatian orangtua membantu membangun rasa percaya diri dan harga diri mereka.
  • Tetapkan Tujuan Realistis. Anak-anak kecil membutuhkan tujuan realistis yang sesuai dengan ambisi mereka dengan kemampuan mereka. Dengan bantuan orangtua, anak-anak yang lebih besar dapat memilih kegiatan yang menguji kemampuan mereka dan meningkatkan kepercayaan diri mereka.
  • Jujur. Jangan sembunyikan kegagalan yang orangtua hadapi dari anak-anak. Penting bagi mereka untuk mengetahui bahwa kita semua melakukan kesalahan. 
  • Hindari Pernyataan Sarkastik. Jika seorang anak kalah dalam bermain atau gagal tes, cari tahu bagaimana perasaannya tentang situasi tersebut. Anak-anak mungkin berkecil hati dan butuh sedikit bicara. Ketika mereka siap, bicarakan dan tawarkan bantuan.

Kamu juga bisa bertanya pada psikolog tentang pola asuh yang baik untuk menjaga kesehatan mental anak. Psikolog di aplikasi Halodoc dengan senang hati membantu kamu dengan memberikan saran-saran yang tepat.

Baca juga: Ketahui Pentingnya Peran Ayah dalam Membimbing Karakter Anak

  • Bangun Kebiasaan Sehat

Pola makan yang sehat, tidur malam yang nyenyak, dan banyak olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan fisik anak, tetapi juga penting untuk kesehatan mental anak. Ajari anak-anak untuk mengembangkan kebiasaan sehat yang akan menjaga tubuh dan pikiran mereka dalam kondisi yang baik. Menunjukkan perhatian dan syukur juga memiliki dampak besar pada kesehatan mental. Jadi, sertakan kegiatan mindfulness ke dalam kehidupan sehari-hari dan dalam prosesnya, kamu dapat meningkatkan kesehatan mental seluruh keluarga.

  • Ajak Bermain Bersama

Seorang anak yang sehat baik secara fisik maupun mental perlu bermain. Sejujurnya, orang dewasa juga perlu bermain! Luangkan waktu untuk mengesampingkan pekerjaan, tugas, dan kewajiban lainnya dan hanya fokus pada anak. Terlibat dalam permainan yang sehat juga dapat bermanfaat bagi anak-anak dalam sejumlah cara. Misalnya, satu studi menemukan bahwa peluang anak untuk bahagia meningkat dan risiko depresi dan kecemasan mereka berkurang ketika mereka bermain.

Baca juga: Trauma Masa Kecil, Apakah Benar Menjadi Pemicu OCD?

Itulah tips mendidik anak agar kesehatan mentalnya terjaga. Jangan sungkan untuk mendiskusikan pola asuh anak atau tips menjaga kesehatan mental dengan psikolog di aplikasi Halodoc.

Referensi:
Mental Health America. Diakses pada 2020. What Every Child Needs For Good Mental Health.
Very Well Family. Diakses pada 2020. How to Improve Your Child's Mental Health.