Sakit Gondok? Ini 4 Cara Mengobatinya Sampai Tuntas

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Sakit Gondok? Ini 4 Cara Mengobatinya Sampai Tuntas

Halodoc, Jakarta - Dari berbagai jenis gangguan kelenjar tiroid, penyakit gondok merupakan salah satu perlu diwaspadai. Alasannya simpel, bila gondok dibiarkan tanpa penanganan, maka penyakit ini bisa menimbulkan berbagai komplikasi.

Komplikasi penyakit gondok ini umumnya dapat muncul ketika ukuran gondok cukup besar. Komplikasinya bisa berupa limfoma, perdarahan, sepsis, hingga kanker tiroid. Tuh, seram kan?

Pada sebagian besar kasus, pengidap penyakit gondok tidak akan merasakan gejala apapun kecuali adanya benjolan di leher. Namun, pada kasus yang parah, pengidap penyakit gondok dapat merasakan berbagai gejala lain, seperti batuk, leher terasa tercekik, suara menjadi serak, susah menelan, dan kesulitan bernapas.

Kembali ke tajuk utama, lalu bagaimana sih cara mengobati penyakit gondok agar terhindar dari komplikasi serius?

Baca juga: Benjolan di Leher Belum Tentu Tumor, Bisa Jadi Gondok

Pengobatan Berdasarkan Penyebab

Sudah tak asing kan dengan kelenjar tiroid? Kelenjar ini adalah organ berbentuk kupu-kupu yang terletak tepat di bawah jakun. Fungsinya penting, yaitu memproduksi hormon tiroid yang berperan dalam berbagai proses-proses kimiawi yang terjadi dalam tubuh.

Nah, metode atau cara mengobati penyakit gondok beragam. Dokter akan menentukan metodenya berdasarkan beberapa faktor. Mulai dari kadar hormon tiroid, ukuran benjolan, dan penyebab yang mendasarinya. Lalu, bagaimana cara mengobati penyakit gondok?

  1. Suplemen Yodium

Menurut penjelasan dalam American Thyroid Association - Goiler, bila gondok disebabkan oleh kekurangan yodium dalam makanan, maka cara mengobatinya dengan memberikan suplemen yodium. Suplemen yodium ini bisa mengurangi ukuran gondok, tapi tidak selalu menyembuhkan gondok sepenuhnya.

  1. Suplemen Hormon Tiroid

Seperti dilansir dalam MedlinePlus, cara mengatasi penyakit gondok juga bisa melalui pemberian suplemen hormon tiroid. Pemberian suplemen diberikan bila gondok disebabkan oleh tiroiditis Hashimoto, atau hipotiroid. Biasanya dokter meresepkan suplemen hormon tiroid sebagai pil harian.

Perawatan ini mengembalikan kadar hormon tiroid menjadi normal. Sayangnya, metode ini biasanya tidak membuat gondok hilang sepenuhnya. Namun, metode ini bisa membuat gondok jadi lebih kecil. Pengobatan hormon tiroid biasanya mencegah gondok menjadi lebih besar.

Baca juga: 5 Faktor Risiko yang Memicu Gondok

  1. Iodium radioaktif

Andaikan gondok disebabkan oleh hipertiroidisme, pengobatannya tergantung pada penyebab hipertiroidisme. Contohnya, pengobatan penyakit Graves dengan yodium radioaktif menyebabkan penurunan atau hilangnya gondok.

Menurut keterangan Kementerian Kesehatan RI, pengobatan dengan iodium radioaktif merupakan cara yang aman. Di samping itu, terapi ini mudah dilakukan, serta tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya baik bagi pengidapnya.

  1. Operasi Pengangkatan Tiroid

Cara mengobati penyakit gondok juga bisa melalui operasi pengangkatan. Menurut penjelasan dalam American Thyroid Association - Goiler, cara ini dilakukan bila terdapat masalah yang berkaitan dengan ukuran tiroid. Misalnya, ukuran gondok yang membesar sehingga mempersempit jalan napas. Di kondisi ini, dokter menyarankan agar penyakit gondok diatasi dengan pengangkatan secara bedah.

Hal yang perlu digarisbawahi, tiap operasi pasti memiliki risiko, termasuk operasi pengangkatan gondok. Walau kemungkinannya tergolong kecil, pengidap yang menjalani prosedur ini berpotensi mengalami komplikasi kerusakan pada saraf dan kelenjar paratiroid.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini Bedanya Gondok dan Gondongan

Contoh kerusakan saraf yang terjadi seperti perubahan suara dan gangguan pernapasan. Komplikasi ini bisa bersifat sementara atau permanen. Sementara kerusakan pada kelenjar paratiroid memengaruhi pengaturan kadar kalsium dalam darah dan tulang.

Mau tahu lebih jauh mengenai cara mengatasi penyakit gondok? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Lebih praktis, bukan?

Referensi:

American Thyroid Association. Diakses pada Desember 2019. Goiter.
Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Republik Indonesia. Diakses pada Desember 2019. Pengobatan dengan Iodium Radioaktif
Mayo Clinic. Diakses pada Desember 2019. Diseases & Conditions. Goiter.