Inilah 6 Olahraga Pilihan saat Musim Hujan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Inilah 6 Olahraga Pilihan saat Musim Hujan

Halodoc, Jakarta - Cuaca dingin saat hujan membuat banyak orang malas beraktivitas. Selain cuacanya cocok untuk tidur, hujan membuat jalanan becek dan macet. Meski begitu, kamu tetap perlu beraktivitas fisik saat musim hujan agar kondisi tubuh tetap fit. Caranya beragam, mulai dari mengonsumsi buah dan sayuran, hingga rutin berolahraga. Lantas, olahraga apa yang bisa menjadi pilihan saat musim hujan? Berikut ini di antaranya.

  1. Treadmill

Joging dan lari adalah olahraga yang banyak digemari. Pada umumnya, olahraga ini dilakukan di luar ruangan. Namun saat cuaca sedang tidak memungkinkan, kamu bisa menggunakan treadmill di rumah atau di tempat gym. Menurut ahli kebugaran, Samir Purohit, joging sangat ideal sebagai latihan saat pemanasan atau sebelum bekerja. Kalori yang terbakar saat joging selama 30 menit adalah sekitar 215 kalori.

Baca Juga: Tetap Sehat di Musim Hujan? Bisa kok!

  1. Aerobik

Aerobik adalah salah satu bentuk olahraga yang menggunakan musik dalam latihannya, sehingga asyik untuk dilakukan. Aerobik biasa dilakukan di dalam ruangan dengan mengikuti ritme musik. Olahraga ini cukup membuat lelah karena gerakannya tanpa henti dan mengikuti ketukan musik seperti menari. Selain menyenangkan, aerobik bermanfaat untuk menurunkan berat badan serta mengencangkan otot.

  1. Skiping

Skiping membantu meningkatkan kebugaran saluran napas, fleksibilitas, dan koordinasi otot-otot tubuh. Menurut pakar kebugaran Althea Shah, skiping berdampak positif pada tinggi badan, membantu proses penurunan berat badan, serta menguatkan otot dan tulang. Melakukan skiping selama satu jam dapat membakar 560 kalori.

Baca Juga: Musim Hujan, Hati-Hati Mr P Menyusut

  1. Plank

Latihan plank tidak memerlukan tempat khusus dan dapat dilakukan dimana saja. Posisi plank hampir mirip posisi push up, bedanya kamu harus menahan posisi dengan tangan telentang. Meski awalnya sulit, planking semakin mudah dilakukan jika kamu sudah terbiasa. Plank bagus untuk mengencangkan otot perut, punggung, dan otot lengan.

  1. Yoga

Yoga bisa dilakukan di dalam ruangan. Olahraga ini bertujuan untuk menyatukan tubuh, pikiran, dan jiwa. Yoga membantu kamu menjadi lebih sadar akan postur tubuh. Selain itu, keselarasan pola gerakan membuat tubuh fleksibel dan rileks. Kalori yang terbakar selama satu jam berlatih yoga adalah 280 kalori.

  1. Pilates

Mirip dengan yoga, pilates dapat dilakukan di dalam ruangan. Bedanya, olahraga ini menekankan pada pengembangan tubuh melalui kekuatan inti, fleksibilitas, dan gerakan anggun. Latihan ini dapat mengencangkan otot-otot tubuh, serta meningkatkan sirkulasi darah dan pernapasan.

Baca Juga: Jalan Kaki, Olahraga Ringan yang Punya Banyak Manfaat

Agar tidak terserang penyakit, kamu perlu mengonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga. Kamu juga perlu mengonsumsi vitamin agar daya tahan tubuh lebih kuat. Gunakan fitur Apotik Antar yang ada di aplikasi Halodoc untuk membeli vitamin yang dibutuhkan dan pesanan akan diantarkan langsung ke tempatmu. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!