• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah 7 Tips Simpel untuk Menurunkan Berat Badan

Inilah 7 Tips Simpel untuk Menurunkan Berat Badan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Inilah 7 Tips Simpel untuk Menurunkan Berat Badan

“Cara menurunkan berat badan tak hanya cukup melibatkan diet sehat saja. Diet sehat harus diiringi dengan aktivitas fisik dan istirahat yang cukup agar kadar lemak dalam tubuh tergerus. Dengan kata lain, ketiganya saling bekerja sama untuk memangkas berat badan berlebih.”

Halodoc, Jakarta – Pada dasarnya, terdapat berbagai cara menurunkan berat badan yang simpel untuk dicoba. Untuk memangkas lemak-lemak di tubuh juga sebenarnya tidak sulit. Hanya saja membutuhkan niat kuat, komitmen, dan kedisiplinan untuk melakukannya. 

Cara menurunkan berat badan perlu melibatkan tiga hal penting, yaitu rutin berolahraga, menjaga asupan makanan, dan istirahat yang cukup. Nah, mau tahu seperti apa cara menurunkan berat badan yang mudah untuk dicoba? Yuk, simak ulasannya di bawah ini. 

Baca juga: Menu Diet Sehat yang Cepat Turunkan Berat Badan

Tips Sederhana untuk Menurunkan Berat Badan

Ada beberapa tips sederhana untuk menurunkan berat badan yang bisa kamu coba, yaitu:

1. Terapkan Diet Sehat

Diet adalah mengatur pola makan, yang menjadi cara menurunkan berat badan paling efektif. Terdapat berbagai macam diet yang bisa kamu coba. Di antara berbagai jenis diet, paling baik adalah melakukan diet defisit kalori.

Adapun jenis diet lainnya yang bisa menjadi pertimbangan, seperti diet mediterania, diet mayo, hingga diet keto. Namun, sebelum memutuskan untuk memilih salah satu jenis diet, cobalah tanyakan terlebih dahulu dengan dokter terkait kondisi tubuhmu. 

Meski diet terbilang efektif untuk memangkas lemak tubuh, bisa saja jenis diet tertentu tidak cocok dengan kondisi tubuhmu. 

2. Perbanyak Jalan Kaki

Bagi kamu yang sering menggunakan kendaraan untuk menempuh jarak yang terbilang dekat, cobalah merubah kebiasaan ini. Menurut penelitian, lamanya waktu yang dihabiskan untuk mengemudi, dikaitkan dengan peningkatan berat badan. 

Oleh sebab itu, alih-alih menggunakan kendaraan, cobalah berjalan kaki untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain bila jaraknya tidak terlalu jauh.

Menurut  Department of Health & Human Services, setidaknya orang dewasa harus melakukan aktivitas fisik sebanyak 150 menit tiap minggunya. Nah, perbayang berjalan kaki adalah salah satu cara menurunkan berat badan yang paling simpel. 

3. Joging

Sudah tahu betapa pentingnya olahraga dalam membantu menurunkan berat badan? Tanpa aktivitas fisik rasanya hampir mustahil. Nah, dari banyaknya olahraga yang bisa kamu coba, joging terbilang cukup efektif. Seseorang yang memiliki bobot 60 kilogram dapat membakar 80 kkal saat berlari selama 10 menit. Bila dilakukan selama 30 menit, artinya ia berhasil membakar kalori sebanyak 240 kkal.

Selain itu, menurut profesor klinis ilmu kesehatan di David Geffen School of Medicine di UCLA, ketika seorang berlari sejauh satu mil (1,6 kilometer), kira-kira kalori yang terbakar sebanyak 100 kalori. Namun, jumlah ini bergantung pada individu, seperti kecepatan dan berat badan yang dimilikinya. 

Baca juga: Berat Badan Bertambah? Ini yang Terjadi pada Tubuh

Selain efektif untuk dipilih sebagai cara menurunkan berat badan, joging menyimpan berbagai manfaat lainnya. Aktivitas fisik ini bisa baik untuk jantung karena dapat meningkatkan detak jantung dan mendorong paru-paru bekerja dengan kapasitas tertinggi.

Menariknya lagi, joging juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung, mencegah diabetes, dan menurunkan tekanan darah dan kolesterol. 

4. Istirahat yang Cukup

Kurang tidur sering dikaitkan dengan meningkatkan bobot tubuh. Alasannya, ketika seseorang tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup, mereka cenderung membuat pilihan yang tidak sehat sepanjang hari. Contohnya, mengonsumsi makanan tinggi lemak dan gula. 

Seseorang yang kurang tidur karena begadang atau lembur, umumnya memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi kalori. Nah, kebiasaan inilah yang bisa mengacaukan upaya penurunan berat badan.

5. Hindari Makanan Kemasan

Selain empat hal di atas, cara menurunkan berat badan juga dengan mengurangi atau menghindari asupan makanan kemasan. Apa sebabnya? Ingatlah, makanan kemasan kaya akan lemak, natrium, dan gula.

Nah, terlalu banyak mengasup bahan makanan ini bisa membuat berat badan semakin meningkat. Oleh sebab itu, hindari makanan atau camilan, seperti keripik, biskuit, atau makanan kemasan lainnya. 

Alternatifnya, kamu bisa mengonsumsi camilan sehat untuk mengenyangkan perut. Contohnya seperti yoghurt dan buah beri segar, atau selai kacang alami dengan apel. Lebih sehat, bukan? 

6. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Tak sedikit orang yang terkadang kebingungan untuk membedakan rasa haus dan lapar. Nah, hal ini yang membuat mereka makan lebih banyak dari biasanya. Oleh sebab itu, penting untuk tetap terhidrasi agar tubuh tak mengirimkan sinyal lapar “palsu” ada otak. 

Asupan cairan juga menjadi kunci untuk sistem pencernaan dan me yang lebih baik, dan mampu meningkatkan sistem metabolisme. Lalu, berapa banyak konsumsi cairan yang kita butuhkan per harinya? Mungkin kamu pernah mendengar saran delapan gelas perhari.

Sebenarnya, jumlah air yang harus diminum tiap orang per harinya bisa berbeda-beda. Orang yang sangat aktif, sedang dalam pengobatan, atau memiliki penyakit tertentu, perlu mengonsumsi lebih banyak air.

Nah, cara terbaik untuk memastikan tubuh agar tetap terhidrasi adalah dengan minum air setiap kali merasa haus, dan minumlah sebelum, selama, dan setelah berolahraga. 

Baca juga: Inilah 10 Makanan Sehat Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan (Bagian 1)

7. Hindari Asupan Kopi

Membatasi konsumsi kopi ternyata dapat menjadi cara menurunkan berat badan yang cukup efektif. Ingat, secangkir kopi dengan sedikit susu dan gula, mengandung ratusan kalori.

Oleh sebab itu, bagi kamu yang memiliki kebiasaan ini, cobalah batasi konsumsi kopi agar program menurunkan berat badan berjalan efektif. 

Mau tahu lebih jauh mengenai cara menurunkan berat badan yang efektif? Kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc

Kamu juga bisa memeriksakan diri ke rumah sakit pilihan bila mengalami keluhan kesehatan. Sebelumnya, buat janji dengan dokter di aplikasi Halodoc sehingga tidak perlu mengantre sesampainya di rumah sakit.

Referensi: 

Healthline. Diakses pada 2021. How Many Calories Do You Burn Running a Mile? 

Prevention. Diakses pada 2021. 15 Small Changes You Can Make to Lose Weight Faster, According to Health Experts.

Healthline. Diakses pada 2021. How to Lose Weight Fast: 3 Simple Steps, Based on Science