• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Menurunkan Berat Badan, Cara Efektif Mengontrol Diabetes?

Menurunkan Berat Badan, Cara Efektif Mengontrol Diabetes?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Buat pengidap diabetes yang mengalami obesitas, menurunkan berat badan adalah salah satu langkah untuk mengontrol penyakit diabetes. Namun yang lebih penting dari itu adalah, kamu tetap harus mengontrol kadar gula darah saat menurunkan berat badan.

Soalnya penurunan drastis juga dapat berdampak pada kesehatan. United States Department of Agriculture merekomendasikan untuk pengidap diabetes mengurangi asupan 500 kali per hari dengan memotong konsumsi protein, karbohidrat, dan lemak. Simak informasi lebih lengkapnya di bawah ini!

Makanan Memberikan Pengaruh Besar

Karbohidrat memberikan pengaruh besar terhadap tingkat gula darah. Karena itu, mengonsumsi makanan berserat sangat disarankan ketimbang mengonsumsi karbohidrat yang gula. Makanan berserat memiliki kecenderungan untuk melarutkan gula dan menekan nafsu makan berlebihan.

Sebagai informasi, diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan hiperglikemia (kadar gula tinggi dalam darah). Kondisi ini disebabkan karena berkurangnya produksi hormon insulin (diabetes melitus tipe 1) atau kurang sensitifnya jaringan tubuh terhadap insulin (diabetes melitus tipe 2).

Baca juga: Bukan Hanya Makanan, Ini 3 Pantangan Asam Urat

Adapun diabetes melitus tipe 1 biasanya terjadi karena faktor genetik dan dialami sejak kecil. Sedangkan diabetes melitus tipe 2, umumnya baru dialami ketika dewasa akibat menjalani gaya hidup kurang sehat.

Hormon insulin berfungsi untuk mengangkut gula yang ada di dalam darah untuk digunakan oleh sel-sel tubuh. Kekurangan hormon insulin atau kurang sensitifnya jaringan tubuh terhadap hormon insulin dapat mengganggu distribusi gula ke dalam sel-sel tubuh.

Informasi lebih lengkap mengenai penyakit diabetes bisa ditanyakan saja langsung ke Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa kapan dan di mana saja memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Sejatinya pola hidup sehat adalah kunci untuk penanganan diabetes. Dari hal-hal sederhana, kamu bisa mengendalikan penyakit gulamu. Berikut ini rekomendasi pola hidup sehat yang bisa diterapkan:

1. Menghindari Makanan Junk Food dan Fast Food

Makanan fast food dan junk food sangat berbahaya untuk tubuh, bukan hanya tidak baik bagi pengidap diabetes, juga untuk semua orang. Oleh karena itu, salah satu cara terbaik menangani diabetes adalah  hindari fast food dan junk food.

2. Berolahraga

Berolahraga baik dilakukan untuk menangani diabetes, karena dapat mengendalikan gula darang dengan baik. Mulai sekarang, kamu harus rajin dan rutin berolahraga mulai dari olahraga ringan. Tidak perlu langsung melakukan jenis olahraga berat, sebaiknya minta saran profesional kesehatan untuk durasi dan jenis olahraga yang direkomendasikan.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Obesitas Bisa Terjadi karena Genetik?

3. Menjaga Berat Badan Tetap Stabil

Menjaga berat badan merupakan hal penting untuk dilakukan pengidap diabetes. Menjaga berat badan berarti juga mengontrol porsi makan sekaligus mengatur asupan kalori yang termasuk cara alami menurunkan gula darah dan menangani diabetes.

4. Menjaga Tingkat Stres

Kamu harus tahu, stres bisa memengaruhi kadar gula darah! Untuk itu, kontrollah tingkat stres jika kamu ingin berhasil menurunkan gula darah. Di saat stres, tubuh akan menghasilkan lebih banyak hormon glukagon dan kortisol, yang dapat menyebabkan kadar gula darah naik.

5. Tidur dan Istirahat Cukup

Tidur dan beristirahat yang cukup serta berkualitas diperlukan untuk kesehatan tubuh. Kebiasaan tidur yang kurang baik, tidur terlampau malam, dan kurang istirahat dapat memengaruhi kadar gula darah dan sensitivitas insulin.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. Will Weight Loss Help Your Diabetes?
Everyday Health. Diakses pada 2020. 6 Ways Weight Loss Can Help Control Diabetes.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Type 2 Diabetes.