26 July 2017

Inilah Cara Alami Menangani Diabetes dan Menurunkan Gula Darah

Inilah Cara Alami Menangani Diabetes dan Menurunkan Gula Darah

Halodoc, Jakarta - Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan hiperglikemia (kadar gula tinggi dalam darah). Keadaan hiperglikemia ini disebabkan karena kurangnya produksi hormon insulin (diabetes melitus tipe 1- faktor genetik, diidap sejak kecil) atau kurang sensitifnya jaringan tubuh terhadap insulin (diabetes melitus jenis 2-baru diidap pada masa dewasa akibat menjalani gaya hidup yang kurang sehat, berat badan berlebih, merokok, dan lain-lain). Hormon insulin berfungsi untuk mengangkut gula yang ada di dalam darah untuk digunakan oleh sel-sel tubuh. Kekurangan hormon insulin atau kurang sensitifnya jaringan tubuh terhadap hormon insulin dapat mengganggu distribusi gula ke dalam sel-sel tubuh. Berikut cara dalam menangani diabetes dan juga cara alami yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan gula darah.

Cara Menangani Diabetes
Segala penyakit yang kamu idap harus segera ditangani dan dilakukan penanganan yang tepat untuk menghindari hal-hal negatif lainnya terjadi. Ini berlaku untuk semua penyakit, penyakit jenis apapun harus segera ditangani dengan tepat dan cepat, termasuk penyakit diabetes atau gula darah. Berikut ini beberapa cara menangani diabetes yang bisa dilakukan. Simak beberapa cara menangani diabetes:

1.  Menghindari Makanan Junk Food dan Fast Food
Makanan fast food dan junk food sangat berbahaya untuk tubuh, bukan hanya tidak baik bagi pengidap diabetes, juga untuk semua orang. Oleh karena itu salah satu cara terbaik menangani diabetes adalah  hindari fast food dan junk food.

2.  Berolahraga
Berolahraga baik dilakukan untuk menangani diabetes. Mulai sekarang, kamu harus rajin dan rutin berolahraga mulai dari olahraga ringan. Tidak perlu langsung melakukan jenis olahraga berat. Berolahraga juga salah satu cara alami menurunkan gula darah.

(Baca juga: Jalan Kaki, Olahraga Ringan yang Punya Banyak Manfaat)

3.  Menjaga Berat Badan
Menjaga berat badan merupakan hal penting untuk dilakukan pengidap diabetes. Menjaga berat badan berarti juga mengontrol porsi makan sekaligus mengatur asupan kalori yang termasuk cara alami menurunkan gula darah dan menangani diabetes.

Cara Alami Menurunkan Gula Darah
Gula darah adalah istilah yang digunakan pada kondisi keadaan glukosa dalam darah seseorang. Glukosa merupakan sumber energi utama dalam tubuh ketika dialirkan melalui darah, namun jika kondisi kadar gula seseorang terlalu tinggi justru akan memicu terjadinya penyakit. Cara menurunkan kadar gula darah yang bisa kamu lakukan, adalah:

1.  Kontrol Asupan Karbohidrat
Karbohidrat penting untuk tubuh, karena berfungsi sebagai sumber utama penghasil energi. Tubuh akan memecah karbohidrat menjadi gula sederhana (sebagian besar glukosa) kemudian insulin bekerja dengan memindahkan gula dari darah ke dalam sel untuk dijadikan energi. Untuk itu kamu harus memperhatikan asupan karbohidrat dan konsumsi karbohidrat sehat.

2.  Perbanyak Asupan Serat
Serat dapat membantu memperlambat pencernaan dan penyerapan gula ke dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi lonjakan gula darah serta meningkatkan kontrol gula darah secara keseluruhan. Selain itu, dapat membantu mengelola diabetes tipe 1 dengan memperbaiki kontrol gula darah dan mengurangi kadar gula darah.

3.  Perbanyak Minum Air Putih
Banyak minum air putih merupakan salah satu cara alami menurunkan gula darah, karena bisa membantu menjaga kadar gula darah. Di samping itu, cukup minum air putih juga dapat membantu ginjal mengeluarkan kelebihan gula darah melalui urin.

4.  Pilihlah Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah
Indeks Glikemik adalah angka yang menunjukkan jenis karbohidrat  yang berpotensi cepat meningkatan kadar gula darah. Konsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah, yaitu sistem peringkat makanan yang mengandung karbohidrat yang rendah dan telah terbukti dapat mengurangi kadar gula darah dalam jangka panjang pada pengidap diabetes tipe 1 dan tipe 2.

(Baca juga: 5 Sarapan yang Baik untuk Pengidap Diabetes)

5.  Menjaga Tingkat Stres
Kamu harus tahu, stres bisa mempengaruhi kadar gula darah! Untuk itu kontrol lah tingkat stres jika kamu ingin berhasil menurunkan gula darah. Di saat stres, tubuh akan menghasilkan lebih banyak hormon glukagon dan kortisol, yang dapat menyebabkan kadar gula darah naik.

6.  Tidur dan Istirahat Cukup
Tidur dan beristirahat yang cukup serta berkualitas diperlukan untuk kesehatan tubuh. Kebiasaan tidur yang kurang baik, tidur terlampau malam, dan kurang istirahat dapat memengaruhi kadar gula darah dan sensitivitas insulin.

7.   Makan Makanan Kaya Kromium dan Magnesium
Kadar gula darah tinggi dan diabetes dapat disebabkan oleh kekurangan mikronutrien, termasuk kekurangan mineral kromium dan magnesium. Kromium terlibat dalam metabolisme karbohidrat dan lemak, serta membantu mengendalikan kadar gula darah. Kekurangan kromium dapat menyebabkan kamu mengalami intoleransi karbohidrat dan kekurangan magnesium dapat meningkatkan risiko diabetes.

Ingin lebih tahu bagaimana menangani diabetes dan cara alami apa saja untuk menurunkan gula darah, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi kesehatan Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa bertanya untuk mengetahui tentang diabetes bersama ribuan pilihan dokter spesialis. Kamu juga bisa melakukan chat, video call atau voice call dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu untuk menggunakannya.

(Baca juga: 4 Mitos & Fakta Diabetes yang Harus Diketahui)