• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Cara Menyenangkan untuk Meningkatkan Suasana Hati

Inilah Cara Menyenangkan untuk Meningkatkan Suasana Hati

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Inilah Cara Menyenangkan untuk Meningkatkan Suasana Hati

Halodoc, Jakarta – Bukan hanya wanita yang sering mengalami suasana hati yang buruk. Kondisi ini dapat dialami oleh siapa saja dari segala jenis kelamin hingga usia. Ya, suasana hati memang menjadi salah satu faktor yang sangat sulit untuk diprediksi. Bukan hanya dapat menurunkan kualitas hidup, suasana hati yang buruk dapat meningkatkan risiko gangguan hubungan dengan orang lain. Lebih parahnya lagi, suasana hati yang buruk dalam jangka waktu yang cukup panjang dapat memengaruhi kondisi kesehatan fisik maupun mental.

Baca juga: Tingkatkan Suasana Hati Anak dengan 5 Makanan Sehat Ini

Mengalami suasana hati yang buruk memanglah suatu hal yang wajar dan normal, tetapi sebaiknya segera atasi kondisi ini agar tidak berlarut-larut dan mempersulit hidup. Meskipun cara yang dilakukan untuk menyenangkan hati berbeda-beda pada setiap orangnya, tetapi tidak ada salahnya ketahui beberapa cara menyenangkan guna meningkatkan suasana hati kamu. Tentunya, suasana hati yang ceria dan bahagia dapat membuat kamu terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

1.Dengarkan Lagu Kesukaan

Jangan biarkan bad mood mengganggu aktivitas kamu sehari-hari. Kamu bisa dengarkan lagu kesukaan yang ceria dan dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. Melansir Psychology Today, musik memiliki energi emosi yang positif bagi tubuh dan pikiran. Mendengarkan musik menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengubah suasana hati dan menghilang stres. Musik dapat membantu kamu menghilangkan perasaan negatif dan emosi yang tidak diinginkan.

2.Olahraga

Biasanya saat mengalami suasana hati yang buruk, kamu akan malas untuk beraktivitas. Nah, sebaiknya hindari perasaan ini karena dengan melakukan olahraga ringan kamu bisa meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. Melansir Mindwise, olahraga menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi depresi maupun stres. Berlatih selama 30 menit dalam satu hari bisa membuat kamu memiliki suasana hati yang lebih baik. Selain membuat kamu merasa bahagia, tentunya olahraga yang dilakukan secara rutin dapat membuat kamu menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

Baca juga: Olahraga Bisa Tingkatkan Suasana Hati, Kok Bisa?

3.Tidur

Siapa yang tidak menyukai tidur? Saat tidur kamu bisa beristirahat dan juga meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. Seseorang yang memiliki waktu tidur lebih sedikit atau alami gangguan tidur akan lebih mudah mengalami perubahan suasana hati hingga alami kondisi stres. Jadi, sebaiknya atur jadwal tidur setiap harinya, hindari mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak dan batasi pengonsumsian kafein serta alkohol sebelum tidur, dan ciptakanlah suasana nyaman di kamar tidur. Kondisi ini akan meningkatkan kualitas tidur sehingga suasana hati dapat meningkat menjadi lebih baik.

4.Liburan

Tentunya semua orang menyukai liburan. Selain dapat menambah pengalaman, berlibur juga bisa menjadi cara menyenangkan untuk meningkatkan suasana hati, loh. Tidak perlu pergi ke tempat yang jauh, kamu bisa menikmati lokasi yang sebelumnya sulit untuk kamu kunjungi di kota kamu. Pergilah ke museum atau taman yang berada di tengah kota untuk membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Itulah beberapa cara menyenangkan yang dapat meningkatkan suasana hati. Beberapa cara tersebut jangan lupa disertai dengan pola makan sehat dan teratur. Nutrisi dan gizi yang terpenuhi dengan baik juga dapat membantu kamu untuk mengubah suasana hati menjadi lebih baik. 

Baca juga: 5 Jenis Gangguan Suasana Hati yang Perlu Diketahui

Jangan ragu gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter ketika kamu merasakan suasana hati yang buruk selama beberapa hari. Apalagi jika kondisi ini disertai dengan penurunan kualitas hidup dan peningkatan gangguan kesehatan. Yuk, download Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Referensi:
Sleep Health Foundation. Diakses pada 2020. Sleep and Mood Are Closely Connected.
Mindwise Innovations. Diakses pada 2020. Lifestyle Changes to Manage Your Mood.
Time. Diakses pada 2020. Why Vacation is Good for Health and Happiness.
Psychology Today. Diakses pada 2020. Music, Emotion, and Well-Being.