• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Gerakan Olahraga yang Bisa Mengencangkan Payudara

Inilah Gerakan Olahraga yang Bisa Mengencangkan Payudara

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Inilah Gerakan Olahraga yang Bisa Mengencangkan Payudara

“Payudara seseorang dapat menjadi kendur karena berbagai macam faktor. Untuk mendapatkan kembali payudara yang kencang, ada beberapa gerakan olahraga yang bisa kamu lakukan secara rutin.”

Halodoc, Jakarta – Payudara wanita dapat mengendur karena beberapa penyebab, salah satunya adalah ukurannya yang terlalu besar. Kamu mungkin tidak betah dengan masalah tersebut sehingga merasa perlu dikencangkan. Nah, ada beberapa gerakan olahraga yang dapat membuat payudara menjadi kencang, lho. Ketahui beberapa cara mengencangkan payudara dengan olahraga di sini!

Beberapa Cara Mengencangkan Payudara dengan Gerakan Olahraga

Payudara dapat secara alami mengendur seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini terjadi saat kulit yang menutupinya mulai kehilangan elastisitas dan jaringan payudaranya sudah kesulitan untuk melawan gaya gravitasi. Selain itu, bentuk dan ukuran dari payudara juga dapat dipengaruhi oleh kehamilan, perubahan hormonal, hingga tingkat berat badan seseorang.

Faktanya, lemak, kelenjar, ligamen, dan kulit tidak dapat dikencangkan melalui olahraga. Namun, otot-otot yang berada di bawah payudara, yang disebut pektoral, dapat diperkuat. Hal ini tidak dapat memengaruhi bentuk payudara, tetapi dapat menyebabkan tampilannya sedikit lebih kencang. Namun, apa saja sih olahraga yang bisa dilakukan sebagai cara mengencangkan payudara? Berikut jawabannya:

1. Swiss-ball Chest Press

Gerakan ini juga dipercaya dapat menjadi salah satu cara mengencangkan payudara. Cara melakukannya, kamu perlu duduk di atas bola Swiss sambil memegang sepasang dumbel di tangan dan menjauhkannya dari kaki sambil menyenderkan punggung di atas bola. Terus dorong kaki ke depan hingga posisi berbaring benar-benar rata di atas bola dan bahu serta dada tertopang dengan baik.

Jika posisi sudah tepat, pastikan kaki sudah mencengkeram tanah dengan kuat sebagai salah satu penopang, lalu angkat tangan ke langit-langit dan pertahankan pegangan yang kuat pada dumbbell. Turunkan beban tersebut dengan perlahan hingga pergelangan tangan berada di kedua sisi dada. Ulangi untuk beberapa kali dan pastikan menggunakan kekuatan otot dada.

2. Chest Press

Kamu juga bisa mengencangkan dada dengan melakukan chest press secara rutin. Untuk melakukannya, kamu perlu berbaring telentang di lantai/bangku dengan kaki diletakkan rata di lantai serta memegang dumbel di kedua tangan. Sekarang, pertahankan pegangan yang kuat pada beban, angkat tangan ke arah langit-langit agar pergelangan tangan lurus terhadap bahu. Perlahan, turunkan beban hingga setinggi dada dan ulangi beberapa kali.

3. Push-up di Lantai

Cara mengencangkan payudara ini dapat kamu lakukan dengan mudah di mana saja dan kapan saja. Pertama-tama, kamu perlu berbaring dengan dada dan perut berada di lantai dan kaki terentang. Letakkan telapak tangan di lantai setara dada sehingga siku ditekuk sebesar sudut 45 derajat.

Dengan menggunakan kekuatan otot dada dan bahu, angkat dada, perut, paha, dan lutut dari lantai. Pastikan jika hanya dua bagian tubuh yang bersentuhan dengan tanah, yaitu telapak tangan dan jari kaki. Setelah itu, turun kembali dengan perlahan, tetapi jangan sampai tubuh menyentuh tanah dan bangkit kembali. Ulangi gerakan tersebut sebanyak yang kamu bisa.

Nah, itulah beberapa cara mengencangkan payudara melalui gerakan olahraga. Jika kamu memang benar-benar ingin memiliki dada yang kencang, lakukan semua gerakan yang disebutkan secara rutin. Memang tidak mudah, tetapi hasilnya kelak dapat kamu nikmati ketika tubuh kamu terlihat lebih awet muda.

Apabila kamu ingin tahu lebih jauh tentang kesehatan payudara atau bagian tubuh lainnya, cobalah untuk berbincang dengan dokter dari Halodoc. Kamu bisa berinteraksi dengan ahli medis sesuai dengan spesialisasinya dengan download aplikasi Halodoc terlebih dahulu. Maka dari itu, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Live Strong. Diakses pada 2021. Can You Tone Saggy Breasts with Exercise?
Health Shots. Diakses pada 2021. Here’s how you can lift those saggy breasts using these 5 exercises.