Inilah Komplikasi Jika Terkena Melanoma

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Inilah Komplikasi Jika Terkena Melanoma

Halodoc, Jakarta – Tahi lalat dapat membuat penampilan menjadi lebih unik dan menarik. Namun, perhatikan jika tahi lalat yang dimiliki ukurannya semakin membesar dan menunjukan perubahan warna. Waspada penyakit kanker kulit melanoma menyerang kesehatan.

Baca juga: Ini 4 Tanda Awal Melanoma

Melanoma adalah kanker kulit yang paling mengkhawatirkan. Melanoma muncul akibat adanya gangguan sel yang memproduksi melanin atau melanosit. Gejala awal penyakit ini umumnya menyerupai seperti tahi lalat yang baru tumbuh dan kemudian menyebar dan kondisinya terlihat semakin dalam menuju kulit hingga pembuluh darah. 

Melanoma Bisa Menyerang Bagian Tubuh yang Tertutup

Kanker kulit melanoma disebabkan ketika sel pigmen pada kulit tidak berkembang secara normal. Sebagian besar menganggap penyebab kanker kulit melanoma adalah paparan langsung sinar matahari, namun melanoma dapat dialami pada bagian tubuh yang jarang terpapar sinar matahari secara langsung.

Kondisi ini membuktikan bahwa kanker melanoma tidak hanya menyerang bagian kulit yang mendapatkan paparan sinar matahari secara langsung. Bagian tubuh yang kerap tertutup masih rentan mengalami kondisi kanker kulit melanoma. Ketahui bagian tubuh lainnya yang juga berisiko mengalami kondisi melanoma, seperti bagian bawah kuku, pada lapisan mukosa dan bagian mata. Jika kamu masih merasa bingung dengan penyakit melanoma, tidak ada salahnya melakukan tanya jawab dengan dokter. Caranya mudah, tinggal download aplikasi Halodoc dan gunakan fitur Tanya Dokter

Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, baik wanita maupun pria. Pada wanita, kondisi melanoma muncul pada bagian wajah, leher atau kaki. Sedangkan pada pria, melanoma biasanya muncul pada bagian dada dan punggung.

Perhatikan Tahi Lalat yang Kamu Miliki untuk Cegah Melanoma

Ketahui gejala yang dialami oleh pengidap melanoma agar kamu bisa mengatasi kondisi ini lebih dini. Bentuk tahi lalat yang tidak biasa dan ukurannya yang bertambah besar bisa menjadi salah satu gejala dari penyakit melanoma. Segera periksakan ke rumah sakit terdekat jika kamu mengalami gejala lain dari penyakit melanoma, seperti tahi lalat yang mudah berdarah, mengalami pembengkakan serta kemerahan pada kulit di sekitar tahi lalat.

Baca juga: Apakah Tahi Lalat Berbahaya?

Tampilan tahi lalat yang menjadi gejala kanker nyatanya dapat beragam dan bervariasi. Tidak ada salahnya untuk mencegah kondisi melanoma ketika mengalami hal yang tidak biasa pada tahi lalat yang kamu miliki. Selain itu, pengidap melanoma juga merasakan pembengkakan kelenjar, sesak napas, dan nyeri tulang.  

Inilah Pengobatan untuk Melanoma

Ketika melanoma masih terdeteksi pada tahap awal, dokter akan melakukan pengangkatan jaringan kulit yang mengalami melanoma. Namun, jika kondisi ini terdeteksi pada tahap akhir, ada beberapa pengobatan yang bisa dilakukan, seperti:

1. Operasi

Tindakan operasi dilakukan untuk mengangkat sel kulit yang mengalami melanoma dan memulihkan kondisi organ lainnya jika kondisi melanoma sudah menyebar pada bagian dan organ tubuh.

2. Kemoterapi

Kemoterapi adalah pengobatan yang dilakukan untuk menghancurkan sel kanker dalam tubuh. Banyak cara untuk melakukan kemoterapi, salah satunya dengan cara infus obat.

3. Radiasi

Radiasi dilakukan dengan menggunakan sinar X-ray untuk menghancurkan sisa sel kanker setelah kemoterapi. 

4. Terapi Biologis

Pengobatan ini dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh untuk melawan sel kanker dalam tubuh.

Baca juga: Ciri Orang yang Bisa Terkena Melanoma

Komplikasi yang dihasilkan dapat terjadi akibat pengobatan yang dilakukan seperti iritasi pada kulit, luka bakar pada kulit, adanya penebalan kulit, dan gangguan pada pertumbuhan rambut. Ketika sel kanker sudah menyerang bagian lain pada tubuh, kondisi ini bisa menjadi komplikasi lain dari melanoma. Tidak ada salahnya untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan kamu pada dokter ahli, ya!