• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Manfaat Minyak Ikan Salmon bagi Pertumbuhan Anak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Manfaat Minyak Ikan Salmon bagi Pertumbuhan Anak

Inilah Manfaat Minyak Ikan Salmon bagi Pertumbuhan Anak

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 07 Januari 2022

“Asam lemak omega-3 adalah zat penting yang diperlukan oleh tubuh orang dewasa dan anak-anak. Hanya saja tubuh manusia tidak memproduksi omega-3. Orang tua dapat memberikan asam lemak omega-3 yang bersumber dari minyak ikan salmon. Beberapa manfaat minyak ikan yang dapat dirasakan yaitu meningkatkan kualitas tidur hingga baik untuk kesehatan otak.”

Inilah Manfaat Minyak Ikan Salmon bagi Pertumbuhan Anak

Halodoc, Jakarta – Asam lemak omega-3 sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat pada anak, dan umumnya aman dikonsumsi. Ikan berlemak merupakan sumber makanan dengan kandungan omega-3 terbaik, salah satunya yang berasal dari manfaat minyak ikan salmon.

Omega-3 dalam minyak ikan salmon adalah asam lemak yang penting bagi banyak aspek kesehatan. Termasuk perkembangan janin, pertumbuhan anak, fungsi otak, kesehatan, jantung, dan kekebalan tubuh. Omega-3 dianggap sebagai asam lemak esensial karena tubuh manusia tidak dapat memproduksinya sendiri, dan perlu didapatkan dari sumber makanan. 

Lantas, apa saja sih manfaat minyak ikan salmon bagi pertumbuhan anak?

Manfaat Minyak Ikan Salmon untuk Anak

Omega-3 terdiri dari 3 jenis utama, yaitu:

  • asam alfa-linolenat (ALA).
  • asam eicosapentaenoic (EPA).
  • asam docosahexaenoic (DHA).

EPA dan DHA secara alami ada pada ikan berlemak, seperti ikan salmon, makarel, dan tuna. Berikut ini beberapa manfaat minyak ikan salmon untuk pertumbuhan anak yang perlu diketahui:

  1. Memperbaiki Gejala ADHD

Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) adalah kondisi umum yang berkaitan dengan gejala seperti hiperaktif, impulsif, dan kesulitan fokus. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak ikan yang mengandung omega-3 dapat membantu mengurangi gejala ADHD pada anak-anak.

  1. Mengurangi Asma

Asma adalah kondisi kronis yang menyerang anak-anak dan orang dewasa. Gejala berupa nyeri dada, kesulitan bernapas, batuk, dan mengi. Beberapa penelitian menemukan bahwa asam lemak omega-3 dari minyak ikan dapat membantu meringankan gejala ini. 

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Melansir dari National Institute of Health, gangguan tidur mempengaruhi hampir 4 persen anak-anak di bawah usia 18 tahun. Penelitian pada 395 anak mengaitkan kadar asam lemak omega-3 dalam darah yang lebih rendah dengan risiko masalah tidur yang lebih tinggi. 

Ditemukan juga bahwa melengkapi kebutuhan omega-3 600 mg DHA selama 16 minggu, dapat mengurangi gangguan tidur dan menyebabkan hampir satu jam lebih banyak tidur per malam. 

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak asam lemak omega-3 selama kehamilan, dapat memperbaiki pola tidur pada bayi. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian berkualitas tinggi mengenai hubungan omega-3 dan tidur pada anak-anak. 

  1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Asam lemak omega-3 yang berasal dari minyak ikan dapat meningkatkan fungsi otak dan suasana hati pada anak-anak. Khususnya tentang pembelajaran, memori, dan perkembangan otak. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 membantu mencegah depresi dan gangguan mood pada anak-anak. 

Nah, itulah beberapa manfaat minyak ikan bagi pertumbuhan anak. Namun, orang tua juga perlu memperhatikan jumlah konsumsi minyak ikan pada anak. Sebenarnya hampir tidak ada efek samping yang parah dari konsumsi minyak ikan secara alami ataupun suplemen omega-3.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memberikan Minyak Ikan pada Anak 

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics bahwa perlu lebih banyak penelitian untuk menentukan dampak penuh dari konsumsi asam lemak omega-3 pada tubuh. Mereka juga merekomendasikan agar orang tua sebaiknya bertanya terlebih dulu pada dokter anak, sebelum memberi anak suplemen makanan apapun. 

Food and Drug Administration (FDA) juga menyarankan agar menghindari makan ikan dengan kadar merkuri tinggi, yaitu:

  • Ikan makarel.
  • Marlin.
  • Hiu.
  • Tuna mata besar.

Anak-anak membutuhkan omega-3 untuk pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi otak yang sehat. Minyak ikan dapat diberikan yang bersumber dari minyak ikan salmon. Namun, jika anak belum suka makan ikan, sebagai alternatif orang tua bisa memberikan suplemen omega-3.

Namun, ada baiknya bertanya pada dokter anak melalui aplikasi Halodoc terlebih dulu. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Should Kids Take Omega-3 Supplements?
NCBI. Diakses pada 2022. Prevalence of Diagnosed Sleep Disorders in Pediatric Primary Care Practices
Medical News Today. Diakses pada 2022. Are omega-3s safe for children?
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2021. Child Development Basics.
Healthline. Diakses pada 2021. Children’s Health Overview.
Nidolove.com. Diakses pada 2021. 10 Signs Of Healthy Growth In Kids.