• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Tanda-Tanda Anjing Mengalami Penurunan Penglihatan

Inilah Tanda-Tanda Anjing Mengalami Penurunan Penglihatan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Inilah Tanda-Tanda Anjing Mengalami Penurunan Penglihatan

Halodoc, Jakarta – Menjaga kesehatan anjing tentunya menjadi hal yang sangat penting bagi pemilik anjing. Namun, pertambahan usia yang terjadi terkadang membuat gangguan kesehatan pada anjing sulit dihindari, salah satunya adalah penurunan penglihatan. Selain pertambahan usia, ada beberapa penyebab yang dapat meningkatkan risiko alami penurunan penglihatan yang dapat mengakibatkan kebutaan.

Baca juga: 4 Tips Memilih Hewan Peliharaan untuk Anak

Bukan hanya memengaruhi kesehatan anjing, penurunan penglihatan yang terjadi juga dapat menurunkan kualitas hidup anjing. Untuk itu, tidak ada salahnya kenali beberapa tanda yang menandakan anjing kesayangan mengalami penurunan penglihatan agar kamu dapat melakukan perawatan yang tepat!

Inilah Tanda Penurunan Penglihatan pada Anjing

Hampir sama dengan penglihatan pada manusia, anjing pun dapat mengalami penurunan kualitas penglihatan akibat masalah usia. Namun, tidak seperti manusia, saat mengalami penurunan penglihatan anjing masih bisa mengandalkan indera penciuman dan pendengaran untuk melakukan aktivitas, meskipun tidak sebaik saat indera penglihatan dalam kondisi optimal.

Sebaiknya kenali beberapa tanda ketika anjing mengalami penurunan penglihatan. Hal ini membuat kamu dapat melakukan perawatan tepat pada anjing.

1.Perubahan Perilaku

Saat anjing mengalami penurunan penglihatan, terkadang anjing mengalami perubahan perilaku. Melansir American Kennel Club, anjing dapat terlihat lebih galak atau ofensif dalam upaya melindungi dirinya. Penurunan penglihatan yang terjadi menyebabkan anjing akan lebih bergantung pada pemiliknya. 

Anjing akan terlihat lebih nyaman ketika berada dekat dengan pemiliknya dan selalu ingin didampingi oleh pemilik. Ia akan mengikuti kemana saja pemiliknya bergerak di dalam rumah. Bahkan, anjing akan terlihat bingung dan cemas saat pemiliknya pergi. 

Selain itu, anjing akan terlihat lebih sering menabrak dinding atau kesulitan menemukan lokasi tempat makan atau minumnya. Anjing yang mengalami penurunan penglihatan akan lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur, enggan diajak keluar rumah, atau bermain. Anjing juga akan menghabiskan waktu dengan berdiam diri.

Baca juga: Manfaat Kesehatan Memiliki Hewan Peliharaan

2.Kondisi Mata Anjing

Selain memperhatikan perubahan perilaku yang terjadi pada anjing, kamu juga bisa memperhatikan kondisi mata anjing. Anjing yang mengalami gangguan penglihatan akan terlihat adanya perubahan pada mata, seperti warna pupil yang berubah, terlihat seperti keruh, pupil non simetris, hingga bagian mata yang kemerahan.

Segera gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter hewan ketika anjing terlihat kurang nyaman pada bagian matanya dan mengalami tanda penurunan penglihatan. Pendeteksian lebih dini tentunya dapat membantu kamu memberikan perawatan yang tepat pada anjing.

Penyebab Penurunan Penglihatan pada Anjing

Beberapa jenis anjing ras, seperti Dalmatians, German Shepherd, Chow-Chow, Basset Hounds, Chihuahua, Siberian Husky, Poodle, Collie, dan anjing bermoncong pendek atau datar nyatanya lebih rentan mengalami penurunan penglihatan. Kondisi ini sering terjadi akibat gangguan saat pembiakan. Selain itu, anjing rentan alami penurunan penglihatan akibat faktor usia. Semakin tua usia anjing, maka risiko penurunan kualitas penglihatan semakin besar.

Kondisi cedera atau trauma pada mata juga dapat menyebabkan seekor anjing mengalami penurunan kualitas penglihatan. Untuk itu, sangat penting memperhatikan kegiatan yang dilakukan oleh anjing agar terhindar dari cedera maupun trauma.

Tidak hanya itu, ada beberapa penyakit yang menyebabkan risiko penurunan penglihatan pada anjing, seperti diabetes, glaukoma, katarak, hingga sindrom degenerasi retina mendadak. 

Baca juga: Ketahui 7 Cara Tepat Merawat Anjing yang Sakit

Meskipun anjing mengalami penurunan penglihatan, bukan berarti anjing tidak bisa diajak untuk bersenang-senang. Anjing tetap membutuhkan perhatian dan kasih sayang dari pemilik. Untuk itu, jangan lupa tetap mengajak anjing bermain dengan berhati-hati. Pastikan lingkungan anjing bermain merupakan lingkungan yang aman.

Referensi:
American Kennel Club. Diakses pada 2020. Vision Loss in Senior Dogs: Symptoms and Management.
Dogs Naturally. Diakses pada 2020. Blindness in Dogs: Causes, Treatments, and Preventions.
Modern Dog. Diakses pada 2020. 5 Signs Your Dog’s Vision in Worsening.