Inkompatibilitas ABO Dapat Sebabkan 3 Komplikasi Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Inkompatibilitas ABO Dapat Sebabkan 3 Komplikasi Ini

Halodoc, Jakarta - Setiap manusia secara mempunyai golongan darah yang berbeda-beda. Golongan darah yang utama terbagi menjadi empat macam, yaitu A, B, AB, dan O. Seseorang dapat mengalami gangguan apabila menerima donor darah yang berbeda. Gangguan tersebut disebut juga dengan inkompatibilitas ABO.

Penyakit inkompatibilitas ABO adalah salah satu penyakit yang dapat menyebabkan penyakit kuning. Gangguan ini terjadi seperti misalnya seseorang dengan golongan darah O, tetapi menerima donor darah B. Hal ini juga dapat terjadi ketika golongan darah ibu dan bayi di dalam rahim berbeda. Jika terjadi, mungkin saja terjadi komplikasi.

Baca juga: Ini Alasan Inkompatibilitas ABO Bisa Picu Penyakit Kuning

Komplikasi yang Disebabkan Inkompatibilitas ABO

Inkompatibilitas ABO terjadi sebagai reaksi ketika kamu menerima jenis darah yang salah selama transfusi darah. Hal ini terbilang jarang terjadi, tetapi dapat menyebabkan gangguan yang serius dan berpotensi fatal. Maka dari itu, dokter harus memastikan darah yang diberikan sebelum transfusi.

Tipe darah yang utama terbagi menjadi A, B, AB, dan O. Pada tiap jenis darah memiliki protein tersendiri yang disebut dengan antigen. Sistem kekebalan tubuh kamu akan menghasilkan antibodi apabila antigen yang berbeda masuk ke tubuh. Sistem kekebalan tubuh akan menyerang sel darah baru dan menghancurkannya.

Seseorang yang memiliki golongan darah AB, berarti memiliki antigen A dan B. Artinya, orang dengan golongan darah darah AB dapat menjadi penerima dari semua jenis darah. Walau begitu, kamu hanya dapat menyumbangkan darah ke seseorang dengan golongan darah yang sama.

Untuk seseorang dengan golongan darah O, tipe tersebut tidak memiliki antigen. Jenis darah ini termasuk dalam donor darah universal. Orang dengan golongan darah ini dapat memberikan darah ke semua orang tanpa menyebabkan inkompatibilitas ABO. Tetapi, orang ini hanya dapat menerima darah tipe O.

Walaupun kemungkinannya kecil, hal ini mungkin saja terjadi. Apabila transfusi darah yang terjadi terlambat untuk diketahui, mungkin menyebabkan komplikasi dari inkompatibilitas ABO. Hal tersebut mungkin saja menyebabkan komplikasi yang berbahaya. Berikut adalah beberapa komplikasi yang dapat terjadi:

  1. Gagal Ginjal

Gagal ginjal adalah salah satu komplikasi yang dapat disebabkan oleh inkompatibilitas ABO. Gangguan ini terjadi ketika ginjal kamu rusak secara mendadak dan tidak dapat berfungsi. Gagal ginjal dapat menimbulkan cedera permanen dan berakibat fatal jika tidak cepat ditangani.

Baca juga: Penyebab Inkompatibilitas ABO yang Wajib Diketahui

  1. Tekanan Darah Rendah yang Butuh Perawatan Intensif

Inkompatibilitas ABO yang terjadi juga dapat menyebabkan tekanan darah rendah yang butuh perawatan intensif. Tekanan darah rendah tersebut dapat terjadi secara tiba-tiba. Gangguan ini dapat menyebabkan pusing yang parah. Pada pengidap inkompatibilitas ABO, tekanan darah rendah dapat sangat parah.

  1. Kematian

Seseorang juga dapat kehilangan nyawa disebabkan oleh inkompatibilitas ABO. Tidak sedikit kasus dari kesalahan transfusi darah ini menyebabkan kematian. Antigen yang berbeda masuk ke tubuh dapat membuat sistem kekebalan tubuh kamu panik dan menyerang semua antigen berbeda yang masuk ke tubuh.

Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal gangguan ini, dokter dari Halodoc dapat membantu kamu untuk memastikannya. Komunikasi dengan dokter dapat dengan mudah dilakukan kapan dan di mana saja. Praktis bukan? Ayo, download aplikasinya sekarang!

Baca juga: Cara Atasi Inkompatibilitas Abo Berdasarkan Gejalanya