• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inlay KAMRA Bisa Sembuhkan Presbiopi, Ini Penjelasan Medisnya

Inlay KAMRA Bisa Sembuhkan Presbiopi, Ini Penjelasan Medisnya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Inlay KAMRA Bisa Sembuhkan Presbiopi, Ini Penjelasan Medisnya

Halodoc, Jakarta - Mengenakan kacamata baca rasanya memang tidak menyenangkan. Namun, sayangnya sebagian besar orang mengalami kebutuhan kacamata baca setelah mencapai usia awal 40-an. Itulah yang terjadi ketika memiliki ‘mata tua’ atau presbiopi

Perubahan kondisi mata terkait usia ini terjadi di dalam protein di lensa, yang membuat lensa lebih keras dan kurang elastis seiring waktu. Pasalnya, dengan perawatan inlay KAMRA, penglihatan membaca pada pengidap presbiopi akan kembali meningkat. Bagaimana cara perawatan ini?

Baca Juga: Katarak Mengincar, Mulai Jaga Kesehatan Mata

Bagaimana Inlay KAMRA Bekerja Sembuhkan Presbiopi?

Inlay KAMRA dirancang untuk mengurangi atau menghilangkan kebutuhan kacamata bada pada orang-orang berusia antara 45-60 tahun. Terutama yang memiliki masalah penglihatan jarak jauh yang baik tanpa kacamata, tapi memiliki masalah melihat dari dekat karena presbiopi. 

Inlay KAMRA berukuran sangat kecil dan tipis, hanya berdiameter 3,8 milimeter (sekitar seperempat ukuran lensa kontak lunak) dan tebal 6 mikron. Inlay memiliki cincin luar buram dan bukaan tengah kecil (diameter 1,6 mm).

Saat ditanamkan ke kornea, KAMRA diposisikan sehingga bukaan tengah tepat di depan pupil mata. Hal ini memperluas jangkauan penglihatan yang jelas untuk melihat objek yang dekat dalam fokus yang lebih tajam. Selain itu, alat ini mampu mempertahankan jarak pandang yang jelas. 

Proses pemasangan inlay KAMRA membutuhkan waktu kurang dari 15 menit dan dapat dilakukan di rumah sakit atau klinik spesialis bedah mata. Waktu penyembuhan mungkin berbeda pada setiap orang, dan yang membuat pengobatan ini nyaman karena tidak ada jahitan. 

Baca Juga: Tidak Hanya Menyerang Orang Tua Rabun Jauh juga Dapat Dialami Oleh Anak

Adakah Risiko Pengobatan Inlay KAMRA?

Inlay KAMRA belum digunakan secara universal oleh dokter mata. Meskipun menanamkan inlay KAMRA adalah prosedur dengan bantuan laser, yang dilakukan dengan presisi oleh komputer, namun terdapat risiko yang berkaitan dengan cara penyembuhan mata di sekitar KAMRA. 

Perlu diketahui, beberapa tubuh pengidap memperlakukan inlay KAMRA seperti zat invasif, yang pada taraf tertentu, sistem pelindung tubuh bekerja secara berlebihan. Dokter biasanya menanamkan tatahan inlay KAMRA ke dalam kantung stoma untuk mengurangi kemungkinan risiko pada sebagian besar pasien. 

Perlu diwaspadai, ada bahaya kehilangan penglihatan jika pengidap memilih untuk melepas tatahan inlay KAMRA. Hingga saat ini, belum banyak penelitian tentang kepuasan pengobatan ini, sehingga beberapa dokter masih enggan merekomendasikan pengobatan inlay KAMRA.

Selain itu, inlay KAMRA tidak dirancang untuk penderita katarak atau pengidap yang menginginkan lensa intraokular multifokal. Ini berarti jumlah orang yang dapat menerima inlay KAMRA pun sangat sendikit. Kemungkinan besar mereka memerlukan koreksi penglihatan lebih lanjut jika mengalami katarak setelah pemasangan inlay.

Baca Juga: Kenali Gejala Presbiopi, Penyakit Mata yang Bikin Enggak Fokus

Inlay KAMRA Memiliki Batasan

Penanaman inlay KAMRA mungkin masih mengharuskan pengidap menggunakan kacamata baca. Kacamata tidak diperlukan setiap saat, kecuali jika dayanya masih rendah. Faktor usia dan gaya hidup mempengaruhi seseorang apakah harus tetap memerlukan kacamata meski sudah memasang inlay KAMRA. 

Perlu diketahui, inlay KAMRA bukan dimaksudkan sebagai solusi untuk masalah penglihatan. Karena itulah, dokter tidak merekomendasikan pengobatan ini bagi pengidap yang harus bekerja atau menggunakan mata untuk membaca teks untuk waktu lama. Sehingga harus disadari bahwa meskipun pengobatan ini dilakukan, beberapa orang mungkin masih memerlukan kacamata baca pada waktu tertentu. 

Inlay KAMRA biasanya diberikan pada pengidap yang lebih tua, yang cenderung mengalami masalah mata kering karena usia. Mata kering akan menjadi lebih buruk dengan penyembuhan pasca operasi yang dibutuhkan oleh implantasi inlay KAMRA. Kondisinya akan menimbulkan ketidaknyamanan. 

Sebelum tergiur untuk melakukan pengobatan untuk mengatasi presbiopi, sebaiknya diskusikan terlebih dulu pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu dapat membuat janji dengan dokter di rumah sakit melalui aplikasi Halodoc. Pemeriksaan mata secara langsung mungkin lebih efektif untuk diagnosis. 

Referensi:
All About Vision. Diakses pada 2021. Kamra inlay and corneal implants for presbyopia
Insight Eye Clinic. Diakses pada 2021. KAMRA Inlays for Presbyopia
Nvision. Diakses pada 2021. KAMRA INLAY: PROS, CONS, COSTS & MORE