• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Intip 5 Cara Merawat Kuku agar Tidak Mudah Patah

Intip 5 Cara Merawat Kuku agar Tidak Mudah Patah

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Memiliki kuku jari yang lentik sudah pasti jadi idaman para wanita. Terlebih jika dipercantik dengan riasan atau nail art, yang memang menjadi salah satu tren kecantikan. Namun, tahukah kamu kalau kuku terlalu sering diwarnai bisa membuatnya jadi rapuh. Alhasil, saat tidak dilakukan pewarnaan, kuku asli jadi terlihat kusam dan tidak sehat.

Kuku jari terbuat dari lapisan protein yang disebut keratin, sementara ketebalan dan kekuatan kuku merupakan suatu hal yang diwariskan. Ada sebagian orang yang kukunya memang rapuh dan mudah patah, tapi ada pula yang memiliki kuku sehat serta kuat. Nah, saat kuku patah, maka terjadi pemisahan atau pemecahan lapisan protein dalam kuku tersebut.

Tips Merawat Kuku agar Tidak Mudah Patah

Kondisi kuku yang mudah patah ini bisa menjadi pertanda  penyakit atau gangguan kesehatan tertentu. Penyebabnya beragam, salah satunya adalah aplikasi cat kuku. Selain itu, penyebab lainnya adalah:

  • Sering mencuci tangan dengan menggunakan air hangat;
  • Kuku terlalu sering terpapar bahan kimia seperti kuteks;
  • Cedera yang berulang-ulang pada ujung kuku;
  • Kuku sering terpapar detergen yang menggunakan bahan kimia yang keras;
  • Tidak mengeringkan dengan benar kuku yang basah.  

Jadi, solusi terhadap masalah kuku rapuh dengan menghentikan kebiasaan-kebiasaan tersebut. Selain itu, berikut ini cara untuk membantu menyehatkan dan menguatkan kuku tangan, yaitu:

1. Oleskan Minyak Zaitun

Buat kamu yang ingin memanjangkan kuku tapi terhalang dengan kondisi kuku yang rapuh, coba gunakan minyak zaitun. Bahan alami ini mengandung zat yang bermanfaat untuk menguatkan kuku dan melembutkan kutikula. Caranya, bersihkan tangan terlebih dahulu dan keringkan. Kemudian, oleskan minyak zaitun di kuku dan area sekitarnya. Pijat perlahan untuk melancarkan aliran darah dan agar nutrisi terserap dengan baik.

Baca juga: Ini Cara Ampuh Atasi Jamur Kuku

2. Gunakan Growth Serum

Sekarang, kamu tidak sulit lagi mendapatkan serum untuk menunjang kesehatan kuku, salah satunya growth serum. Kamu bisa mengoleskan growth serum pada permukaan kuku dan bagian kutikula setiap pagi agar kuku lebih kuat, tidak mudah patah, dan menstimulasi proses pertumbuhan kuku.

3. Jaga Kuku agar Tetap Pendek

Dilansir dari laman Everyday Health, kuku yang pendek, rapi, dan terjaga kebersihannya juga berperan dalam kekuatan kuku itu sendiri. Memotong kuku secara teratur tidak hanya membuat kuku jadi tetap sehat, namun juga menghindarkan kuku dari risiko patah. Nah, caranya agar hasil lebih maksimal dengan menggunakan kikir kuku secara perlahan. 

4. Jangan Mewarnai Kuku untuk Sementara

Sementara itu, laman Healthline menyatakan bahwa cat kuku mengandung unsur-unsur kimia yang keras dan bisa merusak kuku. Kamu disarankan untuk tidak terlalu sering mewarnai kuku. Selain kuteks, penggunaan aseton atau cairan penghapus kuteks juga perlu dihindari.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Cantengan Juga Butuh Operasi

Pasalnya, cairan ini bisa menyebabkan kuku menguning dan kusam. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti air lemon dan sari cuka apel untuk menghapus kuteks atau membersihkan kuku. 

5. Gunakan Pelembap Kuku

Salah satu penyebab kuku mudah patah adalah keadaan kuku yang kering. Jadi, cara untuk mengatasinya dengan menggunakan pelembap kuku. Dikutip dari WebMD, Margaret Ravits, dokter kulit dari Hackensack University Medical Center menyarankan kamu yang memiliki kuku yang rapuh untuk menggunakan pelembap kuku pada permukaan kuku secara rutin. Pelembap kuku bisa melembapkan dan mengurangi timbulnya retak dan pecah pada ujung dan permukaan kuku.

Baca juga: Intip Cara untuk Percantik Kuku

Sebenarnya, ada juga lho masalah yang berkaitan dengan kuku, misalkan infeksi jamur pada kuku. Kalau kamu mengalaminya, langsung tanyakan saja pada dokter melalui aplikasi Halodoc, karena sekarang chat dengan dokter bisa lewat ponsel kapan saja dan di mana saja. Bahkan, kamu bisa lebih mudah berobat ke rumah sakit dengan aplikasi Halodoc.

 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2020. 15 Tips for Stronger Nails.
Everyday Health. Diakses pada 2020. 8 Ways to Keep Your Nails Healthy.
WebMD. Diakses pada 2020. A Dozen Tips for More Beautiful Nails.