Jangan Anggap Remeh, Cantengan Juga Butuh Operasi

Jangan Anggap Remeh, Cantengan Juga Butuh Operasi

Halodoc, Jakarta - Cantengan adalah sebuah gangguan yang terjadi ketika kuku jari kaki yang tumbuh ke dalam (onychocryptosis). Kondisi ini disebabkan oleh tekanan dari tumbuhnya tepi kuku ke kulit jari kaki. Setelah ujung kuku menembus kulit, hal tersebut akan menghasilkan peradangan.

Awalnya, kondisi ini muncul sebagai ketidaknyamanan kecil. Setelah itu, dapat berkembang menjadi infeksi pada kulit yang berdekatan dan/atau menjadi masalah yang berulang. Kuku kaki yang tumbuh ke dalam paling sering memengaruhi jari kaki yang paling besar atau jempol kaki.

Cantengan bisa disebabkan oleh trauma, memotong kuku terlalu pendek, sepatu yang ketat, atau juga bersifat turun-temurun. Gejalanya meliputi rasa sakit, kemerahan pada jari kuku, dan pada kasus yang parah, drainase, dan infeksi dapat berkembang.

Beberapa obat rumahan, seperti merendam kaki dengan garam Epsom dan salep antibiotik topikal dapat membantu meringankan gejala dari cantengan. Jika rasa sakit berlanjut atau jika ada tanda-tanda infeksi, pengidapnya harus mengunjungi ahli penyakit kaki untuk menghilangkannya dengan cara operasi.

Baca Juga : Jangan Biarkan Cantengan Kalau Tak Mau Dioperasi

Operasi Cantengan

Operasi cantengan atau kuku yang tumbuh ke dalam adalah prosedur yang dilakukan di rumah sakit dengan menggunakan anestesi lokal. Umumnya, operasi cantengan dilakukan apabila seseorang mengalami kondisi, seperti:

  • Obat rumahan tidak menyelesaikan cantengan yang terjadi.

  • Kamu mengalami cantengan yang berulang.

  • Kamu memiliki kondisi lain, seperti diabetes yang membuat komplikasi lebih mungkin terjadi.

Untuk siap menjalankan operasi, dokter akan terlebih dahulu akan membersihkan dan memati rasakan jari kaki kamu dengan suntikan anestesi. Dua suntikan akan diberikan di pangkal jari kaki dan setelah 10 hingga 15 menit, jari kaki akan mati rasa. Hal ini bisa terasa sangat tidak nyaman.

Pita elastis yang nyaman dapat diterapkan pada area di dekat tempat jari kaki kamu. Dokter mungkin akan menaruh ganjalan di bawah kuku kamu untuk menahan bagian yang tumbuh ke dalam.

Setelah kamu siap, dokter akan menggunakan gunting dan alat khusus untuk memisahkan kuku kaki kamu dengan membuat potongan vertikal dari sisi yang tumbuh ke bawah hingga ke kutikula. Dokter kemudian akan menghapus bagian yang harus dipotong. Jika perlu, seluruh kuku bisa dilepas, terutama jika kedua sisi kuku kamu mengalami cantengan.

Dokter akan menggunakan alat listrik panas yang disebut kauterisasi atau larutan asam seperti fenol atau asam trikloroasetat untuk mengganggu matriks tempat kuku tumbuh. Cara ini akan menghentikan kuku kamu dari pendarahan.

Hal ini juga berarti bagian kuku kamu kemungkinan tidak akan tumbuh kembali. Jika memang tumbuh kembali, kuku kamu mungkin terlihat berbeda dari sebelum operasi. Terakhir, dokter akan membalut bagian tersebut dengan minyak jeli pada bagian kaki yang dioperasi.

Baca Juga : Begini Cara Mengatasi Cantengan di Rumah

Pemulihan Pasca Operasi Cantengan

Pada hari dilakukannya operasi cantengan, seseorang yang mengalami gangguan tersebut akan direkomendasikan untuk berada di rumah dan tidak diperbolehkan untuk menggunakan kakinya seharian. Semakin banyak kaki tidak digunakan, semakin sedikit drainase dan pembengkakan yang terjadi.

Pada malam hari setelah operasi cantengan dilakukan, kamu dapat melepas perban yang masih melekat dan mandi secara normal. Selain itu, kamu dapat merendam kaki dengan garam Epsom selama lima menit sekali atau dua kali dalam sehari. Hal tersebut dapat membantu untuk mengurangi kemerahan dan pembengkakan setelah operasi cantengan tersebut.

Salep antibiotik topikal akan diresepkan pasca operasi cantengan, diterapkan ke kuku setiap hari dan ditutup dengan bantuan perban hingga dua minggu setelah operasi cantengan dilakukan. Sepatu dan aktivitas normal biasanya dapat dilanjutkan satu atau dua hari setelah operasi cantengan terjadi.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kuku Cantengan

Itulah pembahasan tentang operasi cantengan. Jika kamu ingin melakukan operasi cantengan, kamu dapat membuat janji temu dengan beberapa rumah sakit melalui Halodoc. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!