Intip 5 Tips Sukses Ajarkan Anak Berhitung

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
berhitung

Halodoc, Jakarta – Berhitung adalah salah satu pembelajaran yang penting untuk diajarkan pada anak. Ibu tidak perlu menunggu anak sampai memasuki usia sekolah, baru mengajarinya berhitung.

Menurut Robin Goldstein, Ph.D, dalam bukunya yang berjudul Buku Pintar Orang Tua, sejak seorang anak berusia 3 tahun, ia sudah bisa diperkenalkan pada angka-angka dan diajarkan berhitung dalam jumlah yang sederhana. Mengajarkan anak berhitung tidak sulit kok, bu. Asal dilakukan dengan cara yang menyenangkan, Si Kecil pasti akan langsung bisa berhitung. Berikut tips-tips sukses ajarkan anak berhitung:

1. Kenalkan Angka 1 Saat Ulang Tahun Pertama Anak

Salah satu cara menarik yang bisa ibu coba untuk mengajarkan anak berhitung adalah dengan memanfaatkan momen ulang tahun pertama Si Kecil untuk memperkenalkan angka 1 padanya. Ibu bisa menunjukkan lilin angka 1 yang ada di atas kuenya sambil memberitahu Si Kecil bahwa itu adalah angka 1. Kemudian, secara perlahan-lahan, kenalkan juga pada  Si Kecil angka 2, 3, 4, dan seterusnya.

2. Ajak Anak Menghitung Makanan

Bahkan waktu sedang menyuapi Si Kecil makan pun, ibu bisa sambil mengajarinya berhitung. Misalnya, ketika Si Kecil sedang makan kacang polong, ajak Si Kecil menghitung kacang tersebut bersama-sama. “Kacang polongnya ada berapa? Yuk, kita hitung bersama-sama. 1…2…3…” Begitu juga ketika Si Kecil sedang ngemil biskuit kesukaannya.

Baca juga: 5 Cara Mengajari Anak Suka Matematika

3. Bantu Ibu Membereskan Buah di Dalam Kulkas

Saat ibu membuka kulkas, biasanya anak yang masih balita senang sekali mengacak-acak isi kulkas, terutama bila melihat buah-buahan. Hal ini karena bentuk buah yang bulat dan berwarna menarik sangat menarik di mata Si Kecil. Jadi, daripada mengacak-acak buah-buahan yang ada di kulkas, gunakan saja kesempatan tersebut untuk mengajarkan anak berhitung. Ibu bisa mengajaknya untuk berhitung tomat, jeruk, apel, dan lain-lain.

4. Bernyanyi Sambil Berhitung

Ibu tentunya tahu lagu “Satu Satu Aku Sayang Ibu” kan? Nah, gunakan lagu tersebut untuk mengajarkan anak berhitung. Saat bernyanyi, pakailah jari ibu untuk memperagakan huruf 1, 2, dan 3, agar Si Kecil dapat mudah mengingat angka tersebut. Bila anak sudah berusia lebih besar, ibu bisa menggunakan lagu “Balonku Ada Lima” untuk melatih logikanya dalam mengurangi angka. Selain lagu berbahasa Indonesia, ibu juga bisa mencari lagu berhitung untuk anak-anak dalam bahasa Inggris. Hal ini sekaligus juga bisa menjadi cara untuk mengenalkan bahasa Inggris pada anak.

Baca juga: 5 Manfaat Belajar Bahasa Asing untuk Anak

5. Gunakan Gadget

Kecanggihan teknologi tidak selalu memberikan dampak negatif. Namun, bisa juga digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat, seperti mengajarkan anak berhitung. Sekarang ini sudah banyak aplikasi-aplikasi games untuk membantu anak belajar berhitung dengan visual yang lebih menarik. Si Kecil pasti akan langsung tertarik dan dapat lebih mudah mengingat angka dan berhitung. Namun, ibu sebaiknya juga membatasi waktu bermain gadget untuk anak serta hanya mengunduh aplikasi yang edukatif saja bagi Si Kecil.

Baca juga: Anak-Anak Sering Main Game? Hati-hati 7 Dampak Ini

Ingat, jangan mengajarkan berhitung pada anak dengan cara yang sulit dan membosankan. Jangan juga memarahi anak bila ia belum mampu berhitung atau membutuhkan waktu yang lama untuk mengingat angka. Bagaimanapun juga, metode pengajaran orangtua yang akan menentukan keberhasilan seorang anak menguasai hitung menghitung.   

Bila Si Kecil sakit dan ibu butuh saran dokter, jangan ragu untuk gunakan aplikasi Halodoc. Ibu bisa bertanya pada dokter dan minta saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.