Pentingnya Istirahat Sebelum Kembali Bekerja Pasca Libur Panjang

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Hidup Sehat

Halodoc, Jakarta - Setelah libur panjang, kembali ke kantor menjadi sangat menyulitkan. Muncul rasa malas dan enggan untuk beraktivitas. Justru keinginan untuk libur lebih lama yang muncul. Bahkan, tidak sedikit yang sulit menerima kenyataan bahwa pekerjaan menumpuk sudah menunggu.

Memang sebenarnya mengatur istirahat sebelum benar-benar kembali ke kantor setelah libur panjang perlu dilakukan. Jika kamu pergi berlibur keluar kota atau luar negeri, usahakan agar kembali dari liburan sehari sebelum mulai masuk kerja. Setidaknya sehari atau dua hari sebelum kamu kembali masuk ke kantor. Dengan begitu, kamu bisa beristirahat setelah berlibur untuk menyiapkan pikiran dan tubuh kamu dalam menghadapi pekerjaan di kantor.

Jadwal kerja awal yang tidak terlalu panjang, akan membuat kamu lebih santai dan merasa tidak terlalu terbebani saat kembali bekerja. Karena perasaan penuh beban ini yang dapat membunuh produktivitas kamu secara perlahan menurun.

Baca juga: Agar Tetap Sehat dan Panjang Umur, Lakukan Hal Ini Saat Liburan

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan, supaya kamu tidak shock saat masuk kantor setelah libur panjang.

1. Munculkan Perasaan Segar dan Bahagia

Kamu tentu lebih menikmati suasana santai liburan, bersantai di pinggir pantai, atau bangun tidur seenaknya. Semua hal tersebut tidak perlu terburu-buru untuk dikerjakan dengan segera. Tidak ada batas waktu, target, dan permintaan ini-itu dari klien atau atasan. Sebaiknya kamu tidak terlalu fokus pada liburan yang telah berakhir.

Fokuskan pada manfaat yang kamu rasakan dari liburan. Misalnya tidur malam yang penuh dan istirahat mental saat liburan, justru dapat digunakan sebagai energi tambahan yang bisa “membakar” semangat, kreativitas, serta produktivitas kamu.

2. Memanjakan Diri

Apabila fokus pada manfaat liburan yang kamu jalani tidak membantu, cobalah untuk memanjakan diri sebelum berangkat ke kantor. Nikmati satu cangkir cokelat panas favorit saat sarapan atau mandi berendam dengan air hangat. Kamu juga dapat mengenakan pakaian atau benda lain yang baru kamu beli saat berlibur dan apapun yang bisa membuat suasana hati kamu lebih bersemangat.

Baca juga: Ini 5 Alasan Pentingnya Liburan Bagi Kesehatan

3. Datang Ke Kantor Lebih Awal

Cobalah untuk merencanakan datang satu jam lebih awal dari jam kerja. Biasanya, datang lebih awal pada hari pertama kerja tidak diantisipasi banyak orang. Cara ini sangat baik apabila kamu datang lebih awal saat masuk kerja setelah liburan. Dengan begitu, kamu bisa mengerjakan pekerjaan yang tertunda sebelumnya saat liburan.

4. Jangan “Overcommit”

Kembali saat minggu awal ke kantor akan membuat kamu sibuk. Untuk itu, sebaiknya jangan overcommit terhadap pertemuan atau proyek-proyek baru. Apabila kamu mencoba menjejalkan terlalu banyak hal dalam minggu pertama yang sudah sibuk, kamu berpotensi mengecewakan banyak orang.

Saat menindaklanjuti proyek dengan klien atau rekan kerja, usahakan untuk menjadwalkan pertemuan minggu berikutnya. Dengan memberikan diri kamu waktu tambahan untuk mempersiapkan semua pekerjaan, kamu dapat memegang kendali lebih. Selain itu, kamu juga memiliki pilihan untuk menyelesaikan tugas lebih awal dari yang kamu janjikan.

Baca juga: 4 Tanda Harus Cuti Kerja Sekarang Juga

Jika kamu mengalami gangguan kesehatan setelah pulang berlibur panjang, kamu bisa mengomunikasikannya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Diskusi dengan dokter di Halodoc dapat dilakukan via Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Saran dokter dapat diterima dengan praktis dengan cara download aplikasi Halodoc di Google.