17 October 2018

Ini 5 Alasan Pentingnya Liburan Bagi Kesehatan

Ini 5 Alasan Pentingnya Liburan Bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta - Saat merasa penat dengan rutinitas, kebanyakan orang mungkin akan berpikir untuk berlibur. Selain bisa membantu menyegarkan kembali pikiran, liburan juga ternyata dapat membawa banyak manfaat bagi kesehatan, lho. Berikut beberapa manfaat liburan bagi kesehatan:

1. Menurunkan Risiko Depresi

Rutinitas sehari-hari terkadang tidak hanya akan memunculkan kelelahan secara fisik, tetapi juga mental. Stres yang berujung pada depresi menjadi masalah yang umum terjadi pada mereka yang mengalami kelelahan dengan rutinitas sehari-hari, dan jarang memiliki kesempatan untuk liburan.

Hal ini pun dibuktikan melalui penelitian di Wisconsin, yang menemukan bahwa risiko depresi yang lebih tinggi ditemukan pada orang yang melakukan liburan kurang dari dua tahun sekali. Penelitian lain yang juga mendukung hal ini datang dari Universitas Pittsburgh, yang menghasilkan penemuan bahwa melakukan kegiatan rekreasi dan liburan secara signifikan dapat meningkatkan emosi positif seseorang.

2. Meningkatkan Sistem Imun

Selain kesehatan mental, liburan juga baik untuk kesehatan fisik. Salah satunya adalah meningkatkan sistem imunitas atau daya tahan tubuh. Prof. Fulvio D’Acquisto, seorang peneliti dalam bidang imunitas, pun berpendapat bahwa suatu lingkungan yang baru dan menyenangkan dapat menstimulasi sistem imun untuk bekerja lebih baik.

Kesimpulan tersebut diperolehnya dari hasil eksperimen terhadap tikus, yang menunjukkan bahwa lingkungan yang menyenangkan dapat meningkatkan kadar sel darah putih, yang berguna untuk melindungi tubuh dari infeksi virus dan bakteri penyebab penyakit. Ia juga berpendapat bahwa selain mengonsumsi obat, mengganti suasana lingkungan saat sedang sakit dapat membantu proses penyembuhan menjadi lebih cepat.

3. Mencegah Penyakit Kardiovaskuler

Percaya tidak kalau liburan dapat membantu kamu terhindari dari berbagai risiko penyakit kardiovaskuler? Berbagai penelitian ternyata telah membuktikannya, lho. Salah satunya adalah yang dilakukan oleh Framingham Heart Study.

Penelitian yang dilakukan para peneliti di sana melakukan penelitian yang menghasilkan kesimpulan bahwa orang yang berlibur secara rutin memiliki risiko yang lebih kecil untuk terserang penyakit jantung koroner atau penyakit kardiovaskuler lainnya. Hal ini dikarenakan liburan dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi yang dipicu oleh stres.

4. Menjaga Bentuk Badan Ideal

Bagi orang yang lebih suka memilih liburan yang banyak melibatkan aktivitas fisik, seperti naik gunung, momen liburan dapat menjadi saat yang tepat untuk membuat tubuh menjadi lebih bugar. Jika dilakukan secara rutin, liburan semacam ini pun bisa menjadi cara olahraga yang menyenangkan, untuk membuat dan menjaga bentuk tubuh agar tetap ideal.

5. Waktu untuk Istirahat Maksimal

Kata siapa waktu liburan harus dihabiskan dengan bepergian? Berdiam dan menenangkan diri di rumah dengan menyediakan waktu sebanyak-banyaknya untuk diri sendiri pun juga bisa disebut sebagai liburan, lho. Terutama bagi kamu yang selama ini memiliki segudang aktivitas yang menyita waktu tidur. Liburan dapat menjadi saat yang tepat untuk tidur dan beristirahat sepuasnya. Bagi kamu yang ingin mencari suasana baru, staycation, atau liburan ke tempat-tempat yang bagus untuk beristirahat dapat menjadi pilihan.

Itulah beberapa manfaat liburan bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Jika kamu mengalami masalah kesehatan, jangan ragu untuk menggunakan fitur Contact Doctor pada aplikasi Halodoc, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan dapat dilakukan lewat Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat secara online, kapan dan di mana saja, hanya dengan men-download aplikasi Halodoc di Apps Store atau Google Play.

Baca juga: