• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Ceroboh, Ini Cara Mengeluarkan Semut dari Telinga
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Ceroboh, Ini Cara Mengeluarkan Semut dari Telinga

Jangan Ceroboh, Ini Cara Mengeluarkan Semut dari Telinga

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 26 November 2021
Jangan Ceroboh, Ini Cara Mengeluarkan Semut dari Telinga

“Semut bisa masuk ke dalam telinga dan tetap hidup di dalam sana. Selain mengganggu, hal ini juga bisa menyebabkan komplikasi. Namun, tidak perlu panik, karena ada beberapa cara mengeluarkan semut dari telinga yang bisa dilakukan. Ingat, jangan memasukkan benda lain ke dalam kuping untuk mengeluarkan semut, karena hal itu bisa mendorong serangga tersebut jauh ke dalam telinga.”

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu mendengar cerita tentang seseorang yang telinganya dimasuki oleh serangga? Meskipun jarang terjadi, tetapi semut bisa masuk ke dalam telinga kamu saat kamu tidur di luar ruangan. Misalnya, seperti ketika kamu sedang berkemah.

Bila semut masuk ke dalam telinga, ada kemungkinan ia langsung mati atau bisa juga ia tetap hidup dan terus bergerak-gerak di dalam. Hal itu tentu menyebalkan dan bisa membuat kamu tidak nyaman. Meskipun pada kebanyakan kasus, semut yang masuk ke telinga tidak akan menyebabkan masalah yang signifikan, tetapi kadang-kadang kondisi tersebut bisa mengakibatkan komplikasi. Oleh karena itu, ketahui cara mengeluarkan semut dari telinga di sini.

Gejala Telinga Kemasukan Semut

Dalam beberapa kasus, seseorang mungkin saja tidak menyadari ada semut yang sudah memasukki telinganya, dan mungkin baru mengalami gejala di kemudian hari. Gejala yang paling umum ketika telinga kemasukan semut adalah rasa sakit dan tidak nyaman.

Telinga luar dan sisi luar gendang telinga memiliki beberapa saraf kranial yang menyampaikan informasi ke otak. Benda asing, seperti semut bisa mengiritasi saraf ini. Selain itu, semut yang masih hidup dan bergerak juga bisa menyebabkan sensasi aneh di dalam telinga. Serangga kecil tersebut mungkin juga bisa menggigit yang bisa membuat telinga kamu terasa sakit. 

Gejala lainnya yang juga bisa terjadi ketika semut masuk ke telinga, antara lain:

  • Telinga terasa penuh;
  • Pembengkakan;
  • Keluar darah atau nanah dari telinga;
  • Gangguan pendengaran.

Cara Mengeluarkan Semut dari Telinga

Penting untuk tetap tenang ketika berusaha mengeluarkan semut dari telinga. Meskipun adanya semut di telinga mengganggu dan mengkhawatirkan, tetapi panik dan cemas malah akan membuat situasi menjadi lebih sulit.

Berikut ini cara mengeluarkan semut dari telinga yang bisa kamu lakukan:

  • Miringkan kepala kamu ke sisi yang sakit (telinga yang kemasukan semut berada di bawah) dan goyangkan kepal dengan lembut untuk mengeluarkan serangga tersebut. Jangan memukul-mukul telinga, karena hal ini malah bisa menyebabkan masalah tambahan.
  • Bila semut masih belum keluar, coba tuangkan minyak zaitun atau baby oil ke dalam telinga untuk mengusirnya. Minyak yang dituang sebaiknya hangat, tetapi jangan panas. Jangan gunakan minyak untuk menghilangkan benda asing di dalam telinga selain serangga. 
  • Cara lainnya untuk mengeluarkan semut dari telinga adalah dengan menuangkan minyak sayur ke telinga untuk membuatnya mati lemas. Setelah itu, cobalah untuk mengeluarkan semut dengan menggunakan air hangat.
  • Hindari mengorek telinga dengan kapas atau benda lain ke dalam telinga. Hal ini bisa mendorong semut lebih jauh ke gendang telinga yang berpotensi menyebabkan cedera dan gangguan pendengaran.

Bila hal ini dialami oleh anak dengan riwayat masalah telinga, termasuk infeksi berulang, tabung tympanostomy, atau gendang telinga berlubang, cara terbaik untuk mengeluarkan semut dari telinga adalah dengan menemui dokter sesegera mungkin, daripada mencoba mengeluarkannya di rumah.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Ketika ingin mencoba mengeluarkan semut dari telinga, penting untuk tidak memasukkan apa pun ke dalam telinga, seperti cotton bud atau alat korek kuping. Selain bisa mendorong serangga lebih jauh ke dalam, hal itu juga bisa menyebabkan masalah jangka panjang. 

Sebuah penelitian sudah menunjukkan bahwa berbagai komplikasi lebih mungkin terjadi ketika orang yang mencoba mengeluarkan sesuatu dari telinga mereka secara sembarangan. Komplikasi yang bisa terjadi, antara lain luka dan memar pada saluran telinga luar, serta gendang telinga yang pecah.

Bila cara mengeluarkan semut dari telinga di atas tidak berhasil, dan telinga kamu terus terasa sakit, ada cairan keluar dari saluran telinga, dan pendengaran mulai berkurang, segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan medis. Kamu bisa berobat ke dokter dengan buat janji di rumah sakit pilihan kamu melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya segera di Apps Store dan Google Play.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. How to get a bug out of your ear.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Foreign object in the ear: First aid