• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Dilewatkan, Ini Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Dilewatkan, Ini Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

Jangan Dilewatkan, Ini Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 30 Maret 2022

“Konsumsi air putih di pagi hari ketika perut masih kosong dapat membantu rehidrasi tubuh selama jam tidur. Beberapa manfaat minum air putih di pagi hari yaitu membantu menurunkan berat badan, menyehatkan mental, hingga menyehatkan kulit.”

Jangan Dilewatkan, Ini Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

Halodoc, Jakarta –  Ketika kebutuhan air di dalam tubuh tidak terpenuhi, kondisi tersebut bisa memicu terjadinya dehidrasi. Maka penting untuk selalu memenuhi kebutuhan air minum harian, terutama saat bangun tidur di pagi hari. Di dalam tubuh, air mengangkut nutrisi ke sel, mengatur suhu tubuh, dan melumasi sendi. Minum air putih di pagi hari adalah salah satu pola hidup sehat yang direkomendasikan untuk kesehatan tubuh. 

Minum air putih di pagi hari saat perut masih kosong sangat membantu rehidrasi tubuh. Sebab urine cenderung berwarna gelap di pagi hari. Artinya selama tidur hingga bangun tubuh kurang asupan cairan, karena kurangnya hidrasi selama jam tidur. 

Berikut ini berbagai manfaat minum air putih di pagi hari:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Beberapa orang percaya bahwa minum air putih di pagi hari dapat membantu menurunkan berat badan. Hal tersebut disebabkan oleh efek termogeniknya, yang mengacu pada energi yang dibutuhkan untuk menghangatkan air dingin di saluran pencernaan setelah dikonsumsi. 

Studi menunjukkan bahwa termogenesis yang diinduksi air memiliki potensi untuk meningkatkan tingkat metabolisme tubuh sebesar 24-30 persen pada orang dewasa. Efeknya berlangsung sekitar 60 menit. Meskipun klaim ini tampaknya didukung oleh penelitian ilmiah, tapi belum ada bukti yang menunjukkan bahwa efek ini terbatas pada air putih yang dikonsumsi pertama kali di pagi hari.  

2. Baik untuk Kinerja Mental

Air dapat berdampak pada kognisi dan kinerja mental. Bahkan dehidrasi ringan memiliki efek buruk pada kognisi. Melansir Medical News Today, sebuah tinjauan tahun 2019 melihat efek hidrasi pada kinerja kognitif. Ditemukan bahwa ada tren peningkatan kinerja mental pada peserta studi yang sebelumnya mengalami dehidrasi. Namun, para peneliti mencatat bahwa hasilnya tidak signifikan secara statistik.

3. Meningkatkan Suasana Hati 

Minum air juga memiliki efek positif pada suasana hati seseorang. Sebuah studi juga menemukan bahwa dehidrasi memengaruhi suasana hati secara negatif. Sementara rehidrasi meningkatkan suasana hati dan mengurangi gejala kelelahan. Oleh sebab itu, cukupilah kebutuhan cairan tubuh agar suasana hati selalu dalam kondisi baik. 

4. Menyehatkan Kulit

Telah lama diketahui bahwa konsumsi air putih dapat meningkatkan penampilan dan kesehatan kulit. Kulit mengandung sekitar 30 persen air, yang membantunya tetap kenyal, elastis, dan sehat. Dengan minum air putih di pagi hari, maka dapat berkontribusi untuk mencegah kerutan atau mengimbangi efek matahari, genetika, atau lingkungan. 

5. Bermanfaat untuk Fungsi Tubuh Lainnya

Minum air putih di pagi hari juga penting dalam banyak fungsi tubuh. Di antaranya:

  • Ginjal: Air minum dapat membantu ginjal membuang air limbah dari tubuh.
  • Saluran kemih: Menurut sebuah penelitian, peningkatan asupan cairan dapat mencegah urolithiasis, yang terjadi ketika batu ada di saluran kemih.
  • Sistem kardiovaskular: Sebuah studi menemukan bahwa orang membutuhkan air yang cukup untuk fungsi sistem kardiovaskular yang tepat. Studi tersebut mencatat bahwa dehidrasi dan asupan air yang tidak memadai secara negatif mempengaruhi regulasi tekanan darah dan fungsi pembuluh darah.
  • Sendi dan tulang: Air adalah komponen cairan pelumas di sekitar sendi yang dapat membantu meredakan nyeri sendi.

Minum air putih di pagi hari mungkin menawarkan beberapa manfaat kesehatan. Namun, manfaat dari minum air putih tidak hanya sebatas meminumnya di pagi hari. Sangat penting bagi setiap orang tetap terhidrasi sepanjang hari, untuk mencegah dehidrasi dan  memastikan tubuh tetap berfungsi dengan baik.

Bagi kamu yang mau tahu lebih jauh mengenai hal di atas atau memiliki keluhan kesehatan lainnya, tanya dokter di Halodoc untuk mendapatkan saran medis yang tepat. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. 5 benefits of drinking water in the morning
Healthline. Diakses pada 2022. Should You Drink Water First Thing in the Morning?