• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Senam Hamil untuk Mempermudah Persalinan

Manfaat Senam Hamil untuk Mempermudah Persalinan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Ibu hamil wajib menjaga kesehatan tubuhnya untuk kesehatan janin di dalam perutnya. Ibu harus menjaga asupan makanan yang sehat dan juga berolahraga. Salah satu olahraga yang dapat dilakukan oleh ibu yang sedang mengandung adalah senam hamil. Disebutkan jika dilakukan secara rutin dapat membuat lebih mudah saat melahirkan.

Senam hamil sudah menjadi suatu tren yang positif belakangan ini pada ibu yang sedang mengandung, terutama pada trimester awal. Memang banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh wanita yang sedang hamil, seperti membuat tubuh menjadi lebih mudah untuk melahirkan. Manfaat senam hamil apa saja yang dapat menyebabkan hal tersebut terjadi?

Baca juga: 7 Manfaat Senam Hamil dan Gerakan yang Aman Bagi Ibu

Manfaat Senam Hamil agar Lebih Mudah Melahirkan

Saat wanita hamil, memang berat tubuhnya akan meningkat seiring bertambahnya bobot sang bayi. Hal tersebut membuat banyak ibu yang mengandung malas untuk bergerak. Padahal, seseorang yang sedang hamil sangat disarankan untuk tetap aktif melakukan gerakan. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah melakukan senam hamil yang dapat memberi banyak manfaat.

Terlebih lagi apabila usia kehamilan sudah memasuki trimester ketiga, ibu hamil pasti kerap merasa cemas untuk menantikan waktunya melahirkan. Selain itu, banyak gangguan yang timbul saat memasuki tahap akhir dari kehamilan. Hal tersebut membuat banyak wanita kerap berbaring di tempat tidur seharian. Padahal, tubuh yang bugar diperlukan untuk melahirkan.

Maka dari itu, senam hamil direkomendasikan untuk meningkatkan kekuatan otot tubuh menjelang persalinan agar tubuh lebih kuat. Gerakan-gerakan yang dipilih saat melakukan senam hamil sudah disesuaikan agar memberi manfaat yang baik dibandingkan dampak buruk. Berikut adalah beberapa manfaat dari senam hamil agar lebih mudah untuk melahirkan:

1. Mengurangi Stres

Manfaat senam hamil yang pertama dapat dirasakan oleh ibu hamil adalah menurunnya perasaan stres. Seseorang yang berolahraga akan membuat tubuhnya meningkatkan kadar serotonin yang baik untuk memperbaiki suasana hati. Sehingga, perasaan bahagia dan bersemangat akan timbul setelahnya. Maka dari itu, senam hamil akan membuat wanita lebih mudah melahirkan karena telah lebih siap secara mental.

Jika ibu mempunyai pertanyaan lain terkait manfaat senam hamil, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya mudah sekali, kamu cukup download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan untuk kemudahan akses kesehatan.

2. Meningkatkan Energi Tubuh

Saat akan melahirkan, tubuh seorang wanita membutuhkan energi yang besar untuk mendorong bayi ke luar dari rahim. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan energi tubuh adalah dengan berolahraga seperti senam hamil. Cara ini juga dapat menahan tubuh untuk cepat lelah. Setelah mengetahui manfaatnya, cobalah untuk melakukan senam hamil secara rutin agar tetap lancar saat melahirkan.

Baca juga: Ini Tanda-Tanda Kehamilan di Minggu Pertama

3. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Kebanyakan ibu hamil merasakan sulit untuk tidur di malam hari. Hal tersebut disebabkan oleh perasaan cemas dan posisi tidur yang tidak nyaman karena perut yang membesar. Maka dari itu, disarankan untuk melakukan senam hamil secara rutin agar tubuh cepat merasa lelah dan membuat kualitas tidur menjadi lebih baik dari sebelumnya.

4. Mencegah Komplikasi Kehamilan

Manfaat dari senam hamil lainnya yang dapat terjadi pada tubuh adalah mencegah terjadinya komplikasi pada ibu yang mengandung. Beberapa wanita terbilang rentan mengalami diabetes dan preeklampsia, terutama jika usianya lebih dari 35 tahun. Seseorang yang berolahraga secara rutin dapat menurunkan risiko tersebut.

Senam hamil juga dapat menurunkan risiko melahirkan secara caesar. Dengan berolahraga secara rutin dapat mencegah ibu hamil mengalami kenaikan berat badan yang berlebihan. Sehingga, gerakan senam tersebut dapat meningkatkan kesehatan ibu secara keseluruhan.

Baca juga: 6 Hal yang Perlu Dilakukan saat Hamil

Namun, hal yang dapat dipastikan adalah penyesuaian olahraga dengan kemampuan tubuh. Selain itu, hindari melakukan olahraga dengan risiko tinggi karena dapat menimbulkan bahaya pada janin. Hindari jenis olahraga yang memaksa ibu untuk melompat atau hal-hal berbahaya lainnya.

 

Referensi:
Baby Center. Diakses pada 2020. Eight great benefits of pregnancy exercise
What to Expect. Diakses pada 2020. 13 Benefits of Exercise During Pregnancy