02 November 2018

Jangan Diremehkan, Ini Manfaat Senam Hamil untuk Mempermudah Persalinan

Jangan Diremehkan, Ini Manfaat Senam Hamil untuk Mempermudah Persalinan

Halodoc, Jakarta - Memasuki usia trimester tiga, ibu hamil pasti sudah merasa cemas karena bayi yang ditunggu-tunggu kehadirannya segera lahir. Pada trimester ini, ibu mengalami banyak gangguan seperti mulai sulit tidur dan merasakan tendangan bayi yang kian keras terkadang membuat Ibu merasa agak nyeri. Karena kondisi ini, mungkin yang ibu inginkan hanya berbaring di tempat tidur seharian. Namun, jika ibu hamil tidak melakukan banyak gerakan maka tubuh malah menjadi tidak bugar dan proses persalinan bisa menjadi lebih sulit.

Ibu hamil disarankan untuk meningkatkan kekuatan otot tubuh menjelang persalinan dengan cara olahraga. Olahraga yang dilakukan perlu disesuaikan, jenis olahraga yang cocok adalah senam hamil. Manfaat senam hamil tidak perlu diragukan lagi, dengan berbagai variasi gerakan, tubuh ibu hamil terasa lebih kuat dan siap menghadapi persalinan. Berikut ini manfaat senam hamil yang akan ibu dapatkan jika dilakukan dengan rutin menjelang persalinan:

Mengurangi Stres dan Membangkitkan Suasana Hati

Sudah banyak penelitian yang menemukan olahraga adalah cara tepat untuk meningkatkan kadar serotonin di dalam tubuh. Zat ini dibutuhkan tubuh untuk membangun suasana hati dan membuat ibu hamil merasa lebih bahagia dan bersemangat. Oleh karena itu, senam hamil disarankan agar ibu merasa lebih baik secara mental dalam menghadapi persalinan.

Membantu Menyiapkan Energi

Proses kelahiran normal membutuhkan energi yang cukup besar, cara tepat untuk membantu ibu mempersiapkan energinya adalah berolahraga. Melakukan senam hamil dapat membuat ibu terhindar dari perasaan cepat lelah. Selain itu, manfaat senam hamil lainnya membuat tubuh terasa bugar sehingga saat ibu melakukan suatu pekerjaan fisik, ibu tidak lagi memerlukan banyak usaha.

Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Saat hamil, keluhan sulit tidur dirasakan hampir oleh semua Ibu hamil. Perasaan cemas sewaktu-waktu dapat muncul sehingga membuat ibu sulit tidur. Selain itu, peregangan tubuh yang terjadi akibat semakin besarnya kandungan juga membuat Ibu hamil merasa kurang nyaman. Melakukan aktivitas senam hamil secara rutin dapat membuat ibu cepat merasa lelah dan berdampak pada kualitas tidur yang semakin baik.

Memperlancar Persalinan

Manfaat senam hamil yang dilakukan saat trimester akhir adalah memperlancar persalinan. Persalinan nantinya dapat berlangsung lebih cepat karena tubuh ibu hamil terbiasa dilatih dan mengeluarkan banyak energi saat olahraga atau senam.

Mencegah Komplikasi Kehamilan

Saat hamil, beberapa wanita rentan mengalami gangguan seperti diabetes gestasional dan preeklampsia, terlebih bagi wanita yang baru hamil saat usia lebih dari 35 tahun. Menurut beberapa penelitian, olahraga yang dilakukan sebanyak tiga kali setiap pekan menekan risiko diabetes gestasional.

Selain itu, olahraga dapat menurunkan risiko melahirkan secara caesar. Olahraga rutin mencegah ibu hamil mengalami kenaikan berat badan yang berlebihan sehingga hal ini akan meningkatkan kesehatan ibu secara keseluruhan.

Pastikan untuk selalu menyesuaikan olahraga yang dilakukan dengan kemampuan tubuh. Hindari melakukan olahraga dengan risiko tinggi karena bisa membuat ibu dalam bahaya. Hindari jenis olahraga yang memaksa ibu melompat atau melakukan olahraga saat cuaca panas.

Kini Ibu sudah tahu manfaat senam hamil yang rutin dilakukan menjelang persalinan. Ibu juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi vitamin. Lebih mudah membeli vitamin dan produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc. Pesanan akan diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang Halodoc di App Store dan Google Play!  

 

Baca juga: