Jangan Disembunyikan, Anak-Anak Perlu Tahu tentang Seks

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Jangan Disembunyikan, Anak-Anak Perlu Tahu tentang Seks

Halodoc, Jakarta – Anak-anak umumnya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, dan membuatnya sering melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin tidak terduga. Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, tak jarang Si Kecil akan langsung bertanya kepada orangtua, termasuk soal seks. Kalau itu yang terjadi, bagaimana sebaiknya orangtua bersikap? Apa jawaban terbaik yang harus diberikan pada anak? 

Sangat disayang, pembicaraan seputar seksual bersama anak masih menjadi hal yang tabu dan dihindari para orangtua. Padahal, pendidikan seks yang benar sejak dini sangat penting untuk Si Kecil. Ibu dan ayah seharusnya merasa senang dan lega saat mengetahui si buah hati menanyakan hal itu langsung bukannya malah mencari sumber yang tidak jelas, yang justru malah bisa menjerumuskan anak. Saat Si Kecil bertanya tentang masalah seksual, orangtua disarankan untuk memberikan jawaban yang sesuai fakta dengan cara yang sederhana dan mudah dicerna. 

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Menjelaskan Seks pada Si Kecil?

Nyatanya, pengetahuan seputar seks adalah hal yang tidak bisa dilepaskan dari perjalanan seseorang. Meski sering dianggap tabu, arti dari seks itu sendiri sebenarnya tidak sesempit “berhubungan badan” saja. Secara harfiah, seks memiliki arti kelamin, atau hal-hal yang berkaitan dengan alat kelamin. Manusia akan selalu berkaitan dengan hal yang satu ini. Mengenal alat kelamin dan memiliki pengetahuan seksual yang baik bisa membantu anak menjaganya dengan baik. 

Berbicara kepada anak tentang seks edukasi adalah hal yang harus dilakukan setiap orangtua. Ada banyak manfaat yang bisa didapat, dan nyatanya anak-anak perlu tahu tentang seks. Berikut ini beberapa alasan yang membuat seks edukasi pada anak menjadi hal yang penting! 

  • Saat Terjadi Perubahan Fisik

Seiring bertambahnya usia, anak-anak akan tumbuh menjadi remaja yang pastinya mengalami perubahan fisik dan mental, misalnya mulai tumbuh payudara pada anak perempuan. Memiliki pengetahuan seks bisa membantu anak menerima perubahan tersebut dengan baik tanpa merasa kaget. Saat hal ini terjadi pun, ia akan mengetahui apa yang harus dilakukan dan sadar bahwa tubuhnya baik-baik saja. 

  • Menjaga Rasa Percaya Diri

Perubahan-perubahan fisik yang terjadi bisa membuat anak merasa berbeda dan mengurangi rasa percaya diri. Untuk itulah pengetahuan seks sejak dini perlu dilakukan. Anak-anak perlu tahu bahwa perubahan itu normal dan ia tidak perlu merasa malu dengan dirinya. 

Baca juga: Pentingnya Pengetahuan Kesehatan Reproduksi bagi Remaja

  • Lebih Peduli dengan Kesehatan

Memiliki pengetahuan tentang seks membuat siapa saja cenderung lebih peduli pada kesehatan, terutama kesehatan organ reproduksi. Seseorang akan lebih berhati-hati dalam menjaganya dan menghindari hal-hal yang bisa merugikan, tidak diinginkan, dan mendukung masa depan

  • Menghindari Informasi Salah 

Berbicara terbuka kepada anak tentang pengetahuan seksual bisa menghindarinya dari pengetahuan yang salah. Alih-alih mencari sumber yang belum tentu benar, membicarakan perihal seksual dengan orangtua memang selalu menjadi hal yang lebih baik. Selain orangtua, peran guru dan lingkungan sekitar juga sangat penting dalam membentuk kehidupan seksual yang sehat di kalangan remaja. 

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Organ Reproduksi Wanita

Kalau ibu bingung atau butuh bantuan dalam menjelaskan seputar masalah seksual kepada anak, coba pakai aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan dokter. Ajak Si Kecil untuk berbicara seputar masalah seksual kepada ahlinya dan dapatkan informasi yang akurat. Dokter bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

*Artikel ini pernah tayang di Doktergenz.hipwee.