Jangan Disepelekan, Kenali Gejala Nekrosis Avaskular

Jangan Disepelekan, Kenali Gejala Nekrosis Avaskular

Halodoc, Jakarta - Nekrosis avaskular atau osteonekrosis adalah suatu kondisi ketika pasokan darah yang tidak cukup ke tulang, sehingga menyebabkan kematian jaringan tulang. Dengan kekurangan darah yang terus-menerus dan proses perbaikan yang tidak efektif, tulang akhirnya runtuh setelah mikrofraktur terjadi.

Umumnya, nekrosis avaskular yang terjadi dapat memengaruhi tulang paha di daerah pinggul, tetapi juga dapat memengaruhi tulang-tulang lain dalam tubuh, termasuk lutut, bahu, pergelangan kaki, dan berbagai sendi lainnya. Namun, jika gangguan tersebut terjadi pada rahang, kondisi tersebut tidak berhubungan sama sekali.

Biasanya, nekrosis avaskular akan berkembang dan mengakibatkan kecacatan. Namun, dalam beberapa kasus, tulang dapat sembuh atau dilindungi dari kerusakan lebih lanjut. Pada seseorang yang mengidap gangguan pada pasokan darah, mungkin ada sedikit atau tidak ada gejala sama sekali yang terjadi.

Baca Juga : Kenali Prosedur Operasi untuk Mengatasi Nekrosis Avaskular

Gejala Nekrosis Avaskular

Pada tahap awal, nekrosis avaskular biasanya tidak menimbulkan gejala. Namun, seiring berkembangnya penyakit tersebut pada tubuh, kondisi tersebut dapat menyebabkan rasa sakit. Pada awalnya, kamu mungkin mengalami rasa sakit ketika menekan tulang yang terkena. Kemudian, rasa sakit bisa menjadi lebih konstan.

Jika penyakit ini berkembang, tulang dan sendi di sekitarnya akan runtuh. Kamu pun mungkin akan mengalami sakit parah yang dapat mengganggu kemampuan kamu untuk menggunakan sendi. Tenggat waktu antara gejala pertama dan keruntuhan tulang dapat berkisar dari beberapa bulan hingga lebih dari satu tahun.

Meskipun tidak semua orang yang terserang gangguan tersebut akan menunjukkan gejala, sebagian besar akan mengalami nyeri atau kehilangan gerakan pada sendi yang terserang. Contohnya:

  • Jika nekrosis avaskular menyerang pinggul, mungkin nyeri pangkal paha dapat menyebar ke paha hingga lutut.

  • Jika terjadi pada lutut, hal ini dapat menyebabkan rasa sakit di ujung bawah tulang paha.

  • Jka terjadi pada bahu, gangguan tersebut dapat menyebabkan rasa sakit dan kaku di lengan atas.

Baca Juga : Ketahui Lebih Jauh Penyebab Nekrosis Avaskular

Penyebab Nekrosis Avaskular

Gangguan tersebut dapat terjadi ketika aliran darah ke tulang terganggu atau berkurang. Pengurangan pasokan darah dapat disebabkan oleh:

  • Trauma sendi atau tulang. Cedera, seperti sendi yang terkilir, dapat merusak pembuluh darah di sekitarnya. Perawatan kanker yang melibatkan radiasi juga dapat melemahkan tulang dan merusak pembuluh darah.

  • Lemak yang berlebih di pembuluh darah. Lemak yang bertumpuk dapat menyumbat pembuluh darah kecil, sehingga mengurangi aliran darah yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang.

  • Penyakit tertentu. Kondisi medis, seperti anemia sel sabit dan penyakit Gaucher, juga dapat menyebabkan berkurangnya aliran darah ke tulang.

Selain itu, sekitar 25 persen seseorang yang mengidap nekrosis avaskular, disebabkan oleh aliran darah yang menyebabkan gangguan, sehingga berdampak pada tulang tidak diketahui.

Pengobatan Nekrosis Avaskular

Pengobatan yang dilakukan untuk mengatasi nekrosis avaskular didasarkan pada berbagai faktor, termasuk usia, ukuran lesi, lokasinya pada tulang yang memengaruhi kondisi, penyebab yang mendasari masalah, dan seberapa parah penyakit tersebut.

Perawatan terhadap gangguan pada aliran darah ke tulang tersebut berfungsi untuk memastikan kelangsungan hidup tulang dan sendi. Perawatan juga dilakukan untuk mencegah kerusakan tulang tambahan, sehingga memungkinkan pengidapnya dapat menggunakan sendi yang terkena dengan lebih baik.

Perawatan untuk nekrosis avaskular meliputi dekompresi inti, yaitu sebuah operasi yang dilakukan untuk mengeluarkan lapisan dalam tulang. Perawatan ini memungkinkan aliran darah yang lebih baik ke area yang terserang. Pembedahan ini paling efektif untuk orang-orang yang berada pada tahap awal penyakit. Biasanya, tindakan ini digunakan untuk lesi kolaps pra-tulang ukuran kecil hingga sedang.

Baca Juga : 4 Hal Ini Bisa Jadi Alasan Anak Enggan Sekolah

Itulah gejala-gejala yang dapat terjadi pada seseorang yang mengidap nekrosis avaskular. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal gangguan tersebut, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!