• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Kendur, Tetap Taati Prokes dan Wajib Memakai Masker
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Kendur, Tetap Taati Prokes dan Wajib Memakai Masker

Jangan Kendur, Tetap Taati Prokes dan Wajib Memakai Masker

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 24 Mei 2022

“Usai mudik di hari libur Lebaran, sebaiknya tetap gunakan masker seperti masker double sebagai salah satu proteksi diri. Ingat, pandemi masih ada. Pilihlah masker yang nyaman untuk digunakan sehari-hari.”

Jangan Kendur, Tetap Taati Prokes dan Wajib Memakai Masker

Halodoc, Jakarta – Hari raya Idulfitri tahun ini, kita sudah diperbolehkan untuk mudik atau pulang ke kampung halaman. Tentunya, hal ini menjadi kebahagiaan tersendiri di tengah pandemi COVID-19. Usai mudik, penting sekali untuk tetap menaati protokol kesehatan. Sebab, pandemi belum berakhir. 

Meski angka kasus baru COVID-19 sudah menunjukkan penurunan, pemerintah terus mengingatkan masyarakat agar tak lengah. Seperti misalnya mendapatkan vaksin hingga vaksin booster, rutin mencuci tangan, menjaga jarak, hingga menggunakan masker double. Hal ini masih dianggap sebagai pencegahan yang efektif untuk menurunkan risiko penyebaran COVID-19.

Baca juga: Jenis Masker yang Efektif Tangkal COVID-19 Varian Baru

Manfaat Penggunaan Masker selama Pandemi

Bukan hanya menjaga kesehatan tubuh, penggunaan masker medis juga perlu dilakukan untuk mencegah berbagai gangguan pernapasan yang bisa terjadi. Dengan menggunakan masker, kamu bisa mencegah berbagai benda asing masuk ke dalam tubuh. Sebaiknya jangan sampai salah memilih jenis masker untuk penggunaan sehari-hari.

Selama pandemi, masker menjadi salah satu perlengkapan kesehatan yang wajib digunakan oleh masyarakat saat beraktivitas. Penggunaan masker menjadi cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran dan penularan COVID-19.

Penggunaan masker diwajibkan untuk seluruh masyarakat yang berusia diatas 2 tahun jika berada di dalam ruang publik. Kamu juga perlu menggunakan masker saat berada di luar ruangan ketika kondisi ramai. Jadi, tetap taat protokol kesehatan di mana pun kamu berada, ya!

Dengan menggunakan masker, kamu bisa menurunkan risiko mengalami paparan virus COVID-19. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menurunkan angka penularan apabila kamu telah terinfeksi COVID-19 tanpa gejala.

Masker juga wajib digunakan oleh pengidap penyakit komorbid, seperti diabetes, kanker, gangguan ginjal, gangguan jantung, gangguan paru-paru, hingga penyakit yang berkaitan dengan imunitas tubuh.

Baca juga: Cara Memakai Masker agar Mencegah Penyakit 

Jangan Salah Memilih Masker selama Pandemi

Penggunaan masker double dinilai lebih efektif untuk mencegah paparan dan penyebaran COVID-19. Kamu bisa menggunakan masker medis yang dilapisi dengan masker kain setelahnya. 

Melansir data dari Center for Disease Control and Prevention pada Februari 2021, masker kain mampu mencegah partikel batuk sebanyak 51 persen. Sedangkan, masker medis mampu mencegah partikel batuk sebesar 56 persen. 

Jika keduanya digabungkan, pencegahan paparan partikel batuk atau virus akan lebih efektif menjadi 85 persen. Jadi, sebaiknya gunakan masker double saat kamu beraktivitas, baik di luar rumah atau di ruang publik.

Namun, jangan asal-asalan dalam memilih masker. Salah memilih masker bisa membuat pernapasan menjadi kurang nyaman. Pastikan kamu memilih masker yang cocok untuk digunakan sehari-hari seperti Wingscare Protector Daily Surgical Mask.

Wingscare Protector Daily Surgical Mask adalah masker 3 ply yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk beraktivitas sehari-hari. Masker ini merupakan masker sekali pakai yang mampu melindungi kamu dari partikel yang terbawa melalui udara, droplet, bakteri, hingga partikel sekecil apa pun. 

Masker 3 ply Wingscare Protector Daily Surgical Mask terdiri dari dua lapis material non-woven spunbond dan non-woven meltblown spunbond yang efisien dalam menyaring bakteri, bahkan bisa mencapai hampir 98 persen.

Masker yang terbuat dari bahan meltblown ini juga sangat nyaman untuk penggunaan sehari-hari, apalagi untuk penggunaan masker double. Wingscare Protector Daily Surgical Mask juga tergolong sebagai masker yang breathable, jadi kamu tidak merasa pengap saat menggunakannya. Selain itu, karena terbuat dari material yang lembut membuat masker ini tidak mudah kusut saat digunakan.

Masker ini juga fluid resistant, sehingga tahan air dan tidak tembus cairan. Selain itu, hal yang paling penting dalam penggunaan masker adalah masker yang tidak mudah turun.

Ini karena Wingscare Protector Daily Surgical Mask memiliki firm fit design yang mampu menyesuaikan dengan bentuk wajah sehingga masker tidak kendur dan tidak mudah turun. Masker ini juga sudah BFE tested 97,9 persen melampaui SNI.

Baca juga: Perlukah Gunakan Dua Masker untuk Cegah Varian Baru Virus Corona?

Usai mudik Lebaran, jangan lengah untuk menaati protokol kesehatan, ya! Masker yang kamu butuhkan bisa langsung diantarkan dari apotek terdekat ke rumah. 

Yuk, dapatkan kebutuhan masker untuk penggunaan sehari-hari melalui aplikasi Halodoc! Wingscare Protector Daily Surgical Mask ini juga memiliki dua warna berbeda yang bisa kamu pilih, yaitu biru dan putih. 

Saat ini, Wingscare Protector Daily Surgical Mask hanya tersedia untuk orang dewasa. Jadi, jangan lupa download aplikasi Halodoc untuk mendapatkan masker yang nyaman sekarang juga!

Referensi:

Center for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2022. How to Protect Yourself & Others.
Wings. Diakses pada 2022. Wings Luncurkan Masker 3 ply Wingscare Protector.
Very Well Health. Diakses pada 2022. How to Double Mask Correctly.
WHO. Diakses pada 2022. Coronavirus Disease (COVID-19) Advice for the Public: When and How to Use Masks.