• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Panik, Ini Trik Mengatasi Anak Susah Makan!
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Panik, Ini Trik Mengatasi Anak Susah Makan!

Jangan Panik, Ini Trik Mengatasi Anak Susah Makan!

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 04 Oktober 2022

“Penyebab anak susah makan bisa jadi karena orang tua menaruh terlalu banyak makanan di piring. Jadi, cobalah untuk memberikan anak makan sesuai dengan porsinya.”

Jangan Panik, Ini Trik Mengatasi Anak Susah Makan!Jangan Panik, Ini Trik Mengatasi Anak Susah Makan!

Halodoc, Jakarta –  Hampir semua orang tua pasti pernah mengalami anak yang susah makan. Sebelum akhirnya stres dan marah-marah sendiri, orang tua perlu menyadari bahwa saat anak susah makan, penyebabnya bisa banyak. Seperti selera pribadi anak, kurang lapar, keengganan untuk mencoba sesuatu yang baru, dan penyakit yang kerap dialami anak-anak seperti sakit tenggorokan ataupun sakit perut

Ketika anak susah makan, orang tua sebaiknya tidak stres. Segera pahami, kenapa anak mensolak makan, segera terapkan juga pola makan sehat, dan upaya-upaya lain supaya anak mau makan. Informasi selengkapnya mengenai trik mengatasi anak susah makan bisa dibaca di sini!

Cara Mengatasi Anak yang Susah Makan 

Berikut ini adalah beberapa ide yang mungkin bisa menjadi cara mengatasi anak susah makan:

1. Batasi Gangguan saat Anak Makan 

Membiarkan anak memainkan tablet, smartphone, dan menonton TV selama waktu makan dapat menyebabkan anak kehilangan minat untuk makan. Meskipun gadget bisa membuat anak tetap tenang dan sibuk, akan tetapi lebih baik batasi penggunaan perangkat elektronik dan gangguan lain saat makan. 

Ajak anak untuk fokus pada makanan, percakapan, dan memberikan perhatian penuh pada anggota keluarga yang turut makan bersama. Pastikan juga area makan nyaman dan santai sehingga setiap orang bisa menikmati prosesi makanan mereka. 

2. Sajikan Porsi Makanan yang Sesuai

Mungkin masalahnya bukan karena anak menolak untuk makan, tetapi mereka menolak untuk memakan semua makanan yang ada di piringnya. Ingat, anak-anak tidak membutuhkan makanan sebanyak orang dewasa. Jadi jika orang tua menaruh terlalu banyak di piring,  bisa jadi anak tidak menghabiskannya.

Cobalah untuk memberikan anak makan sesuai dengan porsinya. Letakkan porsi yang lebih kecil untuk Si Kecil. 

3. Jangan Menjadwalkan Waktu Makan Terlalu Dekat dengan Waktu Tidur

Membuat anak yang mengantuk dan gelisah untuk duduk dan makan bisa menjadi tantangan tersendiri. Jadi jangan menjadwalkan makan terlalu dekat dengan waktu tidur, atau terlalu cepat sebelum atau sesudah beraktivitas. 

4. Menghilangkan Stres Waktu Makan

Memaksa anak untuk makan tidak akan membantu situasi anak yang susah makan menjadi mau makan. Begitu anak  menjadi marah atau mulai menangis, kemungkinan selera makan anak akan hilang begitu saja. Jadi, meskipun orang tua mungkin ingin mendorong anak untuk makan, jangan terlalu menekannya.

5. Libatkan Anak dalam Persiapan Makan

Meskipun banyak anak kecil menyukai makanan yang sama dari hari ke hari, variasi dapat menambah kegembiraan dan selera saat makan. Biarkan anak untuk membantu orang tua saat menyiapkan makanan. Dorong anak untuk membantu merencanakan belanja, memilih jenis makanan, dan bersama menyiapkan makanan. 

6. Kurangi Kudapan

Beberapa anak menolak untuk makan ketika mereka terlalu banyak makan makanan ringan atau minuman di siang hari. Anak memiliki perut yang lebih kecil, jadi tidak butuh banyak makanan untuk membuatnya kenyang. 

7. Pahami Gaya Makan Anak 

Setiap anak memiliki gayanya tersendiri, termasuk cara makan. Masing-masing anak mungkin membutuhkan lebih banyak atau lebih sedikit makanan pada waktu yang berbeda dalam sehari. Jadi, sementara anak mungkin menolak makan saat makan malam, bisa jadi anak lebih banyak makan ketika sarapan atau saat makan siang. 

Kondisi kesehatan tertentu bisa menyebabkan anak tidak selera makan. Nah, ini persoalan lain, segera bawa anak ke dokter untuk mendapatkan penyebab pasti kenapa anak tidak mau atau susah makan. 

Selain kemungkinan kondisi penyakit tertentu, perubahan yang tiba-tiba bisa juga menjadi penyebab anak susah makan. Misalnya, keluarga pindah rumah atau ke kota baru, atau mungkin orang yang dicintai atau hewan peliharaan telah meninggal. 

Anak susah makan biasanya bersifat sementara. Berbicara dengan anak terkait situasi tersebut untuk mengetahui penyebab pasti dan cara mengatasinya. Orang tua bisa buat janji pemeriksaan medis untuk mendapatkan kepastian penyebab anak susah makan. Yuk, download aplikasi Halodoc untuk mendapatkan kemudahan akses pelayanan kesehatan sesuai dengan domisilimu!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. What Can You Do If Your Child Refuses to Eat Anything?
Family Doctor.org. Diakses pada 2022. When Your Toddler Doesn’t Want to Eat.