• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Salah, Ini Bedanya Cantengan dengan Paronikia
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Salah, Ini Bedanya Cantengan dengan Paronikia

Jangan Salah, Ini Bedanya Cantengan dengan Paronikia

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani : 02 November 2020
Jangan Salah, Ini Bedanya Cantengan dengan Paronikia

Halodoc, Jakarta – Selama ini kebanyakan orang mengira cantengan dan paronikia adalah kondisi yang sama, padahal keduanya jelas berbeda. Cantengan adalah kondisi ketika sisi kuku tumbuh ke dalam daging di sekitar kuku. Akibatnya, area sekitar kuku yang bermasalah menjadi nyeri, membengkak, dan kemerahan. Sedangkan paronikia sendiri adalah infeksi kulit yang berkembang di sekitar kuku. Penyebabnya adalah bakteri atau jamur yang ada di bawah kulit. Lantas apakah penanganannya juga berbeda atau bisa sama? Informasi selengkapnya bisa dibaca di sini!

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Kuku Cantengan

Penanganan Paronikia, Direndam Air Hangat sampai Antibiotik

Paronikia adalah infeksi pada kulit di sekitar kuku setidaknya pada satu jari tangan atau kaki. Biasanya, kondisi ini berkembang di sekitar tepi kuku di bagian bawah atau samping. Infeksi kulit ini menyebabkan peradangan, pembengkakan, dan rasa tidak nyaman di sekitar kuku. Abses yang mengandung nanah juga bisa terbentuk.

Ada dua jenis paronikia yang bisa terjadi, yaitu akut dan kronis. Paronikia akut bisa terjadi selama berjam-jam atau berhari-hari. Biasanya, infeksi untuk kondisi akut tidak menyebar jauh ke dalam jari. Nah, berbeda dengan paronikia kronis, gejalanya bisa berlangsung selama enam minggu. 

Perkembangannya bisa lambat sampai akhirnya menjadi tahap serius. Pada dasarnya, paronikia dapat terjadi pada semua usia dan mudah diobati. Namun, perlu diketahui pada kasus yang jarang terjadi, infeksi dapat menyebar ke seluruh jari tangan atau kaki. Jika ini terjadi, seseorang harus menemui dokter.

Kalau kamu merasa mengalami kondisi ini dan butuh informasi lebih jelas mengenai paronikia, bisa ditanyakan langsung ke Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Perawatan untuk paronikia, tergantung pada tingkat keparahan dan apakah kronis atau akut. Seseorang dengan paronikia akut ringan dapat mencoba merendam jari tangan atau kaki yang terkena dalam air hangat tiga sampai empat kali sehari. Jika gejala tidak kunjung membaik, cari pengobatan lebih lanjut.

Baca juga: Jangan Biarkan Cantengan Kalau Tak Mau Dioperasi

Ketika infeksi bakteri menyebabkan paronikia akut, dokter mungkin merekomendasikan antibiotik. Jika infeksi jamur menyebabkan paronikia kronis, dokter akan meresepkan obat antijamur.

Paronikia kronis mungkin memerlukan pengobatan berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Penting untuk menjaga tangan tetap kering dan bersih. Ada kemungkinan dokter perlu mengeluarkan nanah dari abses di sekitarnya. Untuk melakukan ini, dokter akan memberikan anestesi lokal, kemudian membuka lipatan kuku cukup untuk memasukkan kain kasa, yang akan membantu mengeluarkan nanah.

Cantengan sebagai Akibat Pertumbuhan Kuku Tidak Normal

Pertumbuhan kuku yang tidak normal dapat menekan kulit kuku sehingga memicu cantengan. Kalau kamu memotong kuku terlalu pendek atau terlalu ke pinggir, itu bisa memicu cantengan. Menggunakan sepatu terlalu ketat dan mengalami cedera kuku juga bisa menjadi penyebab cantengan.

Baca juga: Ketahui Penanganan Pertama untuk Mengatasi Paronikia

Penanganan cantengan biasanya dilakukan secara sederhana dengan membersihkan kaki dengan sabun dan merendamnya di air hangat 15-20 menit. Perlu juga untuk menjaga kaki supaya tidak lembap dan gunakan alas kaki yang longgar.

Jika kondisi cantengan tidak dapat diatasi secara pengobatan rumahan, ada baiknya kamu periksakan diri ke dokter. Untuk kondisi yang parah, ada kemungkinan dokter akan mencabut keseluruhan kuku. Setelah pencabutan terjadi, ada baiknya kamu membatasi aktivitas fisik dan pergerakan area yang sakit supaya proses penyembuhan bisa cepat. Merendam dengan air hangat yang sudah diberi garam dapat mempercepat proses penyembuhan. 

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. How to treat paronychia (an infected nail).
Healthline. Diakses pada 2020. Ingrown Toe Nails.