Jangan Salah, Ini Bedanya Psoriasis dan Eczema

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Psoriasis, Eczema

Halodoc, Jakarta - Kondisi kulit yang ditandai dengan rasa gatal, kemerahan, hingga peradangan umumnya dikaitkan dengan penyakit eczema atau psoriasis. Mungkin kamu cukup familiar dengan kedua penyakit kulit ini. Kendati demikian, kebanyakan orang belum memahami perbedaan keduanya, bahkan bagi kamu yang pernah mengalaminya. Perlu kamu ketahui, inilah beberapa perbedaan dasar yang harus kamu pahami tentang kedua kondisi kulit tersebut.

Dilihat dari Penampilan pada Kulit

  • Eczema

Eczema atau eksim atau dermatitis atopik adalah gangguan kulit kronik (berlangsung dalam waktu lama) yang biasanya mulai terjadi saat masa kanak-kanak. Kulit pengidapnya akan terasa gatal, tampak kering, pecah-pecah, dan merah. Bahkan hingga keluar darah atau cairan dari dalam kulit, serta permukaan kulit tampak mengeras (krusta). Terkadang eksim juga menyebabkan terbentuknya suatu gangguan kulit seperti jerawat, penebalan kulit, dan luka.

  • Psoriasis

Ini merupakan kondisi kulit yang menyebabkan kulit menjadi kering, mengelupas, terasa gatal, dan berbedak kemerahan. Psoriasis plak merupakan jenis psoriasis yang sering terjadi, dengan ciri khas berupa adanya bercak kemerahan yang sedikit menonjol pada kulit. Psoriasis sering diawali dengan terbentuknya sebuah benjolan kecil yang terus memburuk dan akhirnya dilapisi oleh sisik-sisik putih, yang membuat kulit tampak bersisik dan mengelupas.

Baca juga: Ini yang Terjadi pada Tubuh Saat Alami Dermatitis Kontak

Penampakan pada Wajah

  • Eczema

Bercak kemerahan pada eksim biasanya terasa gatal. Menggaruk kulit akan membuat keadaan kulit semakin buruk, sehingga bisa menyebabkan terjadinya infeksi kulit atau perdarahan. Kulit kering pada pengidap eksim juga bisa menyebabkan kulit menjadi pecah-pecah.

  • Psoriasis

Meski jarang terjadi, psoriasis bisa terjadi pada wajah yang menyebabkan gangguan kosmetik. Sekitar sebagian pengidap psoriasis akan mengalami psoriasis di daerah kulit kepala yang menyebar hingga ke leher, telinga, atau dahi.

Penampakan di Tangan

  • Eczema

Eksim biasanya terjadi pada tangan. Pengidapnya memiliki kulit yang sangat sensitif terhadap berbagai alergen atau iritan seperti bulu hewan, serat kain, cairan pelembap, sabun, atau bahkan air. Terlalu sering mencuci tangan bisa membuat kulit semakin kering.

  • Psoriasis

Kondisi ini juga bisa terjadi pada punggung tangan, buku-buku jari tangan, atau telapak tangan. Pada daerah tangan, psoriasis biasanya membuat kulit sangat kering dan banyak mengelupas, sehingga bisa mengganggu aktivitas kamu sehari-hari dan bisa menimbulkan rasa nyeri. Psoriasis pada daerah tangan juga bisa mengenai kuku (psoriasis pada kuku), yang menyebabkan kuku berubah warna dan terlepas.

Baca juga: Before & After yang Perlu Diperhatikan Saat Mewarnai Rambut

Penampakan pada Daerah Lipatan Kulit

  • Eczema

Eksim juga sering terjadi pada daerah lipatan kulit, terutama pada bayi. Biasanya disebabkan pemakaian popok bayi yang mengakibatkan iritasi kulit. Beberapa bayi yang mengalami kondisi ini karena adanya alergi terhadap bahan pembuatan popok atau tisu basah untuk membersihkan kulit bayi.

  • Psoriasis

Psoriasis pun bisa terjadi pada daerah kemaluan, seperti daerah lipatan kulit, ketiak, dan pangkal paha. Psoriasis yang terjadi pada daerah kemaluan atau lipatan kulit bisa menyerupai eksim, tetapi psoriasis umumnya membentuk bercak kemerahan yang lebih besar. Psoriasis pada daerah kemaluan bisa mengganggu saat kamu berhubungan intim.

Baca juga: Harus Tahu, 6 Cara Mengatasi Dermatitis Kontak

Itulah perbedaan mengenai psoriasis dan eczema yang perlu kamu pahami. Perbedaan ini perlu kamu ketahui supaya tidak salah langkah dalam penanganan. Apabila kamu mengalami salah satu dari kondisi kulit ini, sebaiknya segera beritahukan pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan saran penanganan yang tepat. Diskusi dengan dokter di Halodoc dapat dilakukan via Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Saran dokter dapat diterima dengan praktis dengan cara download aplikasi Halodoc di Google.