20 November 2017

Before & After yang Perlu Diperhatikan Saat Mewarnai Rambut

Halodoc, Jakarta – Bosan dengan penampilan yang sekarang, ingin mengubah suasana, tertarik melihat tren warna rambut terbaru adalah sejumlah alasan kebanyakan orang memutuskan untuk mewarnai rambutnya. Tapi bagi kamu yang berencana untuk mewarnai rambut, perhatikan dulu hal-hal penting sebelum dan sesudah mewarnai rambut berikut, agar kamu bisa mendapatkan hasil yang optimal tanpa merusak kesehatan.

BEFORE

Jangan hanya memikirkan warna rambut indah yang ingin kamu aplikasikan, tapi perhatikan juga jenis produk pewarna yang kamu gunakan dan cara mewarnai rambut yang disarankan, agar rambutmu tidak kering dan rusak. 

  • Tes Alergi. Tahukah kamu bahwa kamu dianjurkan untuk melakukan tes alergi terlebih dahulu sebelum mewarnai rambut? Tes alergi memang sering diabaikan, tapi sebenarnya penting dilakukan untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan seperti gatal-gatal, memerah, atau kulit terbakar. Untuk mengetahui kamu alergi atau tidak, bisa dengan cara mengoleskan sedikit krim cat rambut pada bagian belakang telinga.  Diamkan selama dua hari. Jika selama itu, tidak timbul masalah apa-apa pada kulitmu, itu berarti produk pewarna tersebut aman untuk kamu gunakan.
  • Perhatikan Pemilihan Produk Pewarna Rambut. Selain masalah alergi, produk pewarna rambut yang tidak cocok juga dapat membuat rambut rusak, kering, bercabang dan lain-lain. Jadi, sebaiknya pilihlah cat rambut yang mengandung vitamin dan keratin yang dapat melindungi rambut dari kerusakan.
  • Perhatikan Kandungan Dalam Produk Pewarna Rambut. Seperti yang sudah diketahui secara umum, produk pewarna rambut memang mengandung banyak bahan kimia. Tapi, untuk menghindari dampak buruk pewarna rambut terhadap kesehatanmu, kamu bisa memastikan produk yang kamu gunakan sudah terdaftar di BPOM RI. Jika kamu mengecat rambut di salon,  pastikan bahwa produk yang digunakan aman dan berkualitas.
  • Jangan Keramas Sebelum Mencat Rambut. Keramas dapat menghilangkan minyak alami dari rambutmu. Padahal minyak rambut bisa melindungi kulit dari iritasi saat pengecatan.
  • Hindari Mencampur Dua Produk Sekaligus. Untuk mendapatkan warna yang diinginkan, sebagian orang mencampur dua produk pewarna rambut sekaligus dan diaplikasikan. Tapi hal tersebut sangat tidak dianjurkan karena dapat merusak rambut dan kulit kepala.
  • Pilih Warna Cat yang Terang. Orang yang ingin mewarnai rambut memang selalu disarankan untuk memilih warna cat dua tingkat lebih terang dari yang diinginkan, karena biasanya hasil akhir setelah pengecatan tidak selalu sesuai dengan yang ada di kemasan. Tapi selain itu, cat rambut berwarna terang juga mengandung lebih sedikit bahan kimia, sehingga lebih aman.

 AFTER

Setelah selesai pengecatan, rambut pun harus tetap perlu dirawat agar keindahan dan kesehatannya tetap terjaga.

  • Bersihkan Rambut. Setelah proses pewarnaan rambut sudah selesai, bersihkan rambut dari kulit kepala hingga ujung rambut sampai benar-benar bersih. Jangan sampai ada yang tersisa dan masih menempel di rambut atau kulit kepala. 
  • Shampoo Khusus Rambut Berwarna. Gunakan sampo dan conditioner khusus rambut berwarna untuk membersihkan rambut. Beberapa brand juga sudah mengembangkan produk perawatan rambut menjadi lebih spesifik, seperti perawatan untuk rambut pirang, cokelat, dan lain-lain. Hindari menggunakan sampo anti-dandruff.
  • Lindungi Rambut dari Matahari. Pilihlah produk perawatan rambut berwarna yang memiliki proteksi dari sinar UV agar warna rambutmu tidak cepat memudar.
  • Meratakan Rambut Baru yang Tumbuh. Jika rambut barumu sudah tumbuh dan kamu ingin meratakan warnanya, kamu cukup mewarnai bagian rambut baru saja. Tidak perlu mengecat ulang seluruh rambut. Hal itu dapat mencegah rambutmu menjadi rusak.

Jangan sampai kamu mengorbankan kesehatanmu demi kecantikan ya. Jika kamu mengalami alergi atau masalah kulit setelah mewarnai rambut, segera tanyakan kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa membicarakan kondisimu dan meminta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja melalui Video/Voice Call dan Chat. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Caranya sangat mudah, hanya tinggal order lewat aplikasi, dan pesananmu akan diantarkan dalam satu jam. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.