12 September 2018

Jantung dan Paru-Paru Makin Kuat dengan Kardio di Rumah

olahraga kardio, kardio untuk jantung, olahraga kardio adalah, manfaat olahraga kardio

Halodoc, Jakarta – Latihan dan olahraga kardio adalah jenis olahraga yang dipercaya dapat menjaga kesehatan dan membuat jantung serta paru-paru menjadi lebih kuat. Pasalnya, jenis olahraga yang bisa memompa jantung serta menguras keringat ini ternyata memiliki manfaat yang tak boleh diremehkan. Rutin melakukan olahraga kardio, terutama berenang dapat melatih tubuh untuk menggunakan oksigen secara efisien.

Selain itu, manfaat olahraga kardio lainnya juga bisa memberi dampak yang baik bagi sistem pernapasan. Saat melakukan olahraga kardio, napas akan menjadi lebih cepat dan dalam sehingga sistem pernapasan akan bekerja lebih keras. Nah, pada saat itulah terjadi “latihan” yang membuat pembuluh darah menjadi lebih lebar dan dapat membawa oksigen lebih banyak. Hasilnya, peredaran darah yang terjadi di dalam tubuh menjadi lebih baik.

Berita baiknya, di balik segudang manfaat yang bisa didapatkan, melakukan latihan kardio tergolong mudah. Bahkan, bisa dilakukan di rumah dan tidak membutuhkan banyak biaya. Lantas, bagaimana cara membuat kardio untuk jantung dan paru-paru makin kuat?

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan olahraga kardio adalah memilih jenis latihan yang sesuai dengan kemampuan. Untuk kamu yang tidak suka berlari, ada jenis latihan kardio lain yang bisa menjadi pilihan, misalnya bersepeda, berenang, bahkan naik turun tangga. Tentunya, agar tubuh mendapat manfaat yang maksimal dari olahraga ini, pastikan untuk selalu melakukan pemanasan sebelum berolahraga, dan jangan lupa pendinginan setelah latihan kardio.

Nah, kamu bisa memilih beberapa jenis olahraga kardio yang sesuai dengan minat dan kemampuan tubuh. Tentu saja jenis olahraga ini cukup sederhana dan bisa dilakukan di rumah. Apa saja?

1. Naik Turun Tangga

Siapa sangka, melakukan gerakan naik dan turun tangga ternyata bisa memberi manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Jika dilakukan dengan benar, jenis latihan ini ternyata bisa memberi manfaat sehat untuk kardiovaskular. Naik turun tangga juga bisa membantu memperkuat otot-otot bagian bawah tubuh.

Gerakan ini bisa kamu lakukan di rumah, kantor, atau di tempat-tempat sekitar yang memiliki tangga. Naik dan turun tangga bisa menjadi cara yang baik untuk melatih kekuatan jantung dan paru-paru. Cobalah melakukan gerakan mendaki dengan cepat atau lompat menyamping saat berolahraga dengan bantuan tangga.

2. Lompat

Olahraga kardio yang satu ini juga bisa dilakukan di rumah, bahkan di mana saja. Untuk mendapatkan manfaat olahraga kardio yang maksimal, kamu bisa menggunakan alat bantu berupa tali alias skipping untuk melompat. Selain itu, usahakanlah untuk melakukan variasi gerakan lompat agar memberi tantangan bagi tubuh.

3. Berenang

Berenang merupakan jenis olahraga yang melibatkan seluruh tubuh dan memiliki manfaat yang luar biasa. Berenang juga dapat dijadikan latihan pernapasan yang lebih efisien untuk mengoptimalkan kapasitas paru-paru. Olahraga air ini juga dapat meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot, hingga meningkatkan kepadatan tulang.

Kamu juga bisa melakukan variasi dalam berenang, misalnya melakukan lompat atau jogging di dalam air. Nyatanya gerakan ini bisa membantu melatih jantung dan paru-paru agar tetap sehat dan kuat.

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter segera? Pakai aplikasi Halodoc saja! Lebih mudah menghubungi dokter lewat Video/Voice Call atau Chat. Dapatkan rekomendasi beli obat dan tips menjaga kesehatan dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play.

Baca juga: