• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Rosemary bagi Kecantikan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Rosemary bagi Kecantikan

Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Rosemary bagi Kecantikan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 06 Oktober 2022

“Terdapat lima manfaat rosemary bagi kecantikan yang jarang diketahui. Salah satunya adalah membantu mencegah penuaan dini pada kulit.”

Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Rosemary bagi KecantikanJarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Rosemary bagi Kecantikan

Halodoc, Jakarta – Rosemary merupakan daun yang berasal dari kawasan Mediterania dan kerap digunakan sebagai bumbu masak. Daun ini diketahui dapat meningkatkan aroma dan cita rasa masakan. 

Namun, tak hanya digunakan sebagai bumbu masak semata, daun ini juga diyakini dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan. Sebab, rosemary merupakan salah satu tanaman yang kaya antioksidan dan senyawa antiinflamasi. 

Di samping itu, daun ini juga diduga kuat dapat bermanfaat untuk kecantikan. Lantas, kira-kira apa saja manfaat rosemary bagi kecantikan? Yuk, ketahui informasinya di sini! 

Manfaat Rosemary bagi Kecantikan 

Berikut adalah manfaat rosemary bagi kecantikan yang jarang diketahui: 

1. Mencegah penuaan pada kulit

Salah satu manfaat rosemary bagi kecantikan adalah daun ini dikabarkan dapat mencegah penuaan pada kulit. Sebab, daun ini diperkaya dengan kandungan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Perlu diingat bahwa paparan radikal bebas dalam jangka panjang berpotensi merusak kulit. Salah satu kerusakan yang dapat terjadi adalah kemunculan garis halus dan keriput pada wajah. Nah, senyawa antioksidan bermanfaat dalam melindungi kulit akibat paparan sinar matahari dan polutan. 

2. Membantu membuka sumbatan pori-pori

Daun rosemary juga memiliki sifat antibiotik yang kuat, sehingga diduga kuat dapat membantu mengobati jerawat dan kondisi kulit berminyak. Manfaat ini dapat diperoleh dari penggunaan minyak rosemary dengan campuran bahan lain. Ketika dipijat ke wajah, minyak dari daun ini dapat membantu meringankan bintik-bintik gelap, dan noda pada kulit sehingga menghasilkan warna kulit yang lebih baik. Jika kamu ingin mencobanya, kamu bisa membuat masker wajah dari minyak esensial daun rosemary dengan cara berikut: 

  • Hancurkan kulit ketimun menggunakan food processor
  • Tambahkan satu sendok makan minyak esensial rosemary pada kulit ketimun yang sudah dilembutkan. 
  • Kocok putih telur dan tambahkan ke dalam campuran tersebut. 
  • Oleskan campuran tersebut ke wajah dan biarkan selama 15 menit.
  • Setelah 15 menit, bilas masker tersebut dari kulit wajah. 

3. Mencegah infeksi 

Sifat anti inflamasi ekstrak rosemary diketahui dapat membantu mengurangi pembengkakan pada kulit. Selain itu, ekstrak daun ini juga dipercaya dapat menyembuhkan luka bakar dan menenangkan kulit. Hal ini membuat ekstrak daun ini dipergunakan untuk mengatasi beberapa kondisi kulit yang bersifat kronis. Misalnya seperti dermatitis, eksim dan psoriasis. Kendati demikian, penelitian lebih mendalam terhadap manfaat ekstrak rosemary ini tentunya masih diperlukan guna mengetahui efektivitasnya. 

4. Membantu melembapkan kulit 

Manfaat rosemary bagi kecantikan selanjutnya adalah membantu melembapkan kulit. Sebab, daun ini mengandung sifat menghidrasi yang berperan penting dalam mengunci kelembapan pada kulit. Hal ini tentunya dapat membantu membuat kulit menjadi lebih lembut dan bercahaya. 

5. Bermanfaat untuk rambut

Nyatanya, daun rosemary juga tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan kulit, tetapi juga kecantikan rambut. Perlu diketahui bahwa daun ini telah banyak digunakan untuk rambut rontok dalam pengobatan herbal Barat selama berabad-abad.

Bahkan, studi yang dipublikasikan pada U.S. National Library of Medicine pada 2015 silam, menunjukkan hasil yang menarik. Nah, penelitian tersebut menjelaskan bahwa penggunaan minyak rosemary secara teratur dapat lebih bermanfaat daripada minoxidil dalam meningkatkan pertumbuhan dan kekuatan rambut. 

Selain itu, menurut studi lain yang dipublikasikan pada tahun 2012, minyak dari daun ini telah menunjukkan manfaat yang menjanjikan dalam pengobatan androgenetic alopecia dan alopecia areata. 

Itulah beberapa manfaat daun rosemary bagi kecantikan. Berdasarkan beberapa manfaat tersebut, tidak ada salahnya untuk menggunakannya sebagai bahan perawatan kulit alami. Selain merawat kulit, pastikan juga untuk senantiasa menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Hal ini dapat dilakukan melalui penerapan pola hidup sehat, dan rutin memeriksakan kesehatan. 

Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa membuat janji rumah sakit untuk memeriksakan kesehatan tubuh. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 
Mind Body Green. Diakses pada 2022. Rosemary’s Benefits For Skin & Hair Care + How To Use It At Home. 
Emedihealth. Diakses pada 2022. Amazing Benefits of Rosemary for Skin and Hair. 
Times of India. Diakses pada 2022. Rosemary for your skin. 
NIH. Diakses pada 2022. Rosemary oil vs minoxidil 2% for the treatment of androgenetic alopecia: a randomized comparative trial. 
Indian Institute of Spices Research. Diakses pada 2022. Rosemary.