• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Jenis Buah dengan Kandungan Serat Tinggi

Ini Jenis Buah dengan Kandungan Serat Tinggi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Banyak orang yang sadar dan tahu bahwa memenuhi asupan serat sebaiknya dilakukan. Salah satu manfaat asupan buah dalam tubuh adalah membantu melancarkan sistem pencernaan. Sayangnya, tidak banyak orang yang mengerti dan mengenali jenis makanan mana yang mengandung serat. Padahal, kurang asupan serta bisa memberi dampak kurang baik bagi tubuh. 

Serat menjadi salah satu jenis nutrisi yang penting untuk dikonsumsi tubuh secara rutin. Dengan kata lain, penting untuk memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi setiap hari mengandung serat, misalnya pada sayur dan buah. 

Buah-buahan memang dikenal sebagai jenis makanan yang banyak mengandung serat, tetapi ada beberapa jenis buah yang memiliki serat lebih banyak dibanding buah lainnya. 

Baca juga: Macam-Macam Sumber Makanan Sehat untuk Anak

Jenis Buah yang Tinggi Serat

Tubuh manusia membutuhkan asupan serat, salah satunya untuk membantu sistem pencernaan tetap baik. Selain itu, kandungan serat juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol serta mencegah kesulitan buang air besar alias konstipasi. Tak hanya memberi manfaat untuk tubuh, mengonsumsi serat juga bisa membantu mencegah risiko penyakit berbahaya. 

Orang yang rutin mengonsumsi makanan dengan kandungan serat, misalnya buah-buahan, disebut memiliki risiko lebih rendah untuk terserang stroke, penyakit jantung, diabetes tipe 2, kanker usus, serta kanker pankreas. Serat yang dibutuhkan tubuh bisa ditemukan secara alami pada tanaman, itu yang menjadikan buah-buahan menjadi salah satu jenis makanan dengan kandungan serat tinggi. 

Secara umum, ada dua jenis serat yang perlu diketahui. Ada serat larut air dan serat yang tidak larut air. Kamu bisa mendapat asupan serat yang larut air dari konsumsi buah-buahan, sayuran, oat, hingga rumput laut atau agar-agar. Sementara untuk serat yang tak larut air, bisa didapatkan dari biji-bijian, gandum, dan beberapa jenis sayur seperti bayam. 

Tidak hanya memberi manfaat sehat, mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan serat juga disarankan pada orang yang tengah menjalani diet. Pasalnya, jenis nutrisi yang satu ini disebut lebih cepat memberi rasa kenyang dan melancarkan pencernaan. Dengan begitu, penurunan berat badan diyakini bisa terjadi dengan lebih cepat dan sehat. 

Baca juga: 6 Makanan Berserat Terbaik untuk Kesehatan

Buah-buahan dikenal memiliki kandungan serat, tetapi ada beberapa yang disebut lebih unggul, seperti jeruk, kiwi, pisang, apel, buah pir, mangga, dan buah nangka. Kamu bisa mendapat asupan serat secara maksimal dengan mengonsumsi buah, baik dimakan langsung maupun dijadikan salad. Jika ingin konsumsi jus buah, sebaiknya hindari menambahkan bahan lain, seperti gula atau kental manis. 

Kebutuhan serat setiap orang bisa saja berbeda, tergantung pada jenis kelamin, usia, hingga aktivitas harian. Pada wanita, jumlah asupan serat yang disarankan setiap hari adalah antara 21–25 gram. Sedangkan pada laki-laki, kebutuhan serat harian adalah 30–38 gram. Kamu bisa memenuhi kebutuhan serat salah satunya dengan memastikan konsumsi setidaknya satu porsi buah setiap hari. 

Serat juga dibutuhkan anak, rata-rata anak yang berusia 1 hingga 3 tahun membutuhkan serat sekitar 16 gram per hari. Kebutuhan serat harian semakin bertambah seiring usia, pada anak usia 4 hingga 10 tahun dibutuhkan asupan serat sekitar 20 hingga 25 miligram per hari, dan remaja membutuhkan setidaknya 30–35 gram serat tiap hari. 

Cari tahu lebih lanjut seputar manfaat serat dan jenis makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc.Dokter bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dari ahlinya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Chart of high-fiber foods.
NHS UK. Diakses pada 2020. How to get more fibre into your diet.
Everyday Health. Diakses pada 2020. Why Is Fiber Important in Digestive Health?
Health. Diakses pada 2020. 15 Foods That Help You Poop.