• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jenis Makanan yang Aman Dikonsumsi Pengidap Flu Perut

Jenis Makanan yang Aman Dikonsumsi Pengidap Flu Perut

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Jenis Makanan yang Aman Dikonsumsi Pengidap Flu Perut

Halodoc, Jakarta – Pernah mendengar istilah flu perut? Penyakit ini dikenal dengan sebutan gastroenteritis, yang dipicu oleh virus Norovirus. Flu perut ditandai dengan sejumlah gejala, seperti mual dan diare parah. Proses pengobatannya sendiri perlu ditunjang dengan mengonsumsi sejumlah makanan sehat bergizi seimbang. Berikut ini sejumlah makanan untuk pengidap flu perut yang mampu menunjang proses penyembuhan:

Baca juga: Adakah Efek Samping Antibiotik untuk Obati Flu?

1. Pisang

Pisang merupakan buah yang kaya kalium dan vitamin B6. Kedua kandungan tersebut mampu memperkuat antibodi seseorang yang sedang mengalaminya. Sifatnya yang mudah dicerna, membuat buah ini mampu memberikan energi instan. Bukan itu saja, buah ini dapat mengisi kembali kandungan mineral yang hilang dari dalam tubuh, juga dapat  menjaga keseimbangan elektrolit.

Kamu bisa mengonsumsi beberapa potong pisang saat merasa mual. Tingkatkan jumlah konsumsinya secara perlahan. Kamu bisa saja semakin merasa mual jika tidak menyukai rasanya. Jika itu terjadi, sebaiknya jangan dilanjutkan. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa mengonsumsinya sebanyak dua kali dalam sehari.

2. Jahe

Jahe bersifat antibakteri dan antivirus yang dapat membantu mengurangi iritasi pada lambung. Rempah ini juga dapat mengurangi muntah dan diare dengan membantu perut mencerna makanan dengan lebih baik. Caranya konsumsinya adalah dengan memasukkan bubuk jahe sebanyak 1 sendok teh ke segelas air hangat. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa mengonsumsinya secara berkala hingga gejala mereda.

3. Beras atau Air Beras

Makanan untuk pengidap flu perut selanjutnya adalah beras atau air beras. Saat mengalami flu perut, tubuh bisa saja mengalami dehidrasi akibat terus-menerus buang air. Nah, untuk mengembalikan cairan yang hilang, kamu dapat mengonsumsi beras atau air beras karena mengandung nutrisi yang membantu melapisi lambung, dan menurunkan keluarnya tinja cair. Caranya dengan mengonsumsi nasi putih atau rebus nasi merah dalam air, lalu tiriskan cairannya dan konsumsi.

Baca juga: 3 Tips Aman Puasa saat Mengalami Sakit Flu

4. Buah

Buah yang tidak boleh dikonsumsi pengidap flu perut adalah buah dengan rasa asam. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk mengonsumsi buah rendah asam untuk mengatasi flu perut. Beberapa jenis buah tersebut adalah semangka, melon, pepaya, persik, beri, dan mangga. Untuk hasil yang maksimal, konsumsi sebanyak 1–2 kali sehari, ya.

5. Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin, yang mampu meningkatkan kemampuan sel darah putih untuk melawan infeksi. Untuk hasil yang maksimal, konsumsi bawang putih secara teratur, ya. Caranya dengan menghancurkan 2–3 siung bawang putih, dan konsumsi dengan madu setiap hari.

6. Air Kelapa

Air kelapa merupakan larutan rehidrasi yang sangat baik untuk mengatasi flu perut. Bagi pengidap yang mengalami diare dan muntah ringan, air kelapa mampu mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Caranya dengan mengonsumsi air kelapa setiap pagi dalam keadaan perut masih kosong.

Baca juga: Waspadai, Flu Dapat Sebabkan Penurunan Trombosit

Itulah sejumlah makanan untuk pengidap flu perut yang efektif dalam meringankan keluhan yang dirasakan. Jika sejumlah makanan tersebut tidak dapat mengatasi flu perut yang kamu alami, silahkan diskusikan gangguan tersebut dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. What to Eat, Drink and Avoid When You Have the Stomach Flu.
Medical News Today. Diakses pada 2021. 33 foods to eat if you have stomach flu.
Healthline. Diakses pada 2021. 17 Foods and Drinks for When the Stomach Flu Strikes.