• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Aman atau Tidak, Pengidap Sakit Maag Makan Pisang?

Aman atau Tidak, Pengidap Sakit Maag Makan Pisang?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Bagi kamu yang memiliki sakit maag, kamu dianjurkan untuk memperhatikan makanan yang konsumsi. Pasalnya, beberapa jenis makanan tertentu bisa memperburuk kondisi penyakit kamu.

Pisang adalah salah satu buah yang dikenal menyehatkan, karena mengandung berbagai nutrisi baik untuk tubuh. Namun, amankah pisang untuk dikonsumsi pengidap maag? Yuk, cari tahu jawabannya di sini.

Baca juga: Benarkah Konsumsi Pisang saat Sarapan Memberi Dampak Buruk?

Pisang Aman untuk Dikonsumsi Pengidap Sakit Maag

Menurut American College of Gastroenterology (ACG), maag tidak disebabkan oleh makanan, namun makanan yang asam dan pedas bisa memperburuk gejala maag. 

Pisang adalah buah yang memiliki kandungan asam yang rendah, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh pengidap sakit maag dan menjadi pilihan yang lebih baik daripada buah-buahan yang asam, seperti jeruk atau grapefruit

Meski begitu, pisang juga tidak selalu dianggap sebagai pilihan makanan terbaik. Harvard T.H. Chan School of Public Health mencatat bahwa pisang sering disalahkan atas terjadinya peningkatan berat badan, gangguan pencernaan dan sembelit. Namun, para ahli kesehatan tetap sepakat bahwa pisang adalah makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi penting.

Oleh karena itu, Andrew L Rubman, ND, seorang dokter naturopati dan dokter Klinik Southbury untuk Pengobatan Tradisional di Southbury, Connecticut memberi tips untuk makan buah-buahan dengan kadar asam yang rendah, seperti pisang, pir, atau apel dalam porsi kecil sekitar 10-15 menit sebelum makan. Hal tersebut membantu perut bersiap-siap untuk mencerna makanan dan dapat mengurangi gejala gangguan pencernaan.

Baca juga: Saat Maag Menyerang, Inilah Hal-Hal yang Bisa Dilakukan

Manfaat Pisang untuk Sakit Maag

Tidak hanya aman untuk dikonsumsi, pisang juga memberikan manfaat bagi pengidap sakit maag.

Melansir dari laman Mayo Clinic, sakit maag merupakan luka terbuka di perut atau bagian awal usus kecil yang paling sering disebabkan oleh infeksi dari bakteri Helicobacter pylori (H.pylori) atau konsumsi aspirin atau obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) dalam waktu yang lama. 

Nah, menurut penelitian yang dilakukan bertahun-tahun lalu, pola makan tinggi serat bisa mengurangi risiko penyakit maag. Misalnya, ulasan yang diterbitkan dalam jurnal medis Canadian Family Physician pada tahun 2004 mencari literatur medis untuk studi tentang bagaimana pola makan dapat memengaruhi jenis ulkus yang paling umum. Tinjauan tersebut menemukan bahwa diet tinggi buah-buahan dan sayuran mengurangi kemungkinan terjadinya ulkus duodenum.

Studi lain yang melibatkan hampir 50.000 pria yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology pada tahun 1997 menemukan bahwa pria yang memiliki pola makan yang tinggi serat dari buah-buahan dan sayuran memiliki risiko 45 persen lebih rendah terkena tukak duodenum.

Nah, menurut data nutrisi dari Harvard School of Public Health, sebuah pisang yang matang mengandung 3 gram serat. Salah satu serat larut yang ditemukan dalam pisang adalah pektin bermanfaat untuk membantu memindahkan isi perut melalui saluran pencernaan. Hal itu baik karena makanan yang berada terlalu lama dalam perut dapat menghasilkan asam.

Pisang juga baik dikonsumsi oleh orang yang mengalami refluks asam, karena buah rendah asam ini melapisi lapisan esofagus yang teriritasi, sehingga membantu mengurangi ketidaknyamanan.

Jadi, tidak masalah bagi kamu yang memiliki sakit maag bila ingin makan pisang. Buah yang memiliki rasa manis tersebut justru kaya akan berbagai nutrisi penting, seperti vitamin B6, serat, potasium, magnesium, dan vitamin C, sehingga memberikan banyak manfaat kesehatan. Beberapa manfaat kesehatan pisang, antara lain menjaga kesehatan jantung, menyehatkan pencernaan, dan menjaga berat badan yang sehat.

Baca juga: Mengidap Maag? Hindari 10 Makanan yang Bisa Memicunya

Bila kamu memiliki sakit maag, kamu bisa bertanya lebih lanjut pada dokter Halodoc mengenai makanan apa saja yang perlu dihindari agar kondisi kamu tidak memburuk. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga.

Referensi:
Livestrong. Diakses pada 2020. Are Bananas Good for Ulcers?.
AARP. Diakses pada 2020. 5 Top Foods to Stave Off Acid Reflux Symptoms