Selain Tinea Pedis, Kenali 3 Jenis Tinea Lainnya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Tinea Pedis

Halodoc, Jakarta - Pernah mengalami gatal-gatal pada sela-sela jari kaki? Kalau iya, bisa jadi kamu mengidap tinea pedis. Kondisi ini akan membuat kamu merasa enggak nyaman karena rasa gatalnya! Apa yang menyebabkan terjadinya kondisi ini?

Baca juga: Perhatikan Cara Mencegah Tinea Pedis

Tinea Pedis Bisa Bikin Kamu Jadi Enggak Nyaman

Tinea pedis, atau yang lebih dikenal dengan kutu air merupakan infeksi jamur yang sering terdapat pada sela-sela jari kaki. Nah, jika kamu malas untuk menjaga kebersihan kakimu, hati-hati dengan penyakit yang satu ini. Jika sudah terjadi dan tidak segera mendapat penanganan yang tepat, infeksi jamur ini bisa saja bertambah parah dan menyebar ke area tubuh yang lainnya.

Seseorang dengan tinea pedis akan memiliki ruam bersisik dan terasa gatal pada sela jari-jari kakinya. Selain itu, muncul lepuhan pada kulit, kulit kering, mengeras, kulit retak, serta mengelupas. Kutu air ini bahkan bisa saja menyebar pada kuku jari kaki dengan gejala perubahan warna kuku, kerusakan kuku, dan adanya penebalan pada kuku.

Jenis-Jenis Tinea

Tinea sendiri merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur dan dapat berkembang pada beberapa area tubuh. Selain pada sela jari-jari kaki, terdapat beberapa jenis infeksi jamur, di antaranya:

  1. Penyakit jamur pada kulit kepala, yang menyebabkan rambut rapuh dan mudah rontok. Jamur pada kulit kepala ini ditandai dengan adanya pembengkakan pada kulit kepala, kemudian rontoknya rambut. Pembengkakan yang terjadi bahkan disertai dengan adanya nanah.

  2. Penyakit jamur pada kulit paha, yang menyebabkan sakit dan iritasi. Jamur pada kulit paha ini ditandai dengan ruam merah yang mampu menyebar ke dalam sela-sela tubuh.

  3. Penyakit jamur pada kulit, yang muncul dengan warna yang berbeda dan disertai dengan bintik-bintik kecil dan bersisik. Penyakit ini biasanya terjadi pada lengan atas, dada, punggung, leher dan bahkan wajah.

Baca juga: Ketahui Komplikasi Akibat Tinea Pedis

Ini Penyebab Terjadinya Tinea Pedis

Selain jamur, terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami kutu air, yaitu:

  • Kaki yang sering berkeringat.

  • Sering keluar rumah tanpa menggunakan alas kaki.

  • Berbagi handuk, kaus kaki, atau sepatu dengan orang yang terinfeksi.

  • Menggunakan sepatu yang ketat dan tebal.

  • Tidak menjaga kebersihan kaki.

  • Terdapat luka pada jari atau kuku jari kaki.

Begini Langkah Pencegahan Tinea Pedis

Infeksi jamur tinea pedis merupakan penyakit yang dapat dicegah. Nah, untuk menghindari terjadinya penyakit ini, kamu bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

  • Jaga kaki agar selalu kering dan tidak lembap karena keringat.

  • Rutin mencuci sepatu, serta gunakan sepatu yang ringan dan dengan saluran udara yang baik.

  • Selalu gunakan alas kaki ketika bepergian ke luar rumah.

  • Gunakan kaos kaki yang bersih dan hindari penggunaan ulang tanpa mencucinya terlebih dahulu.

  • Jangan berbagi pakai barang pribadi dengan orang lain.

  • Bersihkan kaki secara rutin. Lakukan perawatan kaki dengan produk-produk yang dapat mencegah infeksi jamur bila diperlukan.

Baca juga: Mengidap Tinea Pedis, Ketahui 3 Cara Pengobatannya

Nah, jika kamu sudah melakukan langkah awal pencegahan tetapi gejala belum juga hilang, Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!