14 August 2018

Jujitsu, Cabang Seni Beladiri yang Cocok untuk Wanita

 asian games, jujitsu

Halodoc, Jakarta - Dahulu, bela diri menjadi salah satu jenis olahraga atletik yang lebih banyak dilakukan oleh pria. Namun, semakin tingginya angka kejahatan terhadap perempuan membuat kaum hawa pun tak mau kalah. Asal bisa melindungi diri dari bahaya, berbagai jenis olahraga bela diri pun dilakukan, seperti Jujitsu yang juga menjadi olahraga yang dilombakan di ajang Asian Games 2018 nanti.

Siapa sangka, ternyata jujitsu lebih berkembang di Brazil, meski Jepang adalah negara yang menciptakan olahraga bela diri ini. Fokus dari jujitsu adalah pertarungan di bawah lantai, bukan pertarungan langsung seperti halnya karate atau pencak silat. Melalui jujistu, wanita bisa belajar ilmu pertahanan diri dengan mengunci anggota tubuh lawan menggunakan anggota tubuh sendiri.

Manfaat Jujitsu

Selain untuk melindungi diri dari bahaya kejahatan di luar, apa lagi manfaat jujitsu yang bisa didapatkan oleh wanita?

1. Menggerakkan Semua Anggota Tubuh

Saat berlatih jujitsu, semua anggota tubuh akan bergerak dengan maksimal dengan adanya gerakan menendang, menangkis, terlebih ketika mengunci lawan. Tentu saja, tenaga yang dibutuhkan pun tidak sedikit, karena dibutuhkan power ekstra di satu anggota tubuh agar lawan bisa terkunci dan tidak mampu melakukan perlawanan.

Secara tidak langsung, kalori yang akan dikeluarkan tubuh ketika melakukan jujitsu tidak sedikit, dan ini sangat baik untuk kamu yang ingin belajar bela diri sekaligus pembentukan tubuh. Pun, jantung akan memompa darah lebih cepat ketika kamu bergerak, sehingga kinerja organ tubuh ini akan semakin maksimal.

Baca juga: Manfaat Berlatih Muay Thai untuk Wanita 

2. Memaksimalkan Reflek dan Kekuatan Tubuh

Melalui jujitsu, kewaspadaan kamu juga akan terlatih. Kamu bisa mengenali ketika ada seseorang yang berniat berbuat jahat kepadamu. Ini karena kamu telah pandai mengenali suasana, sehingga kamu pun bisa lebih siap menghadapinya. Selain itu, kekuatan tubuh kamu juga lebih meningkat. Kapan pun, kamu akan selalu memasang kuda-kuda terbaik dari sikap berdiri. Dengan begitu, kamu siap menyerang dan menghadapi serangan dengan tenaga penuh.

3. Memaksimalkan Fleksibilitas Tubuh

Fokus olahraga yang akan dimainkan dalam Asian Games 2018 nanti adalah mengunci lawan di tanah. Tentunya, kamu membutuhkan kecepatan gerak untuk bisa segera mengunci lawan sebelum diserang. Gerakan-gerakan jujitsu bisa membantu kamu mendapatkan fleksibilitas tubuh yang lebih baik ketika kamu bergerak.

4. Melatih Fokus dan Konsentrasi

Dalam jujitsu, kamu harus bisa melakukan tendangan, pukulan, membanting, dan kuncian dalam waktu yang bersamaan. Tanpa adanya konsentrasi, kamu tidak akan bisa melakukannya, karena semua gerakan ini membutuhkan konsentrasi tinggi dan keahlian khusus.

5. Meningkatkan Stamina Tubuh

Seperti halnya olahraga lain, jujitsu juga memaksa semua anggota tubuh untuk aktif bergerak, terutama ketika kamu melakukan gerakan kuncian. Pergerakan anggota tubuh ini akan memacu kebugaran dan meningkatkan stamina. Ditambah dengan optimalnya kinerja sistem metabolisme tubuh yang menjadikan tubuh kamu tidak mudah sakit.

Baca juga: 4 Beladiri yang Bermanfaat untuk Perempuan

Itu tadi beberapa manfaat jujitsu yang bisa didapatkan. Dalam ajang Asian games 2018 sendiri, cabang olahraga jujitsu yang dilombakan hanyalah nomor Nezawa, yang berfokus pada kuncian dan patahan yang mirip seperti judo. Padahal, selain Nezawa, masih ada Fighting System dan Duo System.

Jujitsu memang bisa dilakukan oleh siapa saja, tetapi ada baiknya kamu bertanya dahulu pada dokter, apakah olahraga ini baik dilakukan, terlebih jika kamu punya riwayat kesehatan tertentu. Agar lebih mudah, donwload aplikasi Halodoc dan pilih layanan Tanya Dokter. Semua dokter di aplikasi Halodoc akan membantu kamu selama 24 jam setiap harinya.