• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kacang Almond Bermanfaat untuk Diet, Ini Alasannya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kacang Almond Bermanfaat untuk Diet, Ini Alasannya

Kacang Almond Bermanfaat untuk Diet, Ini Alasannya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 08 Desember 2021
Kacang Almond Bermanfaat untuk Diet, Ini Alasannya

“Salah satu manfaat yang dapat diperoleh dari mengonsumsi kacang almond adalah dapat membantu diet. Kacang almond kaya akan serat, protein, dan lemak sehat sehingga membuat tubuh kenyang lebih lama. Menariknya lagi, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kacang almond juga dapat membantu menurunkan berat badan.”

Halodoc, Jakarta – Kacang almond atau Prunus dulcis merupakan salah satu makanan sehat yang banyak peminatnya. Selain karena rasanya yang lezat, kacang almond juga diperkaya oleh berbagai nutrisi penting. Alhasil, mengonsumsi kacang almond diyakini dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan. 

Salah satunya adalah bermanfaat untuk  membantu melancarkan diet. Namun, benarkah demikian? Kira-kira apa alasannya ya? Yuk simak penjelasannya di sini! 

Ketahui Dulu Kandungan Nutrisinya

Dilansir dari Healthline, perlu diketahui bahwa pada setiap sajian segenggam almond dengan berat sekitar 28 gram, mengandung:

  • Serat: 3,5 gram.
  • Protein: 6 gram.
  • Lemak: 14 gram (9 di antaranya tak jenuh tunggal).
  • Vitamin E: 37% dari rekomendasi asupan harian.
  • Mangan: 32% dari rekomendasi asupan harian.
  • Magnesium: 20% dari rekomendasi asupan harian.

Selain itu, kacang almond juga mengandung tembaga, vitamin B2 dalam bentuk riboflavin, dan fosfor dalam jumlah yang layak. Menariknya lagi, kacang almond juga rendah akan kalori, yaitu sekitar 161 kalori dan 2,5 gram karbohidrat.

Ini Alasan Kacang Almond Bermanfaat untuk Diet

Alasan kacang almond bermanfaat untuk diet dikarenakan oleh sifatnya yang mengenyangkan dan dapat membuat tubuh kenyang lebih lama. Sebab, almond kaya akan  kandungan nutrisi seperti serat, protein dan lemak sehat. Nah, banyak penelitian yang menjelaskan bahwa makanan kaya protein seperti almond dapat membuat tubuh kenyang lebih lama. 

Salah satunya adalah penelitian yang dipublikasikan pada National Library of Medicine tahun 2013 silam. Penelitian yang dilakukan oleh 137 peserta selama empat minggu tersebut menunjukkan bahwa porsi 1,5 ons (43 gram) almond setiap hari, secara signifikan dapat mengurangi rasa lapar dan keinginan untuk makan.

Selain mengenyangkan, kacang almond juga dapat membantu penurunan berat badan. Hal ini berdasarkan penelitian yang berjudul Almonds vs complex carbohydrates in a weight reduction program. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa diet rendah kalori dengan tiga ons (84 gram) almond, dapat meningkatkan peluang penurunan berat badan sebesar 62 persen. Jumlah tersebut jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan diet yang diperkaya karbohidrat kompleks.

Studi lain yang dilakukan pada 100 wanita yang mengalami obesitas juga menunjukkan hasil yang menjanjikan. Mereka yang mengonsumsi almond mengalami penurunan ukuran lingkar pinggang dan kehilangan lebih banyak berat badan. 

Berdasarkan penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa kacang almond bermanfaat untuk diet karena dapat mengenyangkan perut lebih lama. Hal ini tentunya diharapkan dapat mengurangi keinginan seseorang untuk makan lebih banyak, sehingga membantu proses penurunan berat badan. 

Meski begitu, penelitian lebih dalam mengenai efektivitas almond dalam diet masih diperlukan. Perlu diingat juga bahwa setiap orang akan memiliki kebutuhan gizi yang berbeda, sehingga penting untuk terlebih dahulu berkonsultasi kepada dokter spesialis gizi.

Manfaat Lain Kacang Almond yang Perlu Diketahui

Selain dipercaya bermanfaat untuk diet, kacang almond juga memiliki beberapa manfaat lainnya. Salah satunya adalah dapat membantu menurunkan kolesterol jahat sebagai faktor risiko pemicu penyakit kardiovaskuler. Hal ini berdasarkan sebuah  penelitian yang dipublikasikan pada 2010 silam. Penelitian yang dilakukan pada 65 partisipan selama 16 minggu tersebut menemukan bahwa, diet yang menyediakan 20 persen kalori dari almond menurunkan kadar kolesterol LDL rata-rata 12,4 miligram. 

Nah, itulah penjelasan mengenai alasan kacang almond bermanfaat untuk diet. Hal ini lantaran nutrisi kacang almond dapat mengenyangkan tubuh lebih lama sehingga membantu penurunan berat badan. Meski begitu, penelitian ilmiah secara lebih dalam tentu masih dibutuhkan terkait efektivitasnya. 

Bagi kamu yang ingin menjalani program diet, penting untuk mengetahui kebutuhan kalori yang diperlukan dan yang harus dikurangi. Tujuannya agar program dietmu berjalan secara lancar dengan cara yang sehat. 

Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa membuat janji dengan ahli gizi atau dokter spesialis gizi di rumah sakit terdekat untuk memeriksakan kalori yang dibutuhkan dan perlu dikurangi. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu berlama-lama. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2021.9 Evidence-Based Health Benefits of Almonds 
NIH. Diakses pada 2021. Almonds vs complex carbohydrates in a weight reduction program
NIH. Diakses pada 2021. Almond consumption and cardiovascular risk factors in adults with prediabetes
NIH. Diakses pada 2021. Appetitive, dietary and health effects of almonds consumed with meals or as snacks: a randomized, controlled trial
Verywell Fit. Diakses pada 2021. Are Almonds Good for Weight Loss?
The American Journal of  Clinical Nutrition. Diakses pada 2021. Gluconeogenesis and energy expenditure after a high-protein, carbohydrate-free diet
British Journal of Nutrition. Diakses pada 2021. Presence or absence of carbohydrates and the proportion of fat in a high-protein diet affect appetite suppression but not energy expenditure in normal-weight human subjects fed in energy balance
Healthline. Diakses pada 2021. The 8 Best Exercises for Weight Loss