• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kaki Bengkak saat Trimester Ketiga, Ini Cara Mengatasinya

Kaki Bengkak saat Trimester Ketiga, Ini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Menjalani kehamilan menjadi suatu hal yang sangat membahagiakan bagi sebagian orang. Namun, kebahagiaan harus disertai dengan beberapa kondisi yang terkadang dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada ibu. Berbagai perubahan akan dialami oleh ibu ketika menjalani kehamilan, mulai dari perubahan hormon hingga perubahan bentuk tubuh. Tidak hanya pada trimester pertama kehamilan, memasuki usia kehamilan trimester ketiga tidak jarang ibu hamil mengalami perubahan, salah satunya adalah pembengkakan pada kaki.

Baca juga: Kaki Bengkak saat Hamil? Ini Cara Mengatasinya

Pembengkakan beberapa bagian tubuh atau dikenal sebagai edema cukup normal dialami oleh ibu hamil. Umumnya, pembengkakan terjadi pada beberapa bagian tubuh, tetapi kondisi ini sering dialami pada bagian kaki. Kaki bengkak pada saat trimester ketiga terjadi akibat tubuh memproduksi cairan dan darah dua kali lebih banyak dari biasanya untuk proses perkembangan janin. Meskipun tidak berbahaya, tetapi sebaiknya ketahui beberapa cara untuk mengatasi agar ibu hamil tetap merasa nyaman saat menjalani kehamilan di usia trimester ketiga.

Penyebab Kaki Bengkak saat Hamil

Tidak hanya berat badan yang bertambah dan perut yang semakin membesar, memasuki trimester ketiga ibu juga akan mengalami pembengkakan pada beberapa bagian tubuh. Namun, kondisi ini lebih sering dialami pada bagian kaki. Jangan khawatir, kaki bengkak saat memasuki usia kehamilan trimester ketiga merupakan hal yang normal dialami oleh ibu hamil. Bahkan, beberapa ibu hamil sudah mengalami pembengkakan pada kaki saat memasuki usia trimester kedua dan semakin membesar saat trimester ketiga.

Kondisi ini terjadi akibat tubuh yang memproduksi cairan dan juga darah menjadi dua kali lebih banyak dari sebelum kehamilan. Cairan dan darah yang diproduksi dalam tubuh digunakan untuk melembutkan tubuh agar dapat berkembang dengan optimal sehingga membantu proses perkembangan bayi dalam rahim. Selain itu, tambahan cairan dan darah dapat membantu sendi pinggul dan jaringan disekitarnya untuk melakukan persiapan dalam proses persalinan.

Baca juga: Kaki Bengkak Saat Hamil, Bolehkah Berolahraga?

Tidak hanya itu, melansir dari Healthline, ada beberapa faktor pemicu lainnya yang dapat menyebabkan kaki bengkak di kehamilan trimester ketiga, seperti:

  1. Cuaca panas;
  2. Asupan kafein;
  3. Tidak cukup memenuhi kebutuhan air;
  4. Berdiri dalam waktu yang cukup lama.

Itulah beberapa faktor yang dapat meningkatkan kaki bengkak. Namun, jika ibu mengalami pembengkakan secara tiba-tiba yang disertai dengan sakit kepala dan perdarahan, segera lakukan pemeriksaan pada dokter kandungan di rumah sakit terdekat agar terhindar dari berbagai gangguan kehamilan yang dapat terjadi di trimester ketiga. Gunakan aplikasi Halodoc untuk mencari rumah sakit terdekat sehingga penanganan dapat dilakukan dengan lebih cepat.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak

Pembengkakan pada kaki dapat hilang dengan sendirinya setelah ibu menjalani proses persalinan. Namun, untuk menghindari rasa tidak nyaman ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kaki bengkak.

  1. Sebaiknya lebih perhatikan kondisi kaki. Jika ibu sudah merasa lelah, sebaiknya segera beristirahat dalam posisi duduk dan hadapkan kaki ke atas. Sesekali lakukan peregangan pada bagian kaki agar lebih terasa nyaman.
  2. Saat berbaring sebaiknya tidur menghadap ke arah kiri. Hal ini dapat membantu menurunkan tekanan dari vena besar yang akan mengembalikan darah menuju jantung.
  3. Lakukan aktivitas ringan dengan berjalan kaki di sekitar rumah untuk meredakan rasa tidak nyaman pada bagian kaki.
  4. Gunakan pakaian hamil yang nyaman. Sebaiknya hindari pakaian yang terlalu ketat dapat menekan pembuluh darah yang menyebabkan kaki bengkak semakin tidak nyaman.
  5. Hindari berdiri terlalu lama.
  6. Gunakan kompres dingin untuk mengompres bagian kaki yang bengkak.
  7. Penuhi kebutuhan cairan selama kehamilan dengan baik.
  8. Batasi asupan makanan yang memiliki kandungan garam cukup tinggi.

Baca juga: 5 Hal Ini Menunjukkan Tanda Kehamilan yang Sehat

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kaki bengkak saat kehamilan. Tidak ada salahnya untuk lakukan olahraga ringan secara rutin setiap harinya. Kamu bisa melakukan jalan santai di sekitar rumah, berenang, atau melakukan senam hamil agar kondisi kesehatanmu tetap optimal menjelang persalinan.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 13 Home Remedies for Swollen Feet During Pregnancy.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. What Causes Ankle Swelling During Pregnancy and What Can I Do About It?