09 May 2018

Kalsium dan Vitamin untuk Program Diet Vegetarian

Kalsium dan Vitamin untuk Program Diet Vegetarian

Halodoc, Jakarta - Kunci utama untuk diet vegetarian, sama seperti diet apapun, terletak di perpaduan makanan yang kamu konsumsi. Tidak ada satu jenis makanan yang dapat menyediakan seluruh nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Itulah kenapa pilihan makanan menjadi penting. Inilah nutrisi esensial yang tetap dibutuhkan meski kamu diet vegetarian.

(Baca juga: Ketahui Nutrisi Sayuran Hijau yang Enggak Boleh Dilewatkan)

Kalsium

Kalsium dapat membantu membangun dan menjaga kekuatan gigi dan tulang. Produk dairy seperti susu adalah sumber terbesar kalsium. Namun bila kamu termasuk vegan yang tidak memakan susu sapi dan produk turunannya, kamu bisa mengganti susu sapi dengan susu almond atau kedelai.

Selain itu, sayuran berwarna hijau tua seperti lobak, sawi hijau, dan brokoli juga merupakan sumber kalsium tinggi yang bisa kamu konsumsi secara rutin. Produk lain yang kaya akan kalsium termasuk sereal, susu kedelai, yoghurt kedelai, dan tahu.

Vitamin D

Vitamin D juga berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang. Vitamin D bisa didapatkan dari susu sapi. Sebagai alternatif susu sapi, kamu bisa mendapat vitamin D dari susu kedelai dan beras. Sereal juga mengandung vitamin D. Untuk lebih yakin, cek dulu label daftar bahan makanan yang digunakan di produk tersebut sebelum membeli.

Vitamin B-12

Vitamin B-12 diperlukan untuk memproduksi sel darah merah dan mencegah anemia. Vitamin ini ditemukan hampir secara eksklusif di produk-produk hewani. Karena itu, vitamin ini agak sulit didapatkan dalam program diet vegetarian. Ditambah lagi, kekurangan vitamin B-12 juga sulit dideteksi, terlebih lagi pada orang-orang yang menjalani program diet vegetarian. Hal ini disebabkan oleh vitamin folat yang ada dalam sayuran, yang dapat menyembunyikan efek kekurangan vitamin B-12 sampai masalahnya sudah cukup besar.

Namun kamu tak perlu khawatir, karena ada makanan sumber vitamin B-12 alternatif untuk kamu, diantaranya jamur shitake, rumput laut nori, susu almond, santan, hingga sereal dengan kandungan vitamin B-12.

(Baca juga: Mau Sehat dan Langsung? Perhatikan Cara Diet Vegetarian Ini)

Untuk itu, sangatlah penting bagi kamu yang mau menjalani diet vegetarian ini untuk mengonsumsi sereal yang penuh vitamin dan produk kedelai terfortifikasi. Nutrisi di atas juga bisa kamu dapatkan dari suplemen tambahan. Sebelum memilih suplemen yang tepat, diskusikan dulu dengan dokter ahli supaya vitamin bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Kamu bisa tanyakan pada dokter yang ada di aplikasi Halodoc. Setelah itu, kamu juga bisa langsung beli vitaminnya di Halodoc tanpa harus keluar rumah. Praktis ya? Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!