• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kata Dokter: Kenali Faktor yang Dapat Merusak Kulit
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kata Dokter: Kenali Faktor yang Dapat Merusak Kulit

Kata Dokter: Kenali Faktor yang Dapat Merusak Kulit

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 26 November 2021
Kata Dokter: Kenali Faktor yang Dapat Merusak Kulit

“Memiliki kulit cantik natural memang jadi idaman setiap wanita. Namun, tahukah kamu kalau ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab kulit rusak? Yuk, cari tahu lebih lengkap langsung bersama ahlinya, dr. Anindita Athaya Putri, dokter umum dari Halodoc!”

Halodoc, Jakarta – Banyak sekali masalah kesehatan kulit yang mungkin salah satunya pernah kamu alami, seperti jerawat, flek hitam, kulit kering, hingga tanda penuaan dini. Tak heran jika sebagian besar orang memilih untuk melakukan perawatan kulit untuk bisa mengatasi masalah tersebut, sekaligus menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit tampak lebih cerah alami. 

Sayangnya, perawatan kulit yang kamu lakukan belum tentu bisa memberikan hasil yang maksimal. Pasalnya, untuk bisa merawat dan menjaga kulit tetap sehat, terlebih dahulu kamu perlu mengetahui apa saja faktor yang menjadi penyebab kulit rusak. Jadi, kamu bisa menentukan pilihan perawatan yang tepat dan hasilnya pun jadi lebih maksimal. 

Faktor Penyebab Kulit Jadi Rusak

Menurut paparan dr. Anindita Athaya Putri seperti dalam akun Instagram Halodoc, ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab kulit rusak, antara lain: 

  1. Faktor Eksternal

Penyebab yang termasuk dalam faktor eksternal, seperti paparan sinar matahari berlebihan, radikal bebas, paparan panas dan blue light, polusi, alkohol, rokok, serta penggunaan produk kosmetik yang tidak sesuai dengan kondisi kesehatan kulit. Efek buruk dari radikal bebas dan sinar matahari dapat merusak kulit sampai lapisan terdalam. 

Sementara itu, sinar UV A juga bisa menembus hingga lapisan dermis kulit. Akhirnya, dalam jangka waktu yang panjang bisa berakibat pada penuaan dini. Lalu, sinar UV B dapat menimbulkan kemerahan pada kulit, dan radikal bebas dapat mengakibatkan penurunan elastisitas kulit, muncul kerutan, bintik kecoklatan, atau flek. 

Terakhir, paparan panas dan blue light yang berasal dari benda elektronik seperti gawai yang berlebihan dapat berujung pada terjadinya hiperpigmentasi dan berpotensi memunculkan kerutan. Tanda penuaan dini sendiri juga bisa terjadi karena kebiasaan buruk sehari-hari, seperti terlalu lama berinteraksi di depan layar ponsel atau komputer, paparan panas saat memasak, dan konsumsi gula berlebihan. 

  1. Faktor Internal

Lalu, ada pula penyebab kulit rusak yang berasal dari faktor internal, yaitu hormonal, genetik, stres, kurang tidur, dan dehidrasi. Timbulnya jerawat, kulit kusam, berminyak ada yang disebabkan karena masalah hormon atau bisa juga karena genetik. Inilah sebabnya merawat kulit tidak cukup dari luar saja. 

Merawat Kulit agar Tidak Mudah Rusak

Kulit sendiri terbagi menjadi tiga lapisan, yaitu epidermis, dermis, dan subkutan. Penggunaan produk kecantikan hanya menutrisi sampai lapisan epidermis, sementara itu jika kamu ingin mendapatkan kulit yang sehat, harus dilakukan perawatan sampai pada lapisan terdalam. 

Perawatan kulit dari dalam bisa kamu lakukan dengan cara membiasakan pola hidup dan pola makan yang sehat, dan tak kalah pentingnya, mengonsumsi suplemen yang menunjang kesehatan dan kecantikan kulit. Suplemen dengan kandungan vitamin E dibutuhkan karena hanya mengonsumsi buah dan sayur tidak mampu memenuhi kebutuhan nutrisi kulit. 

Vitamin E sendiri memang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan antioksidannya mampu menangkal radikal bebas sekaligus membantu meningkatkan imunitas tubuh. Kalau kamu memiliki masalah kesehatan kulit yang membutuhkan penanganan, kamu bisa langsung membuat janji di rumah sakit terdekat menggunakan aplikasi Halodoc. Jadi, pastikan kamu sudah punya aplikasi Halodoc, segera download di App Store atau Play Store!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi: 
Instagram Halodoc. Diakses pada 2021. Faktor yang Dapat Merusak Kulit Wajah.
Everyday Health. Diakses pada 2021. 5 Common Culprits in Skin Damage.
Hutton Klein Dermatology. Diakses pada 2021. Common Causes of Skin Damage.