• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kata Dokter: Vitamin dan Suplemen Pelancar Aliran Darah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kata Dokter: Vitamin dan Suplemen Pelancar Aliran Darah

Kata Dokter: Vitamin dan Suplemen Pelancar Aliran Darah

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 11 Februari 2022

“Setiap hari tubuh membutuhkan berbagai macam nutrisi agar kesehatannya tetap terjaga. Salah satu yang perlu dipenuhi adalah vitamin yang bisa didapatkan dari makanan atau suplemen. Disebutkan juga jika ada vitamin dan suplemen yang dapat menjadi pelancar aliran darah.”

Kata Dokter: Vitamin dan Suplemen Pelancar Aliran Darah

Halodoc, Jakarta – Sangat penting untuk menjaga kesehatan dengan mencukupi nutrisi yang dibutuhkan tubuh, termasuk juga vitamin dan beberapa suplemen. Nah, ada beberapa vitamin dan suplemen yang mampu memperlancar aliran darah tetapi tidak semua orang tahu jenis yang dikonsumsi. Untuk tahu lebih lanjut tentang hal ini, bisa kamu baca ulasan berikut ini!

Beberapa Vitamin dan Suplemen Pelancar Aliran Darah

Nutrisi di dalam makanan dapat membantu tubuh untuk menjaga arteri dan vena tetap kuat dalam jangka panjang agar aliran darah tetap lancar. Maka dari itu, penting bagi semua orang untuk memilih makanan yang kaya akan vitamin dibutuhkan agar pembuluh darah tetap sehat. Terkadang, kamu perlu vitamin yang kurang dari makanan dengan konsumsi suplemen.

Sistem peredaran darah perlu dijaga kelancarannya karena mampu menyediakan sel-sel yang mengandung oksigen dan nutrisi, sekaligus mengeluarkan limbah dari aliran darah. Sebab, sirkulasi yang buruk dapat menyebabkan berbagai gangguan dan yang terburuk adalah penyakit kardiovaskular.

Gangguan kardiovaskular ini terjadi ketika arteri mengalami sumbatan akibat timbunan lemak yang menyebabkan dinding arteri menebal, atau bahkan dinding arteri yang menjadi kurang elastis. 

Menurut dr. Keisha Nabila, dokter umum dari Halodoc, ada beberapa vitamin dan suplemen yang dikenal ampuh untuk melancarkan darah, antara lain vitamin E, vitamin B, vitamin B3, zat besi, asam lemak omega 3, dan kurkumin. Kamu dapat memenuhinya melalui makanan atau minum suplemen.

Nah, berikut penjelasan tentang beberapa vitamin dan suplemen yang perlu kamu penuhi:

1. Vitamin D

Vitamin D termasuk salah satu nutrisi yang dipercaya mampu menyehatkan peredaran darah. Nutrisi ini mampu meningkatkan sirkulasi dengan bekerja memperkuat sel-sel endotel berguna untuk penghalang antara pembuluh darah dan jaringan yang mampu mengatur aliran zat masuk dan keluar. Vitamin ini juga dapat membantu untuk memperkuat pembuluh darah dan mengurangi kadar hormon angiotensin yang meningkatkan tekanan darah dan peradangan.

Tidak seperti vitamin lainnya, kamu bisa mendapatkan asupan vitamin D saat tubuh terkena sinar matahari. Sumber makanan yang mengandung vitamin D juga terbatas, meskipun dapat ditemukan pada ikan berminyak, telur, dan jamur. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan asupan tambahan melalui suplemen vitamin dan tidak disarankan mengonsumsi lebih dari 400 IU per hari.

2. Vitamin B

Vitamin pelancar aliran darah lainnya adalah vitamin B. Khususnya, vitamin B12 paling bermanfaat untuk sirkulasi karena membantu untuk menjaga saraf dan sel darah agar bekerja dengan baik. Kekurangan vitamin B12, tubuh mungkin kesulitan memproduksi sel darah merah yang cukup guna mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Selain itu, vitamin B6 juga dihubungkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular. Hal ini karena tercukupinya asupan vitamin B6 dapat menurunkan kadar asam amino (homosistein) yang dikaitkan dengan penyakit jantung. Vitamin B6 juga dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi kapiler, yaitu pergerakan darah melalui pembuluh darah terkecil.

3. Vitamin E

Vitamin E juga dapat menjadi salah satu asupan pelancar aliran darah. Nutrisi ini baik untuk sirkulasi darah dan sangat baik untuk mencegah tangan dan kaki dingin. Ada juga bukti jika tercukupinya asupan vitamin E dapat mendukung kesehatan pembuluh darah dan aliran darah di arteri. Bahkan, kekurangan vitamin ini dapat menjadi salah satu alasan terjadinya kekakuan pada dinding arteri, sehingga tekanan darah naik.

Itulah beberapa vitamin dan suplemen pelancar aliran darah yang perlu kamu penuhi untuk menjaga tubuh tetap sehat. Maka dari itu, pastikan kamu memenuhi semua nutrisi ini agar aliran darah tetap lancar dan menurunkan risiko banyak penyakit, termasuk penyakit jantung. Sebab, aliran darah adalah hal paling dasar yang perlu dijaga kelancarannya sehingga semua nutrisi di seluruh bagian tubuh terjaga.

Kamu juga bisa memastikan vitamin dan suplemen untuk tubuh terjaga dengan memanfaatkan kemudahan pembeliannya melalui aplikasi Halodoc. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa membeli vitamin dan suplemen lainnya di mana saja dan kapan saja sesuai kebutuhan. Maka dari itu, unduh aplikasinya sekarang juga untuk merasakan kemudahannya!

Referensi:
Avogel. Diakses pada 2022. The best vitamins for good circulation.
Vein Clinics. Diakses pada 2022. Make Sure You Have These Vitamins To Keep Your Veins Healthy.