• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kaya Vitamin B12, Ini 4 Makanan untuk Darah Rendah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kaya Vitamin B12, Ini 4 Makanan untuk Darah Rendah

Kaya Vitamin B12, Ini 4 Makanan untuk Darah Rendah

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 20 Oktober 2022

“Ketahui jenis makanan untuk darah rendah yang kaya akan vitamin B12. Seperti misalnya, telur, susu, hingga hati sapi.”

Kaya Vitamin B12, Ini 4 Makanan untuk Darah RendahKaya Vitamin B12, Ini 4 Makanan untuk Darah Rendah

Halodoc, Jakarta – Darah rendah adalah kondisi ketika tekanan darah dalam tubuh kurang dari 90/60 mmHg. Kondisi ini dapat menyebabkan sakit kepala, gangguan penglihatan, mual, hingga gangguan pernapasan. Bahkan, jika tidak diatasi dengan baik, ini bisa menyebabkan kerusakan pada otak dan jantung.

Untuk itu, perlu dilakukan pencegahan dengan mengonsumsi berbagai makanan untuk darah rendah, terutama yang mengandung vitamin B12. Vitamin ini memiliki peran untuk memproduksi sel darah merah dalam tubuh. Dengan terpenuhinya sel darah merah, kamu akan terhindar dari kondisi darah rendah.

Makanan untuk Darah Rendah

Berikut ini jenis makanan yang kaya vitamin B12 dan baik untuk mencegah darah rendah, seperti:

  1. Telur
telur

Telur menjadi salah satu sumber makanan untuk cegah darah rendah. Hal ini karena kandungan vitamin B12 yang cukup tinggi. Kuning telur juga memiliki kandungan vitamin B12 yang lebih mudah diserap oleh tubuh, jadi pastikan kamu mengonsumsi seluruh bagian telur.

  1. Susu
susu

Bukan hanya sebagai sumber protein, susu juga memiliki kandungan vitamin B12 di dalamnya. Bagi kamu pengidap tekanan darah rendah, jangan lupa untuk mengonsumsi susu setiap hari agar kondisi tekanan darah tetap terkontrol dengan baik. 

  1. Ikan
ikan

Ada beberapa jenis ikan yang menjadi sumber vitamin B12, seperti tuna dan salmon. Selain sumber vitamin B12, ikan juga dikenal sebagai sumber omega-3 yang bisa membantu kamu untuk mencegah penyakit kronis dan menjaga kesehatan jantung.

  1. Hati Sapi
hati sapi

Selain kaya akan protein dan zat besi, hati sapi juga memiliki kandungan vitamin B12 yang cukup tinggi. Mengonsumsi hati sapi bermanfaat untuk mencegah anemia atau darah rendah. Namun, pastikan kamu tidak berlebihan saat mengonsumsi makanan ini.

Itulah beberapa jenis makanan untuk darah rendah yang kaya akan vitamin B12. Segera lakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit ketika mengalami gejala darah rendah. Kamu bisa cari tahu lokasi rumah sakit terdekat menggunakan Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Lower Blood Pressure.
Healthline. Diakses pada 2022. Top 12 Foods That Are High in Vitamin B12.