03 June 2019

Kecanduan Alkohol Tingkatkan Risiko Gagal Jantung, Benarkah?

Risiko gagal jantung

Halodoc, Jakarta - Gagal jantung akan berdampak pada kekurangan persediaan darah. Kondisi ini akan menyebabkan matinya sel-sel dalam tubuh akibat dari kurangnya pasokan oksigen. Apakah kurangnya pasokan darah ini bisa disebabkan oleh kecanduan mengonsumsi alkohol?

Baca juga: Berakibat Fatal, Bagaimana Proses Terjadinya Gagal Jantung Kongestif?

Gagal Jantung, Kondisi yang Membahayakan Bagi Kesehatan

Gagal jantung merupakan kondisi yang berbeda dari lemah jantung dan serangan jantung. Pada pengidap gagal jantung, darah yang mengalir ke seluruh tubuh melalui jantung akan bergerak dengan lambat. Karena jumlah darah yang dialirkan tidak cukup, bilik jantung merespons dengan meregang guna menahan lebih banyak darah. Bilik ini akan menjadi kaku dan tebal. Hal ini dapat membuat otot jantung melemah dan tidak dapat bekerja secara efektif. Ini lah yang menyebabkan terjadinya gagal jantung.

Ini Gejala yang Muncul pada Pengidap Gagal Jantung

Gejala umum yang muncul pada pengidap gagal jantung adalah kelelahan yang ekstrem, sesak napas saat sedang beraktivitas, serta adanya pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki, perut, dan daerah punggung. Gejala-gejala ini bisa saja berkembang secara bertahap, bahkan terjadi secara spontan.

Baca juga: Ini Bedanya Gagal Jantung dan Serangan Jantung

Kecanduan Alkohol Sebabkan Gagal Jantung, Benarkah?

Gaya hidup yang tidak sehat, seperti kecanduan mengonsumsi minuman beralkohol merupakan salah satu penyebab dari gagal jantung. Gaya hidup yang tidak sehat lainnya yang bisa jadi faktor pemicu terjadinya penyakit gagal jantung pada seseorang adalah memiliki berat badan berlebihan, memiliki kebiasaan merokok, kurang olahraga, dan gemar mengonsumsi makanan tinggi kandungan lemak. Penyakit gagal jantung juga bisa dipicu oleh berbagai macam penyakit, seperti:

  • Hipertensi, yaitu tekanan darah tinggi.

  • Penyakit jantung koroner.

  • Miokarditis, yaitu peradangan pada dinding otot jantung. Kondisi ini ditandai dengan peradangan pada otot jantung yang terletak di lapisan tengah pada dinding jantung.

  • Kardiomiopati, yaitu sekumpulan kelainan pada otot jantung dan seringkali berakhir dengan gagal jantung.

  • Penyakit katup jantung, yaitu suatu kondisi ketika katup jantung tidak dapat berfungsi dengan semestinya.

  • Penyakit jantung bawaan, yaitu kelainan pada struktur jantung yang dialami sejak lahir.

  • Aritmia, yaitu suatu tanda atau gejala dari gangguan detak jantung atau irama jantung.

  • Anemia, yaitu suatu kondisi ketika jumlah sel darah merah lebih rendah dari ukurn normal.

Baca juga: Apa Penyebab Terjadinya Gagal Jantung?

Jika kamu merasakan adanya gejala, sebaiknya segera diskusikan dengan dokter. Kamu bisa melakukan langkah pencegahan, seperti membatasi konsumsi alkohol, menjaga berat badan ideal, kurangi asupan gula dan garam, berolahraga secara rutin, istirahat yang cukup, serta kelola stres dengan baik.

Jika kamu sudah melakukan langkah awal pengobatan, tetapi gejala belum juga hilang, Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!