Kelelahan pada Mata, Kenali Gejalanya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Kelelahan pada Mata, Kenali Gejalanya

Halodoc, Jakarta - Dari banyaknya keluhan yang bisa menyerang mata, mata lelah merupakan kondisi yang tak boleh disepelekan. Meski terbilang keluhan umum, tapi mata lelah bisa mengganggu pengidapnya untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Mata lelah sendiri merupakan kondisi saat mata mengalami kelelahan akibat penggunaan yang intens. Penyebabnya berbagai sebab, mulai dari mengendarai mobil dengan waktu yang panjang, membaca, atau[un bekerja di depan komputer.

Untungnya, keluhan mata yang satu ini bukanlah masalah serius, bisa hilang dengan sendirinya setelah beristirahat. Lalu, seperti apa sih gejala-gejala dari mata lelah?

Baca juga: 5 Trik Atasi Masalah Mata Kering Akibat Laptop

Kenali Gejala-Gejalanya

Ketika mata lelah menyerang, gejala yang dirasakan bukan cuma rasa gatal saja. Nah, berikut beberapa gejala umum dari keluhan mata lelah.

  • Mata yang lelah, perih, atau gatal.

  • Mata jadi berair atau kering.

  • Penglihatan menjadi  ganda atau menjadi kabur.

  • Lebih sensitif terhadap cahaya.

  • Merasa seperti tidak bisa membuka mata

Yang perlu diingat, dalam beberapa kasus mata lelah juga bisa menyebabkan sakit kepala, nyeri pada leher bahu atau punggung, dan kesulitan berkonsentrasi.

Awasi Penyebabnya

Keluhan yang satu ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

  • Menyetir kendaraan terlalu lama.

  • Menatap layar komputer atau gadget dalam waktu lama.

  • Membaca terlalu lama tanpa jeda.

  • Mengidap kelainan refraksi mata.

  • Terpapar cahaya yang terlalu terang atau menyilaukan.

  • Melihat secara terus-menerus dalam ruangan yang minim cahaya.

  • Tinggal atau berada dalam iklim yang kering.

  • Paparan udara kering dari kipas, pemanas, ataupun pendingin ruangan.

Baca juga: Suka Bermain Gadget? Intip Cara Jaga Kesehatan Mata Ini

Tips Sederhana Cegah Mata Lelah

Mata lelah sebenarnya amat berkaitan dengan pekerjaan seseorang. Nah, beberapa cara ini bisa kita coba untuk mencegahnya.

Atur Pencahayaan Ruangan

Tidak hanya saat gelap, mata juga akan cepat merasa lelah saat melihat dalam kondisi ruangan dengan cahaya yang terlalu terang. Pada kondisi ini, mata akan semakin menyipit dan meminimalkan akomodasi cahaya demi bisa melihat objek dengan jelas. Ditambah lagi dengan layar komputer dan ponsel yang tak kalah terangnya. Karena itu, kamu perlu mengatur pencahayaan ruangan demi menjaga kesehatan mata. Kamu bisa menutup tirai jendela untuk mengurangi paparan cahaya yang terlalu terang.

Tidak Melihat Layar dalam Gelap

Mengecek ponsel, menggunakan laptop, ataupun menonton televisi dalam kondisi ruangan tanpa cahaya ternyata tidak baik untuk kesehatan mata. Namun, kebiasaan buruk ini ternyata sering dilakukan tanpa sadar. Melihat layar dalam gelap akan membuat mata kamu bekerja lebih keras, meski kamu telah mengatur pencahayaan pada layar hingga batas minimum.

Memejamkan Mata

Apabila mata kamu sudah terasa lelah dan perih, artinya kamu harus memejamkannya sejenak. Bukan tidur, kamu hanya mengistirahatkan mata dari terpaan cahaya layar yang terus-menerus. Kamu juga bisa berjalan-jalan berkeliling sembari melakukan peregangan agar otot tidak terasa kaku, juga supaya mata sedikit teralihkan dari kerja kerasnya dengan melihat-lihat pemandangan lainnya. Jika waktu istirahat tiba, tidak ada salahnya menggunakannya untuk tidur siang sejenak.

Jika gejala mata lelah tak kunjung pulih meski sudah beristirahat, cobalah tanyakan pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Sebab, bisa saja gejala tersebut menandai adanya keluhan kesehatan lainnya. Untuk melakukan pemeriksaan, kamu bisa langsung membuat janji dengan dokter pilihan kamu melalui aplikasi Halodoc. Mudah bukan? Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play!