• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Suka Bermain Gadget? Intip Cara Jaga Kesehatan Mata Ini

Suka Bermain Gadget? Intip Cara Jaga Kesehatan Mata Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta – Pada zaman yang semua hal serba digital, banyak orang yang berkegiatan sehari-hari dengan menggunakan komputer atau gadget lainnya. Saat bekerja di kantor, kamu harus menghabiskan waktu 8-9 jam sehari di depan layar komputer. Terkadang, waktu istirahat juga digunakan dengan bermain smartphone atau tablet. 

Kamu tentunya sadar jika terlalu sering dan lama menatap layar komputer dan smartphone akan berdampak buruk pada kesehatan mata. Penglihatanmu mungkin akan mengalami tegang, kering, sakit kepala, hingga insomnia. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara menjaga kesehatan mata dari penggunaan gadget dan komputer. Berikut ulasannya!

Baca juga: Usia 40 Tahun, Ini Cara Menjaga Kesehatan Mata

Cara Menjaga Kesehatan Mata Karena Penggunaan Gadget

Saat menggunakan komputer dan gadget lainnya, biasanya mata akan fokus ke layar sehingga mata menjadi kurang berkedip. Memang telah terbukti apabila mata sedang fokus pada tampilan digital, laju kedip seseorang akan berkurang sepertiga hingga setengah. Hal tersebut bisa menyebabkan mata menjadi kering.

Faktanya, kamu tidak perlu membeli kacamata khusus untuk bekerja yang mahal untuk menjaga kesehatan mata. Cahaya biru yang disaring untuk masuk ke mata tidak dapat mengurangi ketegangan mata yang terjadi. Berikut adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menjaga mata tetap sehat saat menggunakan komputer atau gadget:

  • Jaga Jarak Pandang

Salah satu hal yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan mata dari penggunaan alat elektronik adalah mengatur jarak pandang. Mata seseorang harus bekerja lebih keras ketika melihat dari dekat dibanding jauh. Pastikan jarak pandang kamu ke layar sekitar 60 sentimeter. Selain itu, posisikan layar agar pandangan mata sedikit ke bawah.

  • Atur Kecerahan Layar

Hal lainnya yang perlu diperhatikan agar dapat menjaga kesehatan mata adalah dengan mengatur kecerahan layar. Cahaya yang dihasilkan komputer atau gadget terlalu silau dapat memberi dampak buruk pada mata. Pilihan alternatifnya adalah menggunakan filter layar saat bekerja. Selain itu, kamu juga harus menyesuaikan pencahayaan di ruangan agar mata tidak mudah tegang.

Baca juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak

  • Istirahatkan Mata

Dengan mengistirahatkan mata secara berkala, dampak buruk yang dapat terjadi pada matamu dapat menurun. Kamu harus mengikuti aturan 20-20-20, yang artinya beristirahat setiap 20 menit dengan memandangi objek berjarak 20 meter selama 20 detik. Dengan melihat kejauhan dapat membuat mata menjadi lebih rileks.

Jika kamu benar-benar ingin mengetahui cara menjaga kesehatan mata yang baik, cobalah untuk berdiskusi dengan dokter mata lewat aplikasi Halodoc. Kamu dapat menggunakan fitur-fitur seperti Video/Voice call dan Chat kapan dan di mana saja kamu berada. Download segera aplikasi Halodoc di smartphone kamu.

  • Berhenti Menggunakan Gadget Sebelum Tidur

Dengan tidak menggunakan gadget sebelum tidur dapat menjaga kesehatan mata secara keseluruhan. Selain itu, disebutkan juga cahaya biru yang terpancar dapat memengaruhi siklus bangun dan tidur alami tubuh. Seseorang yang terlalu banyak terpapar cahaya tersebut akan sulit untuk tidur. Pastikan untuk membatasi waktu penggunaan alat elektronik satu hingga dua jam sebelum tidur.

  • Menjaga Kelembapan Mata

Kelembapan mata sangat penting untuk dijaga, karena mata yang kering dapat berdampak buruk. Salah satu cara untuk menjaga kelembapan mata adalah dengan selalu melumasinya ketika terasa kering. Pendingin ruangan di kantor juga dapat memberi dampak ini, maka selalu siapkan pelumas mata kapan dan di mana pun!

Baca juga: Durasi Tepat Main Gadget Supaya Mata Tetap Sehat

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar dapat menjaga kesehatan mata dari penggunaan komputer dan gadget sehari-hari. Dengan melakukan kebiasaan yang baik ini, niscaya tidak ada gangguan yang dapat terjadi pada penglihatanmu. Selain itu, pemeriksaan rutin tahunan mungkin juga perlu dilakukan.

 

Referensi:
AAO. Diakses pada 2020. Protect Your Eyes From Too Much Screen Time
KSA. Diakses pada 2020. How to protect your eyes when using gadgets?