04 July 2018

Kenalan dengan Penyakit Tumor Jinak Limfangioma

limfangioma,tumor jinak,penyakit tumor

Halodoc, Jakarta – Limfangioma ialah tumor jinak yang biasa menyerang anak-anak dan bayi baru lahir. Tumor ini menyebabkan pembengkakan pada area leher dan bagian kepala. Jadi, mereka yang terserang penyakit ini pasti akan terlihat mengalami pembengkakan pada salah satu bagian tubuhnya.

Meski dikatakan sebagai tumor jinak, bukan berarti mereka yang mengidapnya akan terbebas dari masalah. Pada beberapa kasus, limfangioma dapat menyebabkan perdarahan kecil, selulitis, dan perembesan cairan limfe. Bahkan pada beberapa orang, limfangioma ini tumbuh menjadi ganas dan kemudian disebut sebagai limfangiosarkoma. Karena tumor ini biasanya terletak di leher, maka penderitanya akan mengalami gangguan menelan, masalah pernapasan, dan infeksi serius lainnya.

Faktor Penyebab Tumor Jinak Limfangioma

Para peneliti masih belum mengetahui dengan pasti penyebab penyakit ini. Namun, kelainan semacam ini merupakan hasil dari pembentukan yang tidak sempurna pada pembuluh limfe. Penyakit ini pun biasanya merupakan bawaan lahir, sehingga akan sulit dideteksi.

Untuk mengetahui tumor ini merupakan limfangioma atau bukan, dokter akan menyarankan untuk dilakukan pemeriksaan patologi anatomi terhadap cairan limfe di dalam tumor tersebut. Jika pada pemeriksaan menggunakan mikroskop terdapat sel yang abnormal, kelainan ini baru disebut limfangioma. Oleh karena itu, eksisi merupakan penanganan yang harus dilakukan apabila tumor terletak pada struktur yang vital, sehingga tidak mengganggu aktivitas si pengidap kelak.

Baca juga: Harus Tahu Bedanya Kanker dan Tumor

Jenis Tumor Jinak Limfangioma

Tumor jinak limfangioma ini juga terdiri dari beberapa jenis, antara lain:

  1. Limfangioma Sirkumsriptum

Tumor ini biasanya timbul di kulit dan ditandai dengan kelainan kulit, seperti tanda lahir yang muncul pada anak kecil atau bintil berkelompok berwarna merah muda hingga merah tua. Tumor ini tidak memerlukan penangan medis seperti eksisi. Namun karena alasan estetika, pasien biasanya memilih untuk melakukan operasi untuk menghilangkannya.

  1. Limfangioma Kavernosum

Biasanya, tumor ini menyerang anak-anak dan biasanya timbul di bawah kulit lidah, sehingga tidak terlalu timbul keluar dan tidak menyebabkan nyeri. Di dalam tumor ini berisi cairan limfe yang kadang juga bercampur dengan darah.

  1. Limfangioma Kistik

Tumor ini adalah massa lunak berisi cairan limfe yang berdinding tipis. Sebagian besar kasus terjadi pada leher, ketiak, atau selangkangan dan alat vital. Tumor ini biasanya sudah nampak saat bayi baru lahir, yaitu seperti benjolan di bawah kulit.

Pengobatan dan Pencegahan Tumor Jinak Limfangioma

Tumor jenis ini jika menyebabkan nyeri atau gangguan lain, seperti gangguan saat mengunyah atau bahkan pernapasan. Maka dari itu, harus segera dilakukan eksisi limfangioma. Eksisisi tersebut maksudnya ialah pembedahan seluruh massa akibat pertumbuhan yang tidak normal yang berasal dari pembuluh darah dan limfe. Namun, sebelum akhirnya diputuskan untuk dieksisi, terdapat beberapa disiplin ilmu kedokteran yang terkait untuk menanganinya. Disiplin ilmu tersebut antara lain bedah anak, bedah vaskuler, patologi anatomi, dan ahli kesehatan anak.

Nah, karena ini merupakan penyakit bawaan lahir, beberapa cara yang mungkin dapat dilakukan ialah menghindari konsumsi alkohol dan merokok selama hamil. Apabila anak yang ibu lahirkan sebelumnya menderita penyakit ini, saat kehamilan berikutnya, Ibu hamil wajib mengecek kondisi janin melalui pemeriksaan ultrasonografi untuk mendeteksi dini apakah anak kedua memiliki potensi terserang kembali atau tidak.

Baca juga: Tumor Wilms, Waspadai Gejalanya pada Anak

Jika kamu menemukan gejala tumor pada anak ini, sebaiknya lakukan penanganan sesegera mungkin. Kamu juga bisa bertanya kepada para dokter ahli di aplikasi Halodoc melalui layanan Video/Voice Call atau Chat. Selain itu di aplikasi Halodoc, kamu juga bisa membeli vitamin dan obat-obatan serta cek lab tanpa harus keluar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang!