• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 4 Gejala Sakit Kulit karena Kamitetep
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 4 Gejala Sakit Kulit karena Kamitetep

Kenali 4 Gejala Sakit Kulit karena Kamitetep

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 05 Agustus 2022

“Kamitetep adalah serangga yang memiliki bulu. Paparan bulu kami tetep menyebabkan beberapa gejala pada kulit, seperti gatal dan kemerahan.”

Kenali 4 Gejala Sakit Kulit karena Kamitetep

Halodoc, Jakarta – Bukan hanya dari luar ruangan, gigitan serangga juga berisiko kamu alami di dalam rumah. Selain tungau, kamitetep menjadi salah satu jenis serangga yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Serangga ini sering dijumpai di dalam rumah sehingga meningkatkan risiko paparan serangga ini.

Untuk membedakan paparan kamitetep dengan gigitan serangga lain, sebaiknya kenali beberapa gejala yang akan dialami pada bagian kulit. Yuk, simak ulasannya dalam artikel berikut ini!

Gejala Paparan Kamitetep

Ada berbagai jenis serangga yang bisa menggigit di dalam rumah, seperti kutu, tungau, semut, hingga ulat. Namun, pernahkah kamu mendengar serangga yang dikenal sebagai kamitetep? Serangga yang memiliki nama latin Phereoeca uterella ini merupakan serangga yang dikenal sebagai hama rumah tangga.

Ia berbentuk larva dan bisa muncul pada ruangan di rumah yang jarang dibersihkan serta memiliki suhu ruangan yang lembap. Ada beberapa lokasi tempat mereka paling sering ditemukan, seperti di bawah kasur, di sudut ruangan yang jarang dibersihkan, hingga gudang.

Hewan ini kerap mengonsumsi jaring laba-laba. Maka dari itu, kamitetep juga kerap ditemukan berada pada sarang laba-laba. Selain itu, serangga inu juga kerap mengonsumsi serat sutera, inilah yang membuat manusia kerap mengalami kontak langsung dengan serangga ini.

Kamitetep memiliki bulu pada tubuhnya sebagai pertahanan terhadap hal yang berbahaya. Nah, saat mengalami kontak langsung dengannya, maka serangga ini akan meninggalkan bulunya sebagai perlawanan.

Bulunya dapat menyebabkan berbagai masalah gangguan kesehatan pada kulit manusia. Ada beberapa gejala di kulit yang perlu kamu waspadai, seperti:

  • Kemerahan yang melebar.
  • Gatal pada area kulit yang mengalami kemerahan.
  • Pembengkakan pada kulit yang gatal.
  • Iritasi atau nyeri pada kulit.

Itulah beberapa gejala yang dialami akibat paparan kamitetep. Biasanya kondisi ini akan dirasakan ringan oleh pengidapnya. Namun, sebaiknya tetap waspada terhadap kondisi kesehatan yang kamu alami.

Serangga ini juga bisa memicu alergi pada seseorang yang memiliki riwayat alergi debu atau bulu hewan. Kondisi ini dapat membuat pengidap alergi mengalami gejala yang cukup parah, seperti kesulitan bernapas hingga pembengkakan pada area mata dan mulut.

Segera lakukan pemeriksaan di rumah sakit jika alergi yang kamu alami menyebabkan gejala yang cukup parah. Kondisi ini memerlukan penanganan secara medis agar kesehatan dapat lekas membaik. 

Kamu bisa cari tahu rumah sakit terdekat yang bisa kamu kunjungi melalui Halodoc. Caranya, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Lakukan Ini Saat Terpapar Kamitetep

Jangan panik saat kamu terpapar bulu kamitetep, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan agar gejala yang dialami membaik, yaitu:

  1. Jangan Garuk Bagian yang Gatal

Sebaiknya jangan menggaruk bagian yang gatal. Biasanya, pada area yang gatal masih menandakan adanya bulu yang menempel. Menggaruk area ini bisa membuat bulu kamitetep semakin menyebar pada tubuh.

  1. Bersihkan Area yang Gatal

Kamu bisa membersihkan area yang gatal dibawah air yang mengalir dan sabun. Cuci bagian tersebut dengan optimal agar bulu yang menempel dapat menghilang. Dengan begitu, gatal yang kamu rasakan dapat membaik.

  1. Kompres Dingin

Untuk meredakan gatal, sebaiknya kompres dingin pada bagian yang terkena bulu serangga ini. Selain mengurangi rasa gatal, kompres dingin juga berfungsi meredakan pembengkakan yang terjadi.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi gejala akibat paparan kamitetep. Kamu juga bisa menggunakan krim antihistamin agar kondisi kesehatan kulit segera membaik.

Referensi:

Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Can a Caterpillar Really Cause a Skin Rash?

Very Well Health. Diakses pada 2022. What Parents Should Know About Caterpillars.

AAG Pest Control. Diakses pada 2022. Cara Membasmi Kamitetep (Phereoeca uterella)