Kenali 4 Makanan yang Baik untuk Pengidap Nekrosis Avaskular

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Kenali 4 Makanan yang Baik untuk Pengidap Nekrosis Avaskular

Halodoc, Jakarta - Nekrosis avaskular adalah kematian jaringan tulang karena kurangnya suplai darah ke bagian tersebut. Gangguan ini disebut juga dengan osteonekrosis, karena dapat menyebabkan kerusakan kecil pada tulang dan akhirnya tulang mengalami kolaps.

Tulang yang patah atau sendi yang terkilir dapat mengganggu aliran darah ke bagian tulang. Nekrosis avaskular juga dikaitkan dengan penggunaan jangka panjang obat steroid dosis tinggi dan konsumsi alkohol berlebihan. Semua orang dapat mengalaminya, tetapi kondisi yang paling umum pada orang berusia antara 30 dan 50 tahun.

Baca Juga : Membatasi Konsumsi Alkohol Cegah Nekrosis Avaskular

Makanan yang Baik untuk Pengidap Nekrosis Avaskular

Seseorang yang mengidap nekrosis avaskular harus melakukan diet dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Selain itu, pengidap gangguan pada tulang ini juga harus mengonsumsi suplemen agar dapat menjaga kesehatan tulangnya. Berikut adalah beberapa makanan yang baik untuk seseorang yang mengidap nekrosis avaskular:

  1. Mengonsumsi Cukup Protein

Salah satu langkah diet yang dapat dilakukan seseorang yang mengidap nekrosis avaskular adalah mengonsumsi cukup protein. Konsumsi dari protein tersebut harus cukup, tidak boleh kurang atau lebih, karena dapat menyebabkan tulang keropos jika kurang.

Jika hal tersebut terjadi, salah satu efek utama dari nekrosis avaskular adalah kerusakan tulang. Pada pria dan wanita yang dewasa harus mengonsumsi antara 5 hingga 6 ons kandungan protein setiap hari. Protein terkandung dalam daging, telur, ikan, dan kacang-kacangan.

  1. Mengonsumsi Kalsium dan Vitamin D

Kalsium dan vitamin D dikombinasikan untuk membangun tulang yang sehat pada tubuh. Meskipun nutrisi-nutrisi ini saja tidak secara khusus dapat mengobati nekrosis avaskular, kedua kandungan tersebut penting dalam menjaga massa tulang.

Makanan yang kaya nutrisi penting ini termasuk produk susu seperti susu, keju, yogurt, jus jeruk, dan susu kedelai. Disebutkan bahwa kebanyakan orang yang tidak mendapatkan cukup vitamin D atau kalsium untuk menjaga kesehatan tulang mempunyai kemungkinan mengidap nekrosis avaskular.

Orang dewasa membutuhkan setidaknya 1.000 miligram kalsium setiap hari, dan 1.200 miligram jika orang tersebut berusia 70 tahun atau lebih. Selain itu, seseorang juga membutuhkan setidaknya 600 IU vitamin D setiap hari, atau 800 IU jika berusia di atas 70 tahun.

Baca Juga : Ketahui Lebih Jauh Penyebab Nekrosis Avaskular

  1. Hindari Konsumsi Alkohol

Salah satu metode pencegahan utama nekrosis avaskular yaitu dengan menghindari konsumsi alkohol berlebihan. Hal tersebut adalah salah satu hal yang paling penting yang dapat kamu lakukan untuk memaksimalkan diet setelah didiagnosis mengidap penyakit tersebut.

Perawatan konvensional untuk nekrosis avaskular juga biasanya mencakup olahraga, istirahat dan operasi, seperti pencangkokan tulang dan penggantian sendi. Namun, penting juga untuk menghindari zat yang dapat menyebabkan keropos tulang. Penyebab utamanya adalah alkohol, natrium berlebihan serta stimulan seperti kafein dan nikotin.

  1. Menjaga Kolesterol Tubuh Tetap Rendah

Hal lainnya yang dapat kamu lakukan untuk menjaga gangguan nekrosis avaskular tidak muncul kembali adalah dengan menjaga kolesterol tubuh tetap rendah. Beberapa makanan yang kaya akan kandungan kolesterol harus dihindari semaksimal mungkin. Hal tersebut karena kandungan tersebut jika berlebihan di dalam tubuh dapat menutup aliran suplai darah ke tulang.

Baca Juga : Jangan Disepelekan, Kenali Gejala Nekrosis Avaskular

Itulah makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh seseorang yang mengidap gangguan nekrosis avaskular. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal gangguan tersebut, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!