• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 5 Manfaat Daun Beluntas untuk Kesehatan

Kenali 5 Manfaat Daun Beluntas untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Kenali 5 Manfaat Daun Beluntas untuk Kesehatan

“Daun beluntas atau Pluchea Indica Less adalah tanaman yang biasa digunakan sebagai lalapan atau obat tradisional. Tanaman ini dapat diolah seluruhnya, mulai dari daun, pucuk, dan bunganya. Daun ini pun bisa dikonsumsi mentah atau matang. Lantas, apa saja manfaat daun beluntas bagi kesehatan tubuh?”

Halodoc, Jakarta – Daun beluntas sudah sangat terkenal dalam pengobatan tradisional. Sifat antiinflamasi, antibakteri, antiulkus dan antituberkulosis di dalamnya bermanfaat baik bagi kesehatan tubuh untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit. Manfaat baik daun ini juga ditunjang oleh senyawa aktif, seperti kalsium, magnesium dan natrium di dalamnya. Berikut ini manfaat daun beluntas bagi kesehatan tubuh:

Baca juga: 5 Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi saat Asam Lambung Naik

1. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat (LDL)

Manfaat daun beluntas yang pertama adalah menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Dengan begitu, risiko mengidap penyakit kardiovaskular, termasuk hipertensi, penyakit jantung, dan stroke akan menurun. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, tentunya harus diimbangi dengan penerapan pola hidup sehat. Misalnya seperti berhenti merokok, rutin berolahraga, konsumsi makanan sehat bergizi seimbang, dan menerapkan diet sehat.

2. Menurunkan Risiko Kanker

Ekstrak daun beluntas memiliki sifat antikanker. Dengan sifatnya itu, maka daun beluntas mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker, seperti kanker serviks. Meski demikian, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengetahui efektivitas daun beluntas sebagai pengobatan penyakit kanker. 

3. Mengontrol Gula Darah dalam Tubuh

Manfaat daun beluntas selanjutnya adalah mengontrol gula darah dalam tubuh. Kandungan di dalam daun beluntas dinilai mampu menurunkan kadar gula darah, dan menjaganya tetap dalam batas normal. Tanaman ini dipercaya mampu menghambat pemecahan dan penyerapan gula dalam usus, juga meningkatkan produksi dan fungsi hormon insulin dalam tubuh.

Baca juga: Ketahui 8 Penyebab Tekanan Darah Rendah & Cara Mengatasinya

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Luka biasanya disebabkan oleh tusukan, gigitan hewan, atau benda tajam. Untuk menghindari kerusakan lebih lanjut, maka tubuh mengeluarkan mekanisme penutupan luka yang disebut dengan inflamasi. Penggunaan ekstrak daun beluntas dipercaya mampu mempercepat proses penyembuhan karena kandungan saponin, tanin, dan terpenoid di dalamnya yang berperan sebagai antiinflamasi, dan antibakteri.

5. Mencegah Kerusakan Sel Akibat Radikal Bebas

Manfaat daun beluntas selanjutnya adalah mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Radikal bebas sendiri menjadi penyebab stres oksidatif, yaitu proses yang menyebabkan kerusakan sel dalam tubuh. Stres oksidatif sendiri menjadi penyebab utama munculnya penyakit kronis dalam tubuh, seperti kanker, penyakit jantung, diabetes, penyakit Alzheimer, dan penyakit Parkinson. Untuk mendapatkan manfaat daun beluntas ini, kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk suplemen, jamu, atau teh herbal.

Baca juga: Kreasi Bumbu Sayur Asem yang Praktis untuk Dicoba

Meski memiliki banyak manfaat, segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan efek sampingnya sendiri, termasuk daun beluntas. Hal tersebut dikarenakan, tanaman tumbuh subur di lingkungan dengan kandungan tinggi garam, sehingga dikhawatirkan daunnya pun memiliki tinggi kandungan sodium dan klorida. 

Oleh karena itu, pengidap hipertensi dan penyakit jantung sebaiknya membatasi konsumsi daun beluntas. Agar lebih aman, kamu bisa mendiskusikannya terlebih dulu dengan dokter di aplikasi Halodoc sebelum mengonsumsinya, ya.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Jurnal The Ferns Tropical. Diakses pada 2021. Pluchea indica.
NCBI. Diakses pada 2021. Hexane fraction of Pluchea indica root extract inhibits proliferation and induces autophagy in human glioblastoma cells.
Semantic Scholar. Diakses pada 2021. Nutrition, Health Benefits and Applications of Pluchea indica (L.) Less Leaves.
Dermatology Reports. Diakses pada 2021. The role of beluntas (pluchea indica less.) leaf extract in preventing the occurrence of fibroblasts hyperproliferation: An in vitro preliminary study.
Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara. Diakses pada 2021. Efek Ekstrak Etanol Daun Beluntas (Pluchea indica (L.) Less) Terhadap Penyembuhan Luka Sayat pada Mencit (Mus musculus L.).
Jurnal Core. Diakses pada 2021. EVALUASI AKTIVITAS ANTIOKSIDATIF EKSTRAK DAUN BELUNTAS (Pluchea indica ) BERDASARKAN PERBEDAAN RUAS DAUN.