• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 7 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan Tubuh

Kenali 7 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Kenali 7 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan Tubuh

“Cantik dengan warna merah gelap, buah bit memiliki kandungan nutrisi yang cukup kaya, mencakup karbohidrat, protein, serat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Hal ini membuat manfaat buah bit bagi kesehatan cukup banyak. Mulai dari menurunkan tekanan darah, hingga menyehatkan pencernaan.”

Halodoc, Jakarta – Karena warnanya merah, buah bit sering dijadikan sebagai bahan pewarna alami untuk makanan. Meski namanya buah, bit sebenarnya adalah jenis umbi-umbian yang tumbuh di dalam tanah. Selain warnanya yang cantik dan rasanya yang enak, manfaat buah bit juga melimpah.

Secara umum, kandungan nutrisi dari buah bit adalah karbohidrat, protein, serat, antioksidan, serta banyak vitamin dan mineral. Buah bit juga rendah lemak dan kalori, sehingga bisa jadi sumber karbohidrat yang menyehatkan. Lantas, apa manfaatnya bagi kesehatan tubuh? Yuk simak lebih lanjut!

Baca juga: Inilah 6 Alasan Mengapa Kamu Harus Makan Buah Bit

Berbagai Manfaat Buah Bit

Karena kandungan nutrisinya, buah bit bisa dibilang punya manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat buah bit yang sayang untuk dilewatkan:

1. Menurunkan Tekanan Darah dan Menyehatkan Jantung

Buah bit kaya akan kandungan nitrat, yaitu zat yang di dalam tubuh berubah menjadi nitrit oksida. Zat tersebut bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Pigmen merah betasianin dan antioksidan yang terkandung dalam buah bit juga diduga dapat membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan penyakit jantung.

2. Menjaga Kadar Gula Darah

Pengidap diabetes juga bisa merasakan manfaat buah bit. Kandungan antioksidan asam alpha-lipoic dalam buah bit dipercaya dapat mencegah kerusakan sel dan membantu menyembuhkan saraf yang rusak pada pengidap diabetes.

Selain itu, penelitian yang dipublikasikan di Journal of Nutrition and Metabolism menunjukkan bahwa buah bit bermanfaat dalam memperbaiki kadar gula darah pada orang yang mengalami obesitas, tetapi tidak cukup membantu pada mereka yang berat badannya ideal.

3. Menekan Peradangan dalam Tubuh

Manfaat buah bit lainnya adalah menekan peradangan dalam tubuh. Ketika ada benda atau zat asing masuk, sistem kekebalan akan meresponnya dengan memunculkan peradangan. Meski hal ini adalah respon alami tubuh, jika berlangsung terlalu lama, tentunya akan ada dampak buruk bagi kesehatan.

4. Mencegah Pikun

Seperti dijelaskan tadi, buah bit kaya akan kandungan nitrat. Zat ini juga bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah dan oksigen ke tempat-tempat yang kekurangan pasokan oksigen di dalam tubuh, termasuk ke otak. Hal ini secara tidak langsung dapat melawan perkembangan gejala pikun, terutama pada lansia.

Baca juga: Ini 3 Buah yang Enak Dikombinasikan dengan Bit

5. Meningkatkan Stamina

Kandungan karbohidrat dan protein, serta berbagai vitamin dan mineral dalam buah bit juga bermanfaat untuk meningkatkan stamina tubuh. Jadi, bila aktivitas fisikmu padat, tidak ada salahnya untuk menambahkan segelas jus buah bit dalam menu makan harian kamu.

6. Mendukung Fungsi Otot dan Saraf

Buah bit juga kaya akan mineral, seperti kalium, yang dapat mendukung fungsi otot dan saraf dalam tubuh.

7. Menyehatkan Pencernaan

Kandungan serat dan antioksidan dalam buah bit juga punya manfaat baik bagi saluran cerna. Selain melancarkan pencernaan, buah bit juga dipercaya bisa mencegah kerusakan dinding saluran cerna karena peradangan.

Itulah beberapa manfaat buah bit bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui. Meski banyak manfaat yang butuh penelitian lebih lanjut, kandungan nutrisi dalam buah bit tetap menjadikannya salah satu pilihan makanan sehat yang bisa dikonsumsi. 

Namun, meski menyehatkan, sebaiknya jangan mengonsumsi buah bit secara berlebihan. Sebab, terlalu banyak mengonsumsi buah bit dapat menurunkan kadar kalsium dalam tubuh dan memengaruhi ginjal.

Bila kamu mengalami masalah kesehatan akibat berlebihan makan buah bit, gunakan aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter di rumah sakit, ya.

Referensi:
Journal of Nutrition and Metabolism. Diakses pada 2021. Concurrent Beet Juice and Carbohydrate Ingestion: Influence on Glucose Tolerance in Obese and Nonobese Adults.
Healthline. Diakses pada 2021. 9 Impressive Health Benefits of Beets.
WebMD. Diakses pada 2021. There’s No Beating the Beet.
WebMD. Diakses pada 2021. Vitamins & Supplements. BEET.
Everyday Health. Diakses pada 2021. 7 Diabetes Superfoods You Should Try.